fbpx

Contoh Percakapan Antara Dokter dengan Pasien

Gede Murta

Hi guys, ketika kita ingin belajar bahasa Inggris ada baiknya kita mengetahui dulu nih kebutuhan atau program bahasa Inggris apa yang cocok dan yang kita butuhkan. Apakah kalian ingin belajar tentang General English (Bahasa Inggris umum) untuk memperlancar bahasa Inggris kalian atau ingin mengambil persiapan TOEFL/IELTS atau ingin mengambil kelas bahasa Inggris untuk special purpose atau lebih dikenal dengan sebutan ESP (English for Special Purposes).

Maksud dari Bahasa Inggris ESP adalah belajar bahasa Inggris sesuai dengan bidang yang kita minati atau bahasa Inggris untuk bidang atau tujuan tertentu. Di Indonesia sendiri banyak sekali bidang yang diminati oleh orang-orang, contohnya seperti bidang kesehatan (dokter, bidan, pasien, rekam medis, dll), bidang kontraktor, bidang guru dan masih banyak lainnya.

Nah, berbicara mengenai ESP, pada artikel ini kami akan membahas salah satu contoh percakapan di bidang kesehatan yaitu contoh percakapan antara dokter dengan pasien. Happy practice! 🙂

Practice 1

Doctor : Hello Mrs. Alexandra. What can I do for you? (Halo Ibu Alexandra. Ada yang bisa saya bantu?)

Patient : Well, I’ve been having bad stomach pains lately, doctor. (Jadi, saya mengalami sakit perut parah akhir-akhir ini, dokter)

Doctor : Oh, I’m sorry to hear that. How long have you had them? (Oh, saya turut bersedih. Sudah berapa lama sakit perutnya?)

Patient : In the last few weeks. I get a pain about an hour after I’ve eaten. (Dalam beberapa minggu terakhir. Saya merasakan sakit sekitar satu jam setelah makan)

Doctor : I see. Do you get this after every meal? (Apakah Ibu mengalaminya setiap setelah makan?)

Patient : Let me think. No, it’s usually in the afternoons, after lunch. (Tidak, biasanya pada siang hari setelah makan)

Doctor : Well, what do you have for lunch? (Nah, apa yang Ibu makan untuk makan siang?)

Patient  : Oh, I mostly just have a quick hamburger and rush back to the office. I’m very busy at the moment. (Oh, kebanyakan saya hanya makan hamburger dan buru-buru kembali ke kantor. Saya sangat sibuk saat ini)

Doctor  : Well, I don’t think it’s anything serious. Maybe you eat too quickly, so you don’t give yourself time to digest your food. (Saya rasa tidak ada yang serius. Mungkin Ibu makan terlalu cepat jadi tidak ada ruang untuk mencerna makanan)

Patient : My husband is always telling me that. (Suami saya juga selalu berkata seperti itu)

Doctor : Anyway, I’ll give you something for it and we’ll see what happens. Take two of these tablets three times a day. (Bagaimanapun, saya akan memberikan obat untuk sakit perut Ibu dan kita lihat kedepannya. Minum dua tablet ini tiga kali sehari)

Patient : After meals or before? (Setelah makan atau sebelum?)

Doctor : After eating. (Setelah makan)

Baca juga:

Practice 2

Doctor : And what’s your problem, Mr.Wu? (Jadi, apa masalah Anda, Tuan Wu?)

Mr.Wu : Well I’ve got a bad fever. I’ve been feeling very hot and uncomfortable for the last few days. (Jadi, saya sedang demam tinggi. Saya merasa sangat panas a dan tidak nyaman beberapa hari terakhir)

Doctor : Oh I see. And have you got a temperature? (Baik, saya mengerti. Sudahkah Anda mengecek suhu tubuh Anda?)

