fbpx

CONTOH DIALOG TES WAWANCARA KERJA/INTERVIEW BAHASA INGGRIS

Gede Murta

Contoh Dialog Interview Kerja Bahasa Inggris

 

Mencari pekerjaan adalah salah satu hal yang terkadang menjadi momok yang cukup mengkhawatirkan ataupun menakutkan bagi sebagian orang. Selain karena sulitnya mencari pekerjaan yang sesuai, juga karena kurangnya pengetahuan dalam menghadapi tes wawancara, sebagai tahap awal sebelum seseorang diterima bekerja.

Tes wawancara kerja terkadang bisa saja sangat tricky, entah itu untuk menguji pengetahuan kalian akan suatu bidang pekerjaan ataupun tentang bagaimana kalian bersikap secara sosial. Selain menguji hal tersebut, saat ini banyak tempat kerja, baik itu tempat kerja yang berbasis kecil hingga yang sudah berbasis besar, yang juga menguji kemampuan berbahasa Inggris pelamar kerjanya. Dan salah satu tesnya adalah tes wawancara/interview bahasa Inggris.

Mungkin banyak dari kalian yang bingung tentang bagaimana sih tes wawancara/interview bahasa Inggris tersebut? Nah pada artikel sebelumnya, kita sudah memberikan penjelasan dan juga gambaran secara singkat contoh – contoh pertanyaan pada saat tes interview kerja dalam Bahasa Inggris. 

Nah untuk selanjutnya, kita akan memberikan beberapa contoh dialog bahasa Inggris tentang tes wawancara kerja/interview. Bagi kalian yang sedang dan akan melamar pekerjaan, yuk disimak baik – baik!

interview kerja bahasa inggris perkenalan diri

 

Mr. Tom : Good morning. 

Dylan : Good morning, Sir. 

Mr. Tom : So, you’ve applied for the marketing position, right? 

Dylan : Yes, I have Sir. 

Mr. Tom : Please tell me about yourself. 

Dylan : Alright Sir. My name is Dylan Permana. I am from Denpasar and currently I live on Teuku Umar Street. I am 26 years old. 

Mr. Tom : What experience do you have? 

Dylan : I had worked for 2 years as a sales and marketing in a furniture company, Sir. 

Mr. Tom : Oh, that’s good. Why did you resign from your last job? 

Dylan : The reason why I left my last job was because my salary was not worth my responsibility. Besides, I also want to work in a bigger company in order to improve my skills. 

Mr. Tom : Why do you want to work for this company? 

Dylan : Because your company is one of the big companies in Bali Sir. Therefore, I am really interested to work here. 

Mr. Tom : Do you have any computer skills? 

Dylan : Yes, Sir. I can operate Ms. Office and also Adobe Photoshop. 

Mr. Tom : Okay, can you tell me your strengths and weaknesses? 

Dylan : Hmmm, I think my strength is I can work well both individually and within a team. For the weakness, I think sometimes I cannot control my emotions when I feel under pressure. 

Mr. Tom : Alright, I’ve noted it.  What is your salary expectation? 

Dylan : For the salary, I hope I can get more than my previous job, Sir. I think above 4 million Rupiah. 

Mr. Tom : Well, we will consider it. When can you start to work? 

Dylan : I am available anytime Sir. 

Mr. Tom : Good then, just kindly waiting my confirmation via email or phone call. Thank you for coming to the interview. 

Dylan : Sure Sir, I will wait for the confirmation. I also would like to say thank you for giving me a chance to come for an interview. 

 

(Terjemahan)

Mr. Tom : Selamat pagi.

Dylan : Selamat pagi, Pak.

Mr. Tom : Jadi, apakah benar kamu melamar posisi pemasaran/ marketing?.

Dylan : Ya, benar Pak.

Mr. Tom : Ceritakan tentang dirimu.

Dylan : Baik Pak. Nama saya Dylan Permana. Saya dari Denpasar dan saat ini saya tinggal di Jalan Teuku Umar. Umur saya 26 tahun.

Mr. Tom : Pengalaman apa yang kamu punya?.

