Dewasa ini para pencari/pelamar kerja sudah sangat dipermudah ketika ingin mencari pekerjaan yang diinginkan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan media sosial. Berbagai jenis/macam pekerjaan bisa kita temukan dengan mudah di Instagram ataupun facebook. Selain mempersiapkan surat lamaran, CV, ataupun berkas lainnya, tentunya hal yang harus kalian siapkan adalah kesiapan diri untuk menghadapi beberapa tes yang umumnya akan kalian lakukan ketika ingin melamar kerja.

Salah satu tesnya yaitu tes wawancara/ interview. Pada artikel sebelumnya, kita sudah mempelajari contoh – contoh pertanyaan pada saat tes interview kerja dalam Bahasa Inggris. Nah kali ini, EC akan memberikan contoh percakapan Bahasa Inggris tentang tes wawancara/ interview. Yuk disimak baik-baik guys.

Mr. Tom : Good morning. (Selamat pagi).

Dylan : Good morning, Sir. (Selamat pagi, Pak).

Mr. Tom : So, you’ve applied for the marketing position, right? (Jadi, apakah benar kamu melamar posisi pemasaran/ marketing?).

Dylan : Yes, I have Sir. (Ya, benar Pak).

Mr. Tom : Please tell me about yourself. (Ceritakan tentang dirimu).

Dylan : Alright Sir. My name is Dylan Permana. I am from Denpasar and currently I live on Teuku Umar Street. I am 26 years old. (Baik Pak. Nama saya Dylan Permana. Saya dari Denpasar dan saat ini saya tinggal di Jalan Teuku Umar. Umur saya 26 tahun).

Mr. Tom : What experience do you have? (Pengalaman apa yang kamu punya?).

Dylan : I had worked for 2 years as a sales and marketing in a furniture company, Sir. (Saya pernah bekerja selama 2 tahun dibidang penjualan dan pemasaran di sebuah perusahaan mebel, Pak).

Mr. Tom : Oh, that’s good. Why did you resign from your last job? (Oh, bagus. Mengapa kamu berhenti dari pekerjaan terakhirmu?).

Dylan : The reason why I left my last job because my salary was not worth my responsibility. Besides, I also want to work in a bigger company in order to improve my skills. (Alasan mengapa saya berhenti dari pekerjaan terakhir saya adalah gaji yang tak sebanding dengan tanggung jawab saya. Disamping itu, saya juga ingin bekerja di perusahaan yang lebih besar dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan saya).

Mr. Tom : Why do you want to work for this company? (Mengapa kamu ingin bekerja di perusahaan ini?).

Dylan : Because your company is one of big companies in Bali Sir. Therefore, I am really interested to work here. (Karena perusahaan anda adalah salah satu perusahaan besar di Bali Pak. Oleh sebab itu, saya sangat tertarik untuk bekerja disini).

Mr. Tom : Do you have any computer skills? (Apakah kamu memiliki kemampuan di bidang komputer?).

Dylan : Yes, Sir. I can operate Ms. Office and also Adobe Photoshop. (Ya, Pak. Saya bisa mengoperasikan Ms. Office dan juga Adobe Photoshop).

Mr. Tom : Okay, can you tell me your strengths and weaknesses? (Baik, apa kelebihan dan kekuranganmu?).

Dylan : Hmmm, I think my strength is I can work well both individually and within a team. For the weakness, I think sometimes I cannot control my emotion Sir when I fell under pressure. (Hmmm, saya rasa kelebihan saya yaitu saya bisa bekerja dengan baik baik secara individu dan di dalam sebuah tim. Untuk kekurangannya, saya rasa terkadang saya tidak bisa mengontrol emosi saya Pak ketika saya merasa dibawah tekanan).

Mr. Tom : Alright, I’ve noted it.  What is your salary expectation? (Baiklah, saya sudah catat. Berapa gaji yang kamu harapkan?).

Dylan : For the salary, I hope I can get more than my previous job, Sir. I think above 4 million Rupiah. (Untuk gaji, saya harap saya bisa mendapatkan gaji yang lebih dari pekerjaan sebelumnya, Pak. Saya rasa diatas 4 juta rupiah).

Mr. Tom : Well, we will consider it. When can you start to work? (Baik, kami akan pertimbangkan. Kapan kamu bisa mulai bekerja?).

Dylan : I am available anytime Sir. (Saya siap kapan saja Pak).

Mr. Tom : Good then, just kindly waiting my confirmation via email or phone call. Thank you for coming to the interview. (Bagus jika begitu, silahkan tunggu konfirmasi saya melalui email atau telepon. Terima kasih sudah datang untuk interview).

Dylan : Sure Sir, I will wait for the confirmation. I also would like to say thank you for giving me a chance to come for an interview. (Tentu Pak, saya akan menunggu konfirmasi. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih karena memberikan kesempatan untuk datang mengikuti interview).  

Itu dia guys sebuah contoh percakapan Bahasa Inggris tentang tes wawancara/ interview. Jadi kurang lebih seperti itulah situasi yang kira-kira terjadi pada suatu tes wawancara/ interview. Intinya, ada baiknya jika kalian sudah mempersiapkan Bahasa Inggris kalian dengan baik. Jika kalian berminat untuk belajar Bahasa Inggris, yuk gabung segera dengan English Café Bali. English Café Bali adalah tempat kursus Bahasa Inggris di Bali yang beralamat di Jalan Gunung Soputan 1 No.16A Denpasar atau kalian bisa menghubungi kami di nomor (0361) 481910.