Mr. Wu : Yes, it was over 38 C last night. (Ya, sudah tadi malam lebih dari 38 derajat)

Doctor  : Mmm.. I’d better check it. Now it might be something you’ve eaten. Have you been eating out at all? (Hmm.. Sebaiknya saya periksa. Mungkin karena sesuatu yang Anda makan. Apakah Anda pernah makan di luar?)

Mr. Wu : Well no, not really. (Tidak juga)

Doctor : Have you been eating any spicy foods? (Apakah Anda pernah makan makanan pedas?)

Mr. Wu : No, not that I remember. (Tidak. Saya tidak ingat)

Doctor : Well, I think you’re probably getting the flu. (Saya rasa mungkin Anda terkena flu)

Mr. Wu : I thought so. (Saya pikir begitu)

Doctor  : Yes, I’ll give you something for the fever. Take two of these tablets three times a day before eating. (Ya, saya memberikanmu obat untuk panasmu. Minum dua tablet ini tiga kali sehari)

Dikutip dari: Conversation Tactics from Jack C. Richards/Jonathan C.Hull

Nah, itulah dia contoh percakapan bahasa Inggris ESP atau bidang khusus (bidang kesehatan) yaitu contoh percakapan antara dokter dengan pasien. Jika kalian berencana menjadi seorang dokter atau saat ini profesi kalian adalah seorang dokter saat ini, contoh percakapan antara dokter dengan pasien diatas bisa kalian jadikan referensi. Kalian bisa mempraktekkan langsung dengan pasien atau latihan terlebih dahulu dengan teman atau sanak saudara agar tidak gugup ketika bertemu dengan pasien. Good luck!

Ngomong-ngomong, adakah yang masih sering mengalami kesulitan dalam bahasa Inggris?

Wajar saja karena banyak sebab. Yang pertama adalah karena kamu kurang terbiasa dengan bahasa inggris. Smartphone kamu saja masih berbahasa Indonesia. Sebab yang keduanya itu karena kamu adalah tipe gerak. Kamu tipe yang harus belajar dan dijelaskan langsung oleh guru secara fun dan sekaligus langsung praktik. Dan sebab yang terakhir adalah kamu takut mencoba ikut kursus bahasa inggris.

Kamu tidak salah. Banyak orang juga takut kursus bahasa inggris. Takut harganya mahal dan tidak sesuai hasil. Ataupun juga takut membuat kesalahan saat belajar di tempat kursus yang ramai dan guru yang galak. Takut jadwal dan waktu luangmu yang tidak sesuai dan tidak cukup. Yang terakhir adalah kamu takut bosan dengan pembelajarannya. 

Solusinya untuk bisa bahasa Inggris  adalah dibawah ini 

  1. Pertama kamu ganti bahasa smartphone kamu menjadi English. 
  2. Kedua, ikut kursus bahasa inggris yang jadwalnya fleksibel tanpa takut hangus. 
  3. Ketiga pilih sistem private atau kelas kecil biar lebih bebas. 
  4. Keempat pilih kursus bahasa inggris online zoom yang langsung face to face dengan gurunya. 
  5. Cari kursus bahasa Inggris yang BERANI Memberi JAMINAN UANG KEMBALI. Di English Cafe kami jamin 100% UANG KEMBALI. Jika kamu tidak sreg dengan kualitas tutor dan module kami.

Coba Sekarang (Ungu)

Di English Cafe, kami adalah professional di bidang Bahasa Inggris. Semua program Bahasa Inggris seperti IELTS/TOEFL, General English dan program special untuk karyawan, hospitality dan medical semua tersedia. Program kita juga bisa di custom sesuai permintaan kamu lho.

Semua tutor kami qualified dan terakreditasi. Ambil program kami dan kami jamin 100% UANG KEMBALI jika kamu tidak puas dengan kualitas tutor, sistem pengajaran kami dan platform kami.

Yuk datang ke English Cafe di Jalan Gunung Soputan I 16 A Denpasar atau kalian bisa menghubungi kami melalui WA di nomor 082145458411. We’ll get you addicted to English!

 

Leave a Comment