Dylan : Saya pernah bekerja selama 2 tahun dibidang penjualan dan pemasaran di sebuah perusahaan mebel, Pak.

Mr. Tom : Oh, bagus. Mengapa kamu berhenti dari pekerjaan terakhirmu?.

Dylan : Alasan mengapa saya berhenti dari pekerjaan terakhir saya adalah gaji yang tak sebanding dengan tanggung jawab saya. Disamping itu, saya juga ingin bekerja di perusahaan yang lebih besar dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan saya.

Mr. Tom : Mengapa kamu ingin bekerja di perusahaan ini?.

Dylan : Karena perusahaan anda adalah salah satu perusahaan besar di Bali Pak. Oleh sebab itu, saya sangat tertarik untuk bekerja disini.

Mr. Tom : Apakah kamu memiliki kemampuan di bidang komputer?.

Dylan : Ya, Pak. Saya bisa mengoperasikan Ms. Office dan juga Adobe Photoshop.

Mr. Tom : Baik, apa kelebihan dan kekuranganmu?.

Dylan : Hmmm, saya rasa kelebihan saya yaitu saya bisa bekerja dengan baik baik secara individu dan di dalam sebuah tim. Untuk kekurangannya, saya rasa terkadang saya tidak bisa mengontrol emosi saya Pak ketika saya merasa dibawah tekanan.

Mr. Tom : Baiklah, saya sudah catat. Berapa gaji yang kamu harapkan?.

Dylan : Untuk gaji, saya harap saya bisa mendapatkan gaji yang lebih dari pekerjaan sebelumnya, Pak. Saya rasa diatas 4 juta rupiah.

Mr. Tom : Baik, kami akan pertimbangkan. Kapan kamu bisa mulai bekerja?.

Dylan : Saya siap kapan saja Pak.

Mr. Tom : Bagus jika begitu, silahkan tunggu konfirmasi saya melalui email atau telepon. Terima kasih sudah datang untuk interview.

Dylan : Tentu Pak, saya akan menunggu konfirmasi. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih karena memberikan kesempatan untuk datang mengikuti interview.  

 

Contoh Percakapan Interview – Tell Me About Yourself (Menceritakan Tentang Diri Kamu)

Dalam sebuah wawancara kerja/interview berbahasa Inggris pasti kalian akan dihadapkan dengan pertanyaan seperti What are your strengths and weaknesses? (apa kelebihan dan kekuranganmu?), Please tell me about the skill or experience that you have! (bisa beritahu saya tentang kemampuan dan pengalaman yang kamu miliki!), atau mungkin pertanyaan seperti Why did you leave your last job? (kenapa kamu meninggalkan pekerjaanmu sebelumnya?), atau bahkan pertanyaan mengenai rencana masa depanmu seperti Where do you see yourself 5 years from now? (dimana kamu melihat diri kamu 5 tahun dari sekarang?). 

Pertanyaan – pertanyaan tersebut dilontarkan guna untuk mengetahui lebih dalam tentang diri kalian para pelamar kerja. Jadi mari simak contoh dialog berikut ini agar memudahkan kalian dalam menghadapi interview bahasa Inggris nantinya!

 

Mr. Jun : Good morning. Sit down please.

Kenny : Good morning. Thank you, Sir.

Mr. Jun : I’m talking to Kenny Wijaya, right?

Kenny : Yes, I am.

Mr. Jun : How can I suppose to call you?

Kenny : Ken, please.

Mr. Jun : Ok Ken, let me introduce myself. My name is Jun and I’m the HRD manager of this company. 

Kenny : Nice to meet you, Sir.

Mr. Jun : First, how would you know the information about the job vacancy of this company?

Kenny : I know it from social media. Knowing it just makes me excited to apply for the vacancy.

Mr. Jun : So, what makes you interested in applying as a legal staff in this company?

Kenny : I’m interested in applying because I graduated from the Faculty of Law in Udayana University. I also have skills and some internship experiences to promote my ability.

Mr. Jun : Alright. So, could you tell me skills or experiences that you have?

Kenny : I have organized some documents from the previous company. I also researched the latest legal resource in order to make company regulation remain in accordance with legal rules.

