Apa Sih Sequence of Service Untuk Food And Beverage Service Di Restoran? Berikut Penjelasannya!
Food and beverage service merupakan salah satu departemen dalam sektor pariwisata yang berfokus dalam bidang pelayanan makanan dan minuman. Industri food and beverage service pada era sekarang ini amat sangat berkembang pesat. Hal ini dikarenakan gaya hidup orang-orang yang lebih memilih untuk menikmati makanan cepat saji ataupun makanan-makanan unik lainnya, sehingga menyebabkan banyaknya perusahaan yang bergerak dibidang makanan dan minuman bermunculan. Oleh karena itu, seseorang yang bekerja pada bidang ini diharuskan untuk tampil rapi, ramah, sopan, serta memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik karena dalam melayani pelanggan ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan atau biasa disebut sequence of service.
Bagi kalian yang bekerja pada industri food and beverage service, di artikel ini English Cafe Bali akan membantu untuk menjelaskan apa itu sequence of service dalam food and beverage service di restoran. Mulai dari definisi, tahapan, hingga contoh percakapan dari sequence of service untuk food and beverage service di restoran. Dan juga tentu saja bagaimana cara English Cafe Bali membantu kamu yang ada di industri food and beverage service untuk mengetahui dengan lebih baik mengenai sequence of service. Yuk disimak!
- Definisi Sequence of Service
- Tahapan dalam Sequence of Service untuk Food and Beverage Service di Restoran
- Cara English Cafe Bali Membantu Kamu Memahami Sequence of Service untuk Food and Beverage Service di Restoran
Jika kamu ingin menguasai sequence of service di industri food and beverage service di restoran dengan baik, kamu bisa berkonsultasi dan bergabung bersama kami, disini!
Definisi Sequence of Service
Sequence of service adalah salah satu bagian yang sangat penting diterapkan dalam food and beverage service di restoran. Apa sih itu sequence of service? Sequence of service merupakan suatu metode pelayanan tamu/pelanggan dalam suatu tata urutan, yang dimulai dari tamu/pelanggan baru datang hingga tamu/pelanggan tersebut meninggalkan restoran yang dilakukan oleh waiter/waitress. Masing-masing restoran maupun tempat lainnya memiliki SOP (Standar Operasional Pelayanan) mereka tersendiri, sehingga tahapan-tahapan dalam prosedur pelayanan yang dilakukan pun menjadi sesuatu yang sangat penting. Tahapan ini bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada setiap tamu/pelanggan yang datang.
Kualitas suatu perusahaan yang bergerak di bidang food and beverage service dapat diamati dari bagaimana mereka menjalankan sequence of service. Oleh karena itu waiter/waitress amat sangat perlu diberikan pelatihan terkait step by step dari sequence of service di restoran tempat mereka bekerja. Penggunaan tata bahasa yang digunakan juga berbeda-beda tergantung dari jenis restoran serta kebijakan yang berlaku di masing-masing restoran.
Baca juga : Bahasa Inggris sebagai Kunci Sukses untuk Industri Perhotelan 2023
Tahapan dalam Sequence of Service untuk Food and Beverage Service di Restoran
Sequence of service untuk food and beverage service di sebuah restoran harus benar-benar dimengerti dan dikuasai oleh para waiter/waitress di sebuah restoran. Meliputi menyambut tamu saat baru datang hingga mengantarkan tamu saat tamu sudah selesai menikmati makanan dan minumannya. Berikut mari simak sequence of service untuk food and beverage di restoran.
1. Welcoming The Guest / Menyambut Tamu
Untuk menyambut tamu yang baru datang ke restoran, ada beberapa hal yang perlu dikuasai dan dilakukan oleh para waiter/waitress, yaitu:
- Memberi salam kepada tamu saat mereka baru datang di depan pintu restoran
- Lakukan kontak mata, tersenyum ramah dengan sedikit membungkukkan badan untuk memberi kesan penghormatan
- Memanggil nama tamu tersebut jika kamu sudah mengetahui namanya, agar mereka merasa senang dan lebih dihargai
- Berikan sambutan yang hangat kepada tamu dengan melakukan percakapan singkat
- Tanyakan apakah tamu tersebut sudah reservasi atau belum, dan untuk berapa orang
- Informasikan terkait smoking area
2. Seating The Guest / Mempersilahkan Tamu Duduk
Langkah selanjutnya adalah mempersilahkan tamu untuk duduk, entah itu sudah mereservasi tempat ataupun belum sebelumnya.
