fbpx

Kalimat Bahasa Inggris Yang Digunakan Oleh Waitress

Okta Pratiwi

Kalimat Bahasa Inggris Yang Digunakan Oleh Waitress

Untuk kamu yang sedang atau akan bekerja di bidang food and beverage services, khususnya sebagai pelayan atau waitress, mengetahui dan menguasai bahasa Inggris untuk waitress sangatlah diperlukan. Hal itu karena saat orang – orang datang ke restoran atau cafe, waitress lah orang yang akan membantu melayani mereka. Waitress memiliki peran yang amat penting bagi sebuah restoran ataupun cafe. Mereka yang akan menerima dan menyambut pengunjung, menanyakan dan mencatat pesanan, mengantarkan pesanan, bahkan sampai mengantar kepergian pengunjung.

Oleh karena itu, penguasaan bahasa Inggris yang baik untuk para waitress amat sangat diperlukan. Di artikel kali ini English Cafe Bali akan membantu kamu, khususnya yang sedang bekerja dan akan melamar sebagai waitress, dengan membahas berbagai hal yang berkaitan dengan bahasa Inggris untuk waitress. Mulai dari bahasa Inggris yang digunakan untuk menyambut pengunjung hingga mengantarkan kepergian pengunjung.

Adapun beberapa hal yang akan kami bahas pada artikel kali ini diantaranya:

  1. Apa saja yang dilakukan oleh waitress?
  2. Cara waitress menyambut pelanggan
  3. Bagaimana cara waitress menanyakan pesanan?
  4. Bahasa Inggris yang digunakan waitress untuk menyajikan pesanan
  5. Cara waitress saat mengantar kepergian pelanggan
  6. Meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu dan jadi waitress yang baik bersama English Cafe Bali

Ayo tingkatkan kemampuan bahasa Inggrismu menjadi lebih baik dengan berkonsultasi dan bergabung bersama kami, disini!

Apa saja yang dilakukan oleh waitress?

bahasa inggris untuk waitress

Ada beberapa hal atau tugas yang menjadi tanggung jawab waitress dan harus dikuasai oleh waitress. Tidak hanya melayani pelanggan perihal makanan dan minuman saja, tapi juga memastikan kenyamanan para pelanggan. Berikut beberapa hal atau tugas para waitress tersebut.

Melakukan Persiapan Sebelum Bekerja

Melakukan persiapan merupakan tugas waitress juga, oleh karena itu biasanya waitress sudah mulai bekerja sejak sebelum restoran/cafe dibuka. Persiapannya itu meliputi menata penampