fbpx

Macam – macam cara menerjemahkan yang umum digunakan

Gede Murta

Terjemahan sekarang tidak hanya terbatas pada dokumen saja seperti jurnal, namun bisa juga subtitle video. Cara menerjemahkan dokumen penting seperti jurnal, karya tulis, makalah, skripsi, dan bahkan subtitle film atau video di youtube itu cukup berbeda.

Proses menerjemahkan terjadi secara langsung dan tidak langsung di semua skill berbahasa seperti mendengar, membaca, menulis dan berbicara. Sebenarnya cukup banyak teknik menerjemahkan yang dijabarkan oleh Molina dan Albir (2002), Namun dalam artikel ini akan dibahas mengenai penerjemahan secara umum. Ada beberapa orang yang menggunakan bantuan online, ada yang menanyakan ke teman, atau ada yang mencoba sendiri dengan hasil yang kurang maksimal. Nah supaya pengetahuanmu bertambah dalam hal penerjemahan, mari simak penjelasan mengenai macam – macam cara menerjemahkan beserta penjelasannya berikut ini.

Tes Bahasa Inggris Online Gratis

 

1. Cara menerjemahkan per kata

Cara menerjemahkan model ini adalah cara yang umum digunakan oleh orang yang masih awam dan baru belajar bahasa contohnya bahasa inggris. Penerjemahan per kata memang cukup mudah diaplikasikan karena kebanyakan alat penerjemah yang tersedia seperti buku kamus, google translate atau yang lainnya masih lebih luas penggunaannya dalam menerjemahkan per kata. Dalam beberapa kesempatan, cara ini cukup memberikan hasil yang baik. Namun, tidak jarang juga akan berujung pada kurang akuratnya hasil terjemahan saat disusun menjadi sebuah kalimat.

Contoh;

  1. Saya makan nasi = I eat rice
  2. This is a candy = ini adalah sebuah permen

Namun akan lebih rumit dan menjadi tidak akurat jika cara menerjemahkan per kata ini didigunakan dengan menggabung langsung menjadi sebuah kalimat. Hal ini membutuhkan pemahaman bahasa inggris lebih seperti grammar.

Contoh;

Saya mau jalan-jalan sama teman saya pas SD = i want walk same friend i fit elementary

Baca juga: Kesalahan – kesalahan umum saat menerjemahkan

 

2. Cara menerjemahkan per kalimat

cara menerjemahkan

Penerjemahan per kalimat ini jauh lebih baik karena dilakukan dengan cara memahami satu kalimat secara keseluruhan agar dapat membuatnya lebih natural dan lebih tertata. Cara menerjemahkan model ini berlangsung sedikit lebih lama karena membutuhkan proses penataan kata – kata dengan melihat dari sisi bahasa inggrisnya supaya dapat menjadi kalimat yang mudah dipahami.

Contoh;

Jika kamu akan mengubah caramu melakukan sesuatu, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah beri alasan yang cukup kuat kenapa = If you’re going to change the way you do something, The first thing you must do is give yourself a big enough reason why

3. Penerjemahan per paragraf

Penerjemahan ini berguna saat ingin mengerjakan tugas sekolah atau kampus yang mengharuskan kamu menerjemahkan sebuah cerita, artikel, berita atau tulisan yang memiliki lebih dari satu paragraf. Jangan terlalu mempercayai google translate karena akan selalu ada terjemahan yang kurang cocok dan keliru.

Baca juga: Tarif umum layanan penerjemah di Indonesia

 

4. Cara menerjemahkan secara gramatikal

meme cara menerjemahkan cowok cewek kamus vs google translate

Cara menerjemahkan yang satu ini cukup sulit dilakukan terutama bagi mereka yang masih belum berada di level bahasa inggris yang mumpuni, karena grammar merupakan satu hal yang menjadi momok menakutkan bagi pembelajar bahasa inggris. Grammar dalam bahasa inggris sama dengan sistem EYD atau Ejaan Yang Disempurnakan. Penempatan imbuhan, akhiran, keterangan waktu, tempat, sifat, benda, keterangan sekarang, lampau dan yang akan datang bagi beberapa orang bukan hal yang menyenangkan untuk dipelajari.

Namun, begitu hal ini sudah menjadi rutinitas dan pengetahuan yang sudah diluar kepala, membuat tulisan, mendengar, membaca, berbicara secara benar dan tertata akan menjadi hal yang mudah dilakukan.

5. Cara menerjemahkan secara bebas

Penerjemahan bebas ini biasanya dilakukan secara lebih luas ketika berhubungan dengan spontanitas seperti berbicara. Tidak perlu terlalu memperhatikan grammar dan struktur kata, kalimat, dan paragraf karena sepanjang lawan bicara mengerti tentang apa yang dibicarakan, hal ini bukanlah masalah besar. Cara menerjemahkan secara bebas ini paling banyak dilakukan oleh pemula karena lebih cepat dan tidak memusingkan.

 

Masih belum paham juga?

Wajar saja karena banyak sebab. Yang pertama adalah karena kamu kurang terbiasa dengan bahasa inggris. Smartphone kamu saja masih berbahasa Indonesia. Sebab yang keduanya itu karena kamu adalah tipe gerak. Kamu tipe yang harus belajar dan dijelaskan langsung oleh guru secara fun dan sekaligus langsung praktik. Dan sebab yang terakhir adalah kamu takut mencoba ikut kursus bahasa inggris.

Kamu tidak salah. Banyak orang juga takut kursus bahasa inggris. Takut harganya mahal dan tidak sesuai hasil. Tidak berani membuat kesalahan saat belajar di tempat kursus yang ramai dan guru yang galak. Ragu akan jadwal dan waktu luangmu yang tidak sesuai dan tidak cukup. Yang terakhir adalah kamu takut bosan dengan pembelajarannya.

Solusinya untuk bisa bahasa inggris adalah di bawah ini 

  1. Pertama kamu ganti bahasa smartphone kamu menjadi English. 
  2. Kedua, ikut kursus bahasa inggris yang jadwalnya fleksibel tanpa takut hangus. 
  3. Ketiga pilih sistem private atau kelas kecil biar lebih bebas. 
  4. Pilih kursus bahasa inggris online zoom yang langsung face to face dengan gurunya jika kamu tidak bisa datang langsung. 
  5. Cari kursus bahasa Inggris yang BERANI Memberi JAMINAN UANG KEMBALI. Di English Cafe kami jamin 100% UANG KEMBALI. Jika kamu tidak sreg dengan kualitas tutor dan module kami.

[fusion_button link=”https://www.englishcafe.co.id/kursus-online-gratis-english-cafe/” text_transform=”” title=”” target=”_self” link_attributes=”” alignment=”center” modal=”” hide_on_mobile=”small-visibility,medium-visibility,large-visibility” class=”” id=”” color=”custom” button_gradient_top_color=”#ffeb3b” button_gradient_bottom_color=”#ffeb3b” button_gradient_top_color_hover=”#607d8b” button_gradient_bottom_color_hover=”#607d8b” accent_color=”#000000″ accent_hover_color=”#ff9800″ type=”3d” bevel_color=”#ff9800″ border_width=”” border_radius=”” border_color=”#607d8b” border_hover_color=”#ff9800″ size=”” stretch=”no” icon=”” icon_position=”left” icon_divider=”no” animation_type=”” animation_direction=”left” animation_speed=”0.3″ animation_offset=””]Coba Sekarang[/fusion_button]

 

Di English Cafe, kita adalah professional di program belajar Bahasa Inggris On-line. Semua program Bahasa Inggris seperti IELTS/TOEFL, Speaking atau Conversational kelas, General dan program special untuk karyawan, hospitality dan medical semua tersedia.

Program kita juga bisa di custom sesuai permintaan kamu. Semua tutor kami qualified dan terakreditasi.

Ambil program kami dan kami jamin 100% UANG KEMBALI jika kamu tidak puas dengan kualitas tutor, sistem pengajaran kami dan platform kami. NO HURT FEELING GUARANTEED

 

 

Leave a Comment