fbpx

Perayaan Halloween di Beberapa Negara

Gede Murta

images

 

Halloween party is coming! Nah, ngomong-ngomong soal Halloween nih, ada yang tahu makna dari Halloween itu apa? Halloween, dikutip dari Wikipedia, Halloween (kependekan dari All Hallows’ Evening (Malam Para Kudus) yang berarti suatu perayaan yang dapat dijumpai di sejumlah negara pada tanggal 31 Oktober, yaitu malam Hari Raya Semua Orang Kudus (All Hallows’ Day) di Kekristenan Barat. Di bawah ini adalah beberapa perayaan Halloween di beberapa negara, seperti:

  1. Ireland

Halloween dimulai dengan festival Celtic kuno Samhain, saat orang-orang kafir kuno mengambil stok persediaan dan mempersiapkan diri untuk musim dingin. Pada tanggal 31 Oktober, orang mati diyakini kembali ke bumi, menyebabkan malapetaka dan merusak tanaman.

 

Bobbing for Apple adalah salah satu permainan yang terkenal pada saat Halloween di Ireland dengan melibatkan pemain dengan meraih apel yang mengambang di baskom berisi air dan hanya menggunakan mulut mereka.

 

  1. China

Di Cina, selama festival Teng Chieh orang-orang meletakkan makanan dan air di depan foto dari kerabat yang sudah meninggal. Mereka membuat api unggun dan lentera cahaya untuk menuntun roh-roh mereka kembali ke bumi.

 

  1. Italy

Orang-orang Italia memanggang kue dalam bentuk biji yang disebut “Fave Dei Morti” atau kacang orang mati pada Hari Seluruh Jiwa (All Souls’ Day). Kacang tersebut biasanya dimakan secara tradisional di siang hari ketika kuburan yang dihiasi dengan bunga-bunga dan kumpulan kelompok diadakan bagi jiwa-jiwa yang meninggal.

 

  1. Hongkong

Di Hongkong, semua keluarga merayakan “Yu Lan” atau Festival Hantu/ The Ghost Festival. Festival tradisional dirayakan oleh orang Cina di seluruh dunia. Kegiatan ini meliputi doa-doa untuk keluarga almarhum dan pembakaran “kertas joss”, yang diyakini untuk memungkinkan anggota keluarga yang telah meninggal, memiliki semua yang mereka butuhkan di akhirat .

 

  1. Mexico

Salah satu tokoh paling terkenal di hari orang mati/ The day of the dead adalah “La Catrina”, gambar yang melambangkan perempuan kelas atas Meksiko. Seperti di Filipina, Orang – orang Meksiko menghormati mereka yang mati dengan membangun altar dan mengunjungi kuburan. Mereka percaya bahwa jiwa yang telah meninggal yang mengunjungi mereka dan mendengar doa-doa mereka.

 

  1. United State

Di Amerika Serikat, Halloween adalah salah satu liburan paling populer dan komersial. Mengenakan kostum menakutkan atau bertema menyeramkan dan pergi untuk mengetuk pintu tetangga dengan melakukan “trick-or-treat”, menjual permen dan menggunakan kostum dan make up, labu yang diukir diisi dengan lampu terang, dikenal sebagai Jack-o-lanterns yang diletakkan di rumah untuk menyambut tamu.

 

  1. Japan

Sebuah perayaan yang sama untuk Halloween adalah upacara Buddha yang disebut O-Bon Festival yang berlangsung pada bulan Juli dan Agustus. Lilin yang menyala, ditempatkan ke lentera, dan mengapung ke sungai dan laut, untuk menghormati nenek moyang mereka.

 

  1. Philippines

“Undas” adalah hari ke 2 yang dirayakan tahunan pada tanggal 1 November (All Saints ‘Day atau Araw ng mga Kaluluwa). Anggota keluarga mengunjungi makam keluarga almarhum mereka untuk menerangi lilin dan memberikan doa dan bunga.

 

Nah, begitulah beberapa perayaan Halloween di beberapa negara. Kira-kira di Indonesia perayaannya seperti apa ya? Ini kembali lagi pada kalian yang ingin merayakan atau turut meramaikan Halloween. Yuk bagi pengalaman kalian tentang Halloween di sini… Happy Halloween.. Trick or Treat or Die…

Leave a Comment