fbpx

Tips dan Trik IELTS Listening Untuk Skor Tinggi

Gede Murta

Tips dan Trik IELTS Listening untuk skor tinggi

Skill listening adalah salah satu dari 4 aspek yang diujikan dalam IELTS. Satu skill penting ini bisa menentukan atau juga menghancurkan skor IELTS kamu secara keseluruhan. Ada yang menganggap IELTS Listening adalah aspek yang paling sulit, namun tidak sedikit juga yang berpendapat bahwa aspek ini adalah salah satu yang paling mudah. Tips dan trik  IELTS listening yang tepat bisa meningkatkan keterampilan mendengarkan dan meningkatkan peluang untuk lulus ujian IELTS. 

Sebelum melanjutkan ke tips dan trik untuk IELTS Listening dengan skor tinggi, Ada baiknya untuk mengetahui hal umum seperti format tes, jenis soal yang sering diberikan, listening IELTS. 

Berikut ini adalah beberapa topik yang akan English Cafe Bali bahas dalam artikel ini:

Dapatkan pelatihan bahasa Inggris untuk persiapan menghadapi IELTS untuk mendapatkan skor IELTS idaman. Daftar sekarang untuk merasakan segera peningkatan yang signifikan untuk hotel anda bersama kami disini!

Hal hal umum yang perlu kamu ketahui dalam IELTS Listening 

Informasi umum tentang IELTS Listening

Bagi orang yang berencana mengikuti tes IELTS, biasanya akan mengetahui beberapa aspek umum seperti jumlah soal dan durasi waktu tes. Nah, supaya lebih tahu tentang IELTS listening, berikut adalah hal-hal umum yang perlu kamu ketahui tentang IELTS Listening sebelum mengikutinya.

1. IELTS Listening itu memiliki sistem yang sama baik itu dalam IELTS Academic atau IELTS General Training. 

2. Kamu akan dihadapkan dengan 4 bagian yang disebut dengan section yang berisi percakapan atau audio dari penutur asli bahasa Inggris. Total jumlah soal dalam IELTS Listening adalah 40 soal dengan waktu selama 30 menit plus 10 menit tambahan untuk transfer jawaban khusus untuk IELTS Paper Based.

Section 1 : Audio bahasa inggris berisi percakapan dua orang dalam konteks sosial sehari-hari dimana umumnya berisi diskusi menginginkan sesuatu. 

Section 2 : Audio bahasa inggris tentang kehidupan sosial sehari-hari biasanya berupa monolog pidato untuk memberikan informasi tertentu.

Section 3 : Audio bahasa inggris topik beragam seperti pendidikan atau pelatihan, pekerjaan, dan topik terkini

Section 4 : Audio bahasa inggris berupa percakapan atau monolog yang bisa bersifat akademis atau bisa juga bersifat general training.

3. Rekaman audio listening IELTS hanya dapat didengarkan sebanyak 1 kali tanpa adanya pengulangan sehingga kamu perlu ekstra fokus untuk mendengarkan dan menemukan jawaban dari pertanyaan IELTS listening ini.

4. Tersedia waktu tambahan sebanyak 10 menit untuk memindahkan jawabannmu ke lembar jawaban JIKA kamu mengikuti tes IELTS Paper Based. Namun jika kamu mengikuti IELTS Computer Based, maka tidak diberikan waktu tambahan. Jadi kamu harus langsung mengetikkan jawabannmu di kolom jawaban yang tersedia. 

5. Secara umum aksen bahasa inggris yang akan kamu dengarkan dalam IELTS listening adalah bahasa inggris British, bahasa inggris Amerika, dan bahasa inggris Australia. 

6. Ejaan atau penulisan kata bahasa inggris bisa menggunakan ejaan British dan bisa juga menggunakan ejaan Amerika.

7. Band score untuk Listening  IELTS akan menggunakan skor dari 0-9. Skor ini juga nantinya akan diakumulasikan dengan skill lainnya untuk mendapatkan total band score IELTS.

8. Secara umum, IELTS listening akan memberikan pertanyaan berupa pilihan ganda, mencocokan pilihan seperti huruf A,B,C,D atau angka, mengisi informasi peta, dan diagram, melengkapi tabel, chart, dan ringkasan, melengkapi kalimat, pertanyaan dengan jawaban pendek.

Baca juga: Tips terbaik untuk IELTS Writing

Jenis-jenis soal/pertanyaan dalam IELTS Listening

Jenis-jenis soal pertanyaan dalam IELTS Listening

Sama seperti aspek tes lainnya dalam IELTS, Listening memiliki beberapa jenis pertanyaan yang akan sangat berguna untuk kamu jika diketahui dan memhami konsepnya. Ini akan membantu kamu dalam membuat rencana dan taktik untuk bisa meraih skor yang lebih maksimal.

1. Multiple choice (Pilihan ganda)

Salah satu jenis pertanyaan yang selalu ada dalam IELTS listening adalah pilihan ganda. Memilih 1 pilihan yang tepat sebagai jawaban dari pilihan A,B, dan C bagi beberapa orang terasa cukup mudah dilakukan. Namun banyak juga yang mengatakan jenis soal ini cukup rumit dan membingungkan. Pertanyaan dibaca dengan cermat untuk memeriksa berapa banyak jawaban yang diperlukan. Kamu perlu mengasah kemampuan untuk memahami seluruh poin dari pilihan A, pilihan B, dan pilihan C untuk menentukan jawaban yang benar.

2. Matching (Mencocokkan)

Matching adalah mencocokkan item atau daftar hal tertentu yang tersedia pada nomor dengan aspek atau serangkaian pilihan yang diputarkan di audio serangkaian pilihan di soal. Jenis pertanyaan ini akan menilai keterampilan mendengarkan dan memahami informasi yang diberikan secara detail misalnya identifikasi dan mengenali hubungan antara fakta dan jawaban.

3. Plan, map, and Diagram labeling (Rencana, peta, pelabelan diagram)

Jenis pertanyaan ini adalah tentang melengkapi label denah bangunan, peta tempat tertentu, atau diagram peralatan tertentu. Kamu akan diminta untuk memilih jawaban yang tersedia dalam daftar pertanyaan. Kemampuan kamu dalam memahami deskripsi sesuatu dan menghubungkan atau mengikuti petunjuk akan sangat diuji di sini.

4. Form, note, table, flow-chart, summary completion (Formulir, catatan, tabel, diagram alur, ringkasan penyelesaian)

Jenis soal ini akan mengukur kemampuan mendengar atau listening kamu untuk menemukan jawaban gagasan/fakta utama dalam teks. Soal jenis Formulir umumnya tentang mencatat rincian faktual seperti nomor telepon, alamat, dan nama. Jenis soal Catatan biasanya tentang ringkasan informasi dan berisi hal yang saling berhubungan satu sama lain. Jenis soal berikutnya adalah Tabel yang berisi pertanyaan ringkasan informasi terkait suatu kategori contohnya tempat, waktu, dan harga. Jenis pertanyaan berikutnya yaitu Diagram yang berupa rangkuman suatu proses atau tahapan-tahapan yang ditunjukkan dengan tanda panah.

5. Sentence completion (Penyelesaian kalimat)

Seperti namanya, jenis soal melengkapi kalimat adalah pertanyan dimana kamu harus mengisi celah di setiap kalimat menggunakan informasi dari audio. Jenis pertanyaan ini menguji kemampuan kamu untuk mengidentifikasi informasi penting dalam audio dengan memahami hubungan sebab dan akibatnya.

6. Short-answer questions (Pertanyaan dengan jawaban singkat)

Walaupun namanya jawaban singkat, kamu juga harus membaca pertanyaan dengan detail dan baik untuk mendapatkan jawaban.yang kadang meminta jawaban dua atau tiga poin. Jenis jawaban singkat ini akan menguji kemampuan kamu dalam mendengarkan informasi berupa fakta konkret, seperti tempat, harga, atau waktu yang ada dalam audio.

Baca juga: Perbedaan IELTS Academic vs IELTS General Training

Tips umum mengerjakan IELTS Listening

Tips umum familiar listening IELTS

Secara umum tes Listening IELTS akan berlangsung selama 30 menit. Maksimalkan jawaban kamu dengan melakukan saran dan tips listening IELTS berikut ini. 

1. Istirahat atau tidur secara cukup sebelum ujian agar dapat mengerjakan tes ujian dengan fokus dan baik.

2. Selalu perhatikan instruksi dan tata cara menjawab di masing masing section agar tidak terjadi kekeliruan dalam menjawab. Misalnya instruksi hanya meminta untuk menulis 2 kata atau 1 angka. Atau hanya 1 kata saja. 

3. Pahami dan perhatikan kalimat yang diparafrasekan secara detail. Bisa saja apa yang dikatakan di audio sedikit berbeda dengan apa yang tertulis di di lembar pertanyaan namun memiliki makna yang sama. Hal ini akan membingungkan terutama karena harus berlomba dengan waktu.

4. Jangan panik jika tidak mengetahui arti dari kata asing atau tertentu. Jangan sampai karena panik, kamu akan melewatkan pertanyaan lainnya yang mungkin saja lebih mudah. 

5. Perhatikan kata kunci penting yang ada dalam pertanyaan dan audio.  Garis bawahi kata-kata penting untuk mengetahui jawaban yang terselip di dalamnya. Umumnya kata kata kunci yang bisa difokuskan adalah  nama, lokasi, dan tanggal. Jangan lupa juga sinonim kata kata tersebut.

6. Ejaan yang baik jangan dilupakan:  Dalam IELTS, salah mengeja kata, bisa juga akan membuat jawaban kamu dianggap salah. Sisakan waktu untuk melakukan pengecekan kembali untuk memastikan jawabanmu benar.

7. Perhatikan lebih dari satu pertanyaan agar tertinggal atau melewatkan jawaban dari pertanyaan selanjutnya. Umumnya, pertanyaan listening IELTS memiliki jawaban yang berdekatan seperti dalam 1 kalimat atau kalimat berikutnya.

8. Perhatikan dan berhati-hatilah dengan jebakan yang ada dalam IELTS listening. Salah satu jebakan yang sering ada adalah dimana pembicara mengubah informasi atau responnya di kalimat berikutnya.

9. Latihlah kemampuan mendengarkan kamu dengan berbagai sumber listening seperti video berbahasa inggris di youtube, podcast berbahasa inggris atau bisa juga dari lagu. 

10. Latihan menulis sambil mendengarkan akan sangat bagus karena IELTS listening akan menguji kecepatan menulis atau mengetik jawabanmu disaat yang bersamaan dengan audio yang diputar.

11. Prediksi kata – kata yang akan didengar dengan membaca pertanyaan.

12. Biasanya pada rekaman akan disebutkan berurutan sesuai dengan nomor pertanyaan.

13. Buat catatan kecil tentang apapun yang didengar pada lembar soal, karena akan membantu untuk menjawab pertanyaan yang terlewati.

14. Fokus pada rekaman karena hanya akan diputar satu kali.

15. Jawaban biasanya diulang –ulang atau ditekankan.

16. Saat kehilangan ide tentang jawaban, coba cari jawaban dari pertanyaan – pertanyaan lainnya atau cari clue/keywords.

17. Jangan pernah membiarkan satu nomor terlewati, jika kalau ada yang terlewati akan terkena penalti, usahakan untuk menjawab semuanya.

Baca juga: Cara mengetahui skor IELTS dengan tepat

Tips dan Trik Khusus Setiap Jenis Soal IELTS Listening

Trik khusus jitu listening IELTS

IELTS Listening memiliki beberapa jenis pertanyaan yang kadang membutuhkan cara khusus untuk menjawabnya. Cara atau trik menjawab pertanyaan listening untuk masing-masing jenis pertanyaan akan sangat berguna terutama agar time management menjadi lebih maksimal.

1. Multiple choice (Pilihan ganda)

Bacalah pertanyaan dengan teliti untuk memeriksa berapa banyak jawaban yang perlu kamu tuliskan atau ketikkan. Buatlah prediksi dan carilah sinonim jawaban dari rekaman atau audio listening IELTS tersebut. Kamu perlu mengasah kemampuan untuk memahami seluruh poin dari pilihan A, pilihan B, dan pilihan C untuk menentukan jawaban yang benar karena pilihan jawabannya biasanya mirip satu sama lain. Pertanyaan jenis ini biasanya berurutan. Gunakan strategi eliminasi dimana kamu dapat mengurangi pilihan salah dan menyisakan pilihan yang benar. Jika kamu benar-benar tidak bisa menjawab, lakukan saja tebakan berdasar yaitu menebak dengan memperhatikan pertanyaan dan jawaban yang logis agar jangan sampai ada pertanyaan yang tidak terjawab.

2. Matching (Mencocokkan)

Identifikasi dan kenali hubungan antara fakta dan jawaban. Dengarkan informasi secara mendetail untuk menemukan kata kunci atau kalimat yang diparafrase sebagai jawaban. Jawaban dari pertanyaan IELTS listening tidak selamanya sama seperti audio. Bacalah dan pahamilah pertanyaannya terlebih dahulu agar kata kunci yang menjadi petunjuk jawaban bisa kamu dapatkan. Jenis soal ini umumnya memiliki jawaban yang posisinya acak tidak  berurutan.

3. Plan, map, and Diagram labeling (Rencana, peta, pelabelan diagram)

Pahami deskripsi dari pertanyaan dan yang ada di audio lalu hubungkan untuk mendapatkan jawaban. Kaitkan kata kunci yang didapat dari audio dengan representasi visual yang diberikan. Untuk menentukan jawaban yang benar, Anda dapat memeriksa setiap bagian peta/rencana/diagram yang telah diberi label dan diberi nama. Untuk menyelesaikan pertanyaan mendengarkan dan memetakan IELTS dengan lebih mudah, perlu mempelajari beberapa kosakata yang berkaitan dengan arah dan lokasi. Strategi eliminasi kurang disarankan untuk pertanyaan jenis ini karena terdapat lebih banyak pilihan label dari plan, map, dan diagram. Tetapi kamu masih bisa mengeliminasi pilihan yang tidak masuk akal secara grammar. 

4. Form, note, table, flow-chart, summary completion (Formulir, catatan, tabel, diagram alur, ringkasan penyelesaian)

Latihlah diri kamu untuk mencatat detail atau rincian faktual seperti nomor telepon, alamat, dan nama yang sering diujikan dalam IELTS listening ini. Biasakan diri kamu dengan mendengarkan audio listening ringkasan informasi di youtube kemudian buatlah pertanyaan sendiri berupa pertanyaan detail terkait informasi tersebut. Gunakan kata yang sama sesuai dengan apa yang ada di audio. Pertanyaan jenis ini cukup berurutan dari segi lokasi jawabannya. Ceklah sudah sejauh manakah audio sudah berjalan dan sudah di nomor berapa agar tetap diketahui urutannya. Fokuslah dengan poin yang diinfokan oleh pembicara yang ada di audio.

5. Sentence completion (Penyelesaian kalimat)

Identifikasi informasi penting dalam audio dengan memahami hubungan sebab dan akibatnya lalu pilih jawaban yang tepat. Pahami konten di pertanyaan dan audio melalui hubungan antar kalimat dan bagian dalam rekaman, misalnya hubungan sebab-akibat. Amati bagaimana hubungan kalimat dengan rekaman dan isinya, termasuk sebab/akibat pada pertanyaan.  Perhatikan tata bahasa atau aspek gramatikal dari kalimatnya untuk mencocokan dengan jawabannya. Prediksi dan mendengarkan detail seperti nama, angka, dan alamat dari informasi yang ada di audio juga menjadi strategi yang baik untuk dilakukan.

6. Short-answer questions (Pertanyaan dengan jawaban singkat)

Dengarkan kata kunci berupa informasi fakta konkret, seperti tempat, harga, atau waktu yang ada dalam audio. Selalu baca instruksi dengan seksama agar dapat menemukan kunci dan tata cara untuk menjawab pertanyaan. Ingatlah bahwa tata bahasa kalimatnya atau bisa disebut dengan grammar bisa dijadikan strategi untuk mencocokan dan menemukan jawaban yang benar. Dalam beberapa waktu terdapat informasi dalam instruksi yang dapat dilakukan dengan , Anda akan diminta menjawab pertanyaan dengan memberikan 2 atau 3 gagasan utama.