- Tariklah kursi secara perlahan untuk tamu, pastikan untuk mendahulukan tamu wanita
- Jika ada anak kecil, tawarkan untuk menggunakan baby chair
- Tawarkan bantuan pada tamu yang membawa barang berat
- Bantulah tamu melepaskan jas/jaketnya dan menaruhnya pada punggung kursi
- Memberitahukan jumlah tamu kepada server
3. Preparing The Condiments / Menyediakan Kondimen
Lalu langkah berikutnya adalah menyiapkan kondimen untuk para tamu, seperti:
- Membuka lipatan napkin sesuai dengan prosedur
- Berdiri di samping kanan tamu
- Lalu letakkan napkin dipangkuan tamu dengan hati-hati agar tamu tidak merasa terganggu
4. Pouring The Water / Menuangkan Air
Menuangkan air untuk tamu adalah langkah selanjutnya dari sequence of service untuk food and beverage service di restoran.
- Pastikan airnya bersih dan cukup untuk seluruh orang yang ada di meja tersebut
- Airnya harus dingin
- Air dibawa dengan kain yang terlipat rapi/underliner untuk memastikan agar air tidak menetes ke atas meja
- Sajikan dari sisi kanan dan pastikan untuk menuangkan air untuk tamu wanita/orang tua terlebih dahulu
- Jika air yang dituangkan adalah air mineral, maka segel air mineralnya harus dibuka di depan tamu
5. Giving The Menu / Memberikan Daftar Menu
Lalu langkah berikutnya adalah memberikan daftar menu kepada para tamu.
- Ambil daftar menu dari station
- Daftar menu yang akan diberikan kepada tamu harus dipastikan dalam keadaan bersih dan dalam keadaan baik
- Saat memberikan daftar menu, pastikan daftar menu dalam keadaan terbuka dan memberikannya dari arah kanan
- Sebelum menanyakan pesanan para tamu, berikan waktu 5-7 menit untuk melihat menunya terlebih dahulu
- Tetap lakukan kontak mata, tersenyum ramah, dan pastikan tetap berdiri di sebelah tamu
- Jelaskan menu-menu yang tersedia, seperti menu terbaik atau bahkan menu spesial pada hari itu
6. Taking Order / Pemesanan
Kemudian selanjutnya adalah ketika tamu memesan makanan dan juga minuman, hal yang perlu dilakukan adalah:
- Siapkan captain order (note untuk mencatat pesanan) dan juga pena
- Jelaskan kepada para tamu semua informasi mengenai makanan dan minuman yang dijual dengan tepat sesuai kebutuhan tamu
- Tulis semua pesanan pada captain order dengan lengkap dan jelas
- Tulis nomor meja, tanggal, waktu, nama pengorder, jumlah tamu, pesanan (baik jumlah maupun ukurannya), dan segala permintaan tamu mengenai makanan mereka
7. Bring The Food From Kitchen / Mengantarkan Pesanan
Mengantarkan pesanan adalah tahapan selanjutnya dari sequence of service untuk food and beverage service di restoran.
- Sebelum makanan diantarkan, pastikan untuk mempersiapkan meja tamu terlebih dahulu dengan peralatan yang dibutuhkan sesuai dengan standar operasional prosedur yang ada
- Lakukan pengecekan kembali pada kualitas dan juga kebersihan makanan, bumbu ataupun saus yang menyertainya, serta jumlah dan ukuran makanan yang dipesan
8. Food Serving / Menyajikan Makanan
Setelah tahap mengantarkan makanan, tahap selanjutnya adalah menyajikan makanan kepada para tamu di meja mereka.
- Pastikan makanan yang kamu bawa sudah sesuai dengan captain order, baik itu jumlah makanan dan ukurannya, serta nomor meja yang dituju
- Sajikan makanan dari sisi yang lebih mudah, atau bisa juga sajikan dari sisi kanan tamu
- Selalu berhati-hati bila ada anak kecil
- Ucapkan kata “permisi” dengan jelas namun perlahan
- Perhatikan tata letak makanan pesanan tamu, pastikan garnishnya berada pada arah yang tepat
- Jangan lupa katakan nama makanan saat meletakkan makanan ke atas meja
- Cek list makanan yang telah disajikan
- Informasikan kepada para tamu jika semua makanan yang mereka pesan telah tersaji di meja
- Stand by di table in charge untuk memastikan semua kebutuhan tamu terpenuhi
- Segera ganti jika ada 2 piring atau lebih yang kotor ataupun kosong
- Hindari menumpuk piring-piring kotor hingga terlalu tinggi
- Patikan menumpuk piring-piring sejenis tanpa ada sisa makanan di atasnya
- Tawarkan kepada para tamu jika ingin menambah pesanan ataupun ada pesanan mereka yang kurang
- Jika ada keluhan/complain, atasi segera
9. Dessert Suggestion / Menawarkan Dessert (Menu Pencuci Mulut)
Setelah para tamu menikmati makanan mereka, tawarkan menu pencuci mulut sebagai penutup. Berikut tahapannya:
- Tawarkan menu dessert kepada para tamu jika mereka sudah selesai menyantap main course
- Letakkanlah toothpick di atas meja
- Siapkan alat-alat yang diperlukan untuk menyajikan dessert
- Pastikan keadaan meja siap untuk menyajikan dessert
10. Change The Tray / Mengganti Asbak
Hal lainnya yang perlu diperhatikan dalam sequence of service untuk food and beverage service di restoran adalah penggantian asbak di meja pada smoking area.
- Ambillah asbak yang kotor dan ganti dengan yang baru
- Gunakanlah tray untuk menggantinya
- Asbak harus segera diganti setelah 2 puntung rokok
11. Settle Bill / Mengantarkan Bill
Setelah semua makanan telah disantap dan para tamu ingin membayar, mengantarkan bill adalah tahapan selanjutnya.
- Pengecekan bill di kasir dan pastikan sudah sesuai dengan apa yang tamu order
- Persiapkan pulpen dan gunakan cover bill
- Pastikan cover bill dalam keadaan terbuka dan berikan menggunakan tangan kanan, serta berikan dari sebelah kanan tamu
- Tanyakan pada para tamu apakah ada komentar mengenai pelayanan maupun makanan yang disajikan
- Pastikan untuk menjelaskan dengan detail dan jelas jika ada promo spesial, diskon, maupun event yang sedang berlangsung untuk menarik tamu berminat datang lagi
- Tunggu sejenak untuk pembayaran
- Saat tamu melakukan pembayaran secara cash, pastikan untuk menghitung jumlah uangnya di hadapan para tamu dan pastikan sesuai dengan jumlah yang tertulis di bill. Lalu jika ada kembalian, segera berikan kembalian kepada tamu
- Apabila ada pembayaran dengan charge room, pastikan data-data tamu sudah sesuai untuk pembayaran tersebut
- Ucapkan terima kasih dengan ramah dan tetap tersenyum
12. Say Thank You / Mengucapkan Terima Kasih
Tahapan terakhir dari sequence of service untuk food and beverage service di restoran adalah mengucapkan terima kasih kepada tamu.
- Lakukan kontak mata, tersenyum, dan bungkukkan badan sedikit pada waktu mengucapkan terima kasih
- Antarkan tamu hingga ke pintu dengan sedikit percakapan singkat yang ramah dan juga berkesan agar tamu mau datang lagi
Baca juga : Contoh Percakapan Menggunakan Expression of Greeting and Leave-Taking beserta Artinya
Cara English Cafe Bali Membantu Kamu Memahami Sequence of Service untuk Food and Beverage Service di Restoran
Kamu yang sedang bekerja di bidang food and beverage service pasti masih banyak yang kurang memahami dan menguasai tentang sequence of service kan? Tenang! English cafe Bali punya solusinya untuk kamu. Kamu bisa mengikuti kursus English for Specific Purposes bersama kami untuk solusinya. Kelas Bahasa Inggris untuk bidang pekerjaan tertentu atau English for Specific Purposes, akan dibimbing oleh pengajar berpengalaman yang dapat memberikan bimbingan, umpan balik secara langsung, dan latihan berbicara secara langsung dengan simulasi – simulasi sesuai dengan kondisi di tempat kerja kamu.
English Café Bali adalah lembaga kursus bahasa Inggris professional bernuansa café yang nyaman dan mengedepankan proses belajar mengajar yang relax, fun, dan creative. Tersedia berbagai pilihan program kursus yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu seperti: General English (bahasa Inggris umum), English for Specific Purpose (bahasa Inggris bidang pekerjaan tertentu), serta IELTS dan TOEFL preparation.
Guru-guru yang profesional dan sudah tersertifikasi siap membantu membimbingmu. Jadwal kursus yang fleksibel dapat memudahkanmu dalam mengatur waktu kursus dan bisa disesuaikan dengan kesibukanmu. Kamu juga berkesempatan untuk mengikuti TES BAHASA INGGRIS GRATIS!
Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun dalam memberikan pelayanan terbaik kepada para peserta kursus, English Cafe Bali mampu mendapatkan kepercayaan masyarakat Bali yang dibuktikan dengan skor 4,8* untuk tingkat kepuasan klien.
Hubungi kami segera di WhatsApp, telepon 0361481910, atau email ke [email protected] untuk ambil kelas Bahasa Inggrismu dan dapatkan promo menarik tiap bulannya. GARANSI 100% UANG KEMBALI jika kamu tidak puas dengan kualitas pengajar, sistem pembelajaran dan pelayanan English Cafe Bali. NO HURT FEELING GUARANTEED.
WE WILL GET YOU ADDICTED TO ENGLISH!