Mr. Jun : Great. Anyway, can you tell me your strengths and weaknesses?

Kenny : Of course. My main qualification is my skill and experiences. I also have something bigger, it is my spirit and my responsibility to my job. I am also a conscientious person which can help me doing my job correctly. My only shortcoming is that I am not a sociable person, although it doesn’t mean that I refuse to socialize with others. 

Mr. Jun : Mmmm sounds interesting. About your latest job, may I know why you left that job?

Kenny : The reason why I left that job was because I didn’t see a future there. I mean I feel like I can’t develop myself and skills there. So I tried looking for another job and left that job.

Mr. Jun : Well, that’s all from me Ken. It was an amazing time to meet and talk about many things with you. I’ll consider the result of this interview and hopefully you are the person that we are looking for. Before I end this interview, do you have any questions for us? 

Kenny : Yes, Sir. Can you tell me how long it took for the company to inform me of the result of this interview?

Mr. Jun : Maybe it took 10 to 14 days. We still have some candidates to interview, so we need some time to make the right decision. We will send you an email about the result at that period. 

Kenny : Alright, thank you for the opportunity, Sir. Have a good day.

Mr. Jun : You’re welcome, Ken.

 

(Terjemahan)

Mr. Jun : Selamat pagi. Silakan duduk.

Kenny : Selamat pagi. Terima kasih pak. 

Mr. Jun : Saya berbicara dengan Kenny Wijaya, benar? 

Kenny : Ya, benar. 

Mr. Jun : Bagaimana saya bisa memanggil anda? 

Kenny : Ken saja. 

Mr. Jun : Ok Ken, perkenalkan. Nama saya Jun dan saya adalah manajer HRD di perusahaan ini. 

Kenny : Senang bertemu dengan anda, pak. 

Mr. Jun : Pertama – tama, bagaimana anda mengetahui informasi tentang lowongan pekerjaan di perusahaan ini? 

Kenny : Saya mengetahuinya dari sosial media. Mengetahuinya membuat saya tertarik untuk melamar pekerjaan ini. 

Mr. Jun : Jadi, apa yang membuat anda tertarik untuk melamar pekerjaan sebagai staf legal di perusahaan ini? 

Kenny : Saya tertarik melamar karena saya lulusan dari Fakultas Hukum Universitas Udayana. Saya juga mempunyai kemampuan dan beberapa pengalaman magang yang mendukung kemampuan saya.

Mr. Jun : Baiklah. Jadi, bisakah anda memberitahu saya kemampuan dan juga pengalaman – pengalaman yang anda miliki? 

Kenny : Saya pernah menyusun beberapa dokumen dari perusahaan sebelumnya. Saya juga melakukan riset terhadap sumber daya hukum terbaru agar regulasi perusahaan tetap sesuai aturan hukum. 

Mr. Jun : Bagus sekali. Bisa beritahu saya kelebihan dan kekurangan anda? 

Kenny : Tentu. Kualifikasi utama saya adalah kemampuan dan pengalaman saya. Saya juga memiliki sesuatu yang lebih besar, itu adalah semangat saya dan tanggung jawab saya pada pekerjaan saya. Saya juga seseorang yang teliti yang mana bisa membantu untuk mengerjakan pekerjaan saya dengan benar. Satu – satunya kekurangan saya adalah saya adalah orang yang tidak mudah bergaul, walaupun itu tidak berarti saya menolak untuk bersosialisasi dengan orang lain.

Mr. Jun : Mmmm terdengar menarik. Tentang pekerjaan terakhir anda, apakah boleh saya tahu kenapa anda meninggalkan pekerjaan tersebut? 

Kenny : Alasan kenapa saya meninggalkan pekerjaan tersebut karena saya tidak melihat masa depan di sana. Maksud saya, saya merasa saya tidak bisa mengembangkan diri dan kemampuan saya di sana. Jadi saya mencoba untuk mencari pekerjaan lain dan meninggal pekerjaan tersebut..

Mr. Jun : Baiklah, itu saja dari saya Ken. sangat mengagumkan bisa bertemu dan berbicara tentang banyak hal dengan anda. Saya akan mempertimbangkan hasil dari wawancara ini dan semoga anda adalah orang yang kami cari. Sebelum saya mengakhiri wawancara ini, apakah anda memiliki pertanyaan untuk kami?

Kenny : Ya, pak. Bisakah anda memberitahu saya berapa lama waktu yang diperlukan oleh perusahaan untuk memberitahu saya hasil dari wawancara ini? 

Mr. Jun : Mungkin akan memerlukan 10 sampai 14 hari. Kami masih mempunyai kandidat lain untuk diwawancara, jadi kami memerlukan banyak waktu untuk membuat pilihan yang tepat. Kami akan mengirimkan email tentang hasilnya pada kurun waktu tersebut.

Kenny : Baiklah, terima kasih atas kesempatanya pak. Semoga hari anda baik. 

Mr. Jun : Sama – sama Ken.

 

interview kerja bahasa inggris singkat

 

Contoh Interview Kerja untuk Fresh Graduate dalam Bahasa Inggris

Bagi seorang fresh graduate yang minim atau bahkan tidak memiliki pengalaman kerja, wawancara kerja/interview pasti menjadi salah satu hal yang mengkhawatirkan. Sekarang tak perlu khawatir lagi, karena berikut kami akan memberikan contoh dialog interview kerja untuk fresh graduate dalam Bahasa Inggris. Yuk disimak!

 

Mr. Suh : Hi, Good morning. I am talking to Rina Pramana, right?

Rina : Good morning, Sir. Yes, I am.

Mr. Suh : Have a seat please.

Rina : Thank you.

Mr. Suh : How can I call you? Rina?

Rina : Yes, sir. You can call me Rina.

Mr. Suh : Alright. How are you today Rina?

Rina : I am fine, thank you. How about you, sir?

Mr. Suh : I am doing fine. Ok, first of all let me introduce myself. I am Johnny Suh, the HRD manager here and you can call me Mr. Suh.

Rina : Nice to meet you sir.

Mr. Suh : First, where do you find our job vacancy?

Rina : I got this job vacancy from my friend sir. They sent me the vacancy from your social media.

Mr. Suh : So, what makes you apply in this company for a designer position?

Rina : It was because this company is on the people’s top mind when it comes to creative works. It also has an excellent track record. Being able to be a part of this company can help me grow along with these amazing designers.

Mr. Suh : Great! How do you describe yourself?

Rina : I am a fresh graduate with 2 years of experience as a designer on campus to help my friends in theater to design their performing clothes. Designing is my passion and I see myself as a professional in the next few years. And this company has been my dream since day 1.

Mr. Suh : Wow, that’s interesting. May I know your strengths and weaknesses?

Rina : I think my strengths are fast learners and knowing every single new trend. This strength, I believe, can significantly support me in doing my job as a designer. And my only weakness is that I find it difficult to speak in front of many people. And to improve my public speaking skills, I decided to join a training program. 

Mr. Suh : Okay. I think that’s all from me. Before I end this interview, do you have any questions?

Rina : Yes, Sir. Can you tell me how long it took for the company to inform me of the result of this interview?

Mr. Suh : Maybe it took 5 to 7 days. We will send you an email about the result at that period.

Rina : Alright, thank you, Sir. 

Mr. Suh : You’re welcome.

 

(Terjemahan)

Mr. Suh : Hai, selamat pagi. Benar saya berbicara dengan Rina Pramana?

Rina : Selamat pagi pak. Iya benar.

Mr. Suh : Silakan duduk. 

Rina : Terima kasih.

Mr. Suh : Bagaimana saya bisa memanggil kamu? Rina?

Rina : Iya pak. Bapak bisa memanggil saya Rina. 

Mr. Suh : Baiklah. Bagaimana kabar kamu hari ini Rina?

Rina : Saya baik pak, terima kasih. Bagaimana dengan bapak? 

Mr. Suh : Saya juga baik. Oke, pertama -tama izinkan saya memperkenalkan diri saya. Saya Johnny Suh, manajer HRD di sini dan kamu bisa memanggil saya Pak Suh.

Rina : Senang bertemu dengan anda pak. 

Mr. Suh : Pertama, dimana kamu menemukan lowongan pekerjaan ini? 

Rina : Saya mendapatkan lamaran pekerjaan ini dari teman saya pak. Mereka mengirimi saya lowongan ini dari media sosial. 

Mr. Suh : Jadi, apa yang membuat kamu melamar di perusahaan ini untuk posisi desainer? 

Rina : Itu karena perusahaan ini ada di daftar teratas orang – orang ketika itu menyangkut ranah kreativitas. Track record perusahaan ini juga bagus. Menjadi bagian dari perusahaan ini bisa membantu saya berkembang bersama para desainer hebat lainnya.

Mr. Suh : Bagus! Bagaimana kamu mendeskripsikan diri kamu sendiri? 

Rina : Saya seorang fresh graduate dengan pengalaman 2 tahun sebagai desainer di kampus untuk membantu teman – teman saya di teater untuk mendesain pakaian manggung mereka. Mendesain adalah kegemaran saya dan saya melihat diri saya sebagai seorang profesional di beberapa tahun mendatang. Dan perusahaan ini sudah menjadi impian saya dari hari pertama.

Mr. Suh : Wow, menarik. Bolehkah saya tahu kelebihan dan kekurangan kamu? 

Rina : Saya rasa kelebihan saya adalah cepat belajar dan selalu tahu semua tren terbaru. Kelebihan ini, saya percaya, bisa mendukung saya secara signifikan dalam melakukan pekerjaan saya sebagai seorang desainer. Dan satu – satunya kekurangan saya saya adalah saya susah berbicara di depan banyak orang. Dan untuk meningkatkan kemampuan public speaking saya, saya memutuskan untuk mengikuti sebuah program training.

Mr. Suh : Oke. Saya rasa itu saja dari saya. Sebelum saya mengakhiri interview ini, apakah kamu memiliki pertanyaan? 

Rina : Ya pak. Bisakah anda memberitahu saya berapa lama waktu yang dibutuhkan perusahaan untuk memberitahu saya hasil dari interview ini? 

Mr. Suh : Sepertinya membutuhkan 5 sampai 7 hari. Kami akan mengirimkan email kepada kamu hasil interview ini pada periode tersebut.

Rina : Baiklah, terima kasih pak. 

Mr. Suh : Sama – sama.

 

Nah itu dia tadi beberapa contoh dialog wawancara kerja / interview dalam bahasa Inggris. Jadi kurang lebih seperti itulah situasi yang kira-kira terjadi pada suatu tes wawancara kerja / interview dalam Bahasa Inggris. Namun, ada baiknya jika kalian sudah mempersiapkan Bahasa Inggris kalian dengan baik ya.

 

Tes Bahasa Inggris Online Gratis

 

Jika kalian berminat untuk belajar Bahasa Inggris, yuk gabung segera dengan English Café Bali. English Café Bali adalah tempat kursus Bahasa Inggris di Bali yang beralamat di Jalan Gunung Soputan 1 No.16A Denpasar atau kalian bisa menghubungi kami di nomor (0361) 481910.

Gede Murta

Gede Murta

Orang biasa yang berharap dapat membuat dan berbagi hal yang luar biasa. Berbagi ilmu terkait belajar bahasa inggris seperti program IELTS dan TOEFL Preparation, General English, ESP atau English for Specific Purposes di lembaga training bahasa inggris, English Cafe Bali. Belajar bisa lebih efektif jika kita mulai dengan hal yang kita suka dan tidak melupakan sisi Fun nya. Suka nonton dan belajar dari film dan video dokumenter youtube di waktu luang seperti tentang pendidikan, sosial, dan lingkungan.

16 thoughts on “CONTOH DIALOG TES WAWANCARA KERJA/INTERVIEW BAHASA INGGRIS”

Leave a Comment

Jangan ragu! Mulai perjalananmu menuju kemahiran bahasa inggris yang lebih baik

Yuk daftar kursus bahasa inggris sekarang bersama English Cafe dan dapatkan DISKON PROMO SEPTEMBER CERIA SEBESAR Rp. 300.000 di semua program kursus untuk 15 pendaftar pertama.