Baca juga: Alasan – alasan kamu masih gagal IELTS

Format Penilaian atau Kalkulator IELTS Listening

Format penilaian band score listening IELTS

Menghitung skor atau nilai IELTS memang tidak serta merta seperti menghitung jumlah benar saja. Ada proses konversi yang dilakukan untuk mendapatkan skor band atau band score. Perhatikan penjelasan setiap jumlah benar yang dikonversi menjadi band score di bawah ini.

Jumlah BenarSkor konversi
39-40

37-38

35-36

32-34

30-31

26-29

23-25

19-22

15-18

13-14

10-12

8-9

6-7

4-5

9.0

8.5

8.0

7.5

7.0

6.5

6.0

5.5

5.0

4.5

4.0

3.5

3.0

2.5

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui tips dan trik mengerjakan tes IELTS untuk mendapatkan skor yang tinggi. Jika kamu masih belum bisa memahami tips yang diberikan di atas, kamu bisa mengikuti kursus persiapan IELTS dimana akan ada pengajar yang menjadi pembimbingmu untuk mendapatkan skor IELTS yang tinggi.

Baca juga: Tips dan trik tambahan untuk setiap skill dalam IELTS

Bagaimana English Cafe Bali dapat membantu agar tidak gagal test IELTS

Jika kamu merasa kesulitan menyusun strategi, mengatur waktu untuk belajar, kurang konsentrasi jika belajar sendiri, dan membutuhkan bimbingan lebih, mengikuti kursus persiapan IELTS dapat sangat bermanfaat lho. Kelas persiapan IELTS biasanya akan dibimbing oleh pengajar berpengalaman yang dapat memberikan panduan, umpan balik secara langsung, dan strategi yang berguna.

English Café Bali adalah lembaga kursus bahasa Inggris professional bernuansa café yang nyaman dan mengedepankan proses belajar mengajar yang relax, fun, dan creative. Tersedia berbagai pilihan program kursus yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu seperti: General English (bahasa Inggris umum), English for Specific Purpose (bahasa Inggris bidang pekerjaan tertentu), serta IELTS dan TOEFL preparation.

Guru-guru yang profesional dan sudah tersertifikasi siap membantu membimbingmu. Jadwal kursus yang fleksibel dapat memudahkanmu dalam mengatur waktu kursus dan bisa disesuaikan dengan kesibukanmu. Kamu juga berkesempatan untuk mengikuti TES BAHASA INGGRIS GRATIS!

Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun dalam memberikan pelayanan terbaik kepada para peserta kursus, English Cafe Bali mampu mendapatkan kepercayaan masyarakat Bali yang dibuktikan dengan skor 4,8* untuk tingkat kepuasan klien.

Hubungi kami segera di WhatsApp, telepon 0361481910, atau email ke [email protected] untuk ambil kelas Bahasa Inggrismu dan dapatkan promo menarik tiap bulannya. GARANSI 100% UANG KEMBALI jika kamu tidak puas dengan kualitas pengajar, sistem pembelajaran dan pelayanan English Cafe Bali. NO HURT FEELING GUARANTEED.

Gede Murta

Gede Murta

Orang biasa yang berharap dapat membuat dan berbagi hal yang luar biasa. Berbagi ilmu terkait belajar bahasa inggris seperti program IELTS dan TOEFL Preparation, General English, ESP atau English for Specific Purposes di lembaga training bahasa inggris, English Cafe Bali. Belajar bisa lebih efektif jika kita mulai dengan hal yang kita suka dan tidak melupakan sisi Fun nya. Suka nonton dan belajar dari film dan video dokumenter youtube di waktu luang seperti tentang pendidikan, sosial, dan lingkungan.

Leave a Comment

Jangan ragu! Mulai perjalananmu menuju kemahiran bahasa inggris yang lebih baik

Yuk daftar kursus bahasa inggris sekarang bersama English Cafe dan dapatkan DISKON SPESIAL PROMO SEBESAR Rp. 200.000 sampai dengan Rp. 400.000 di semua program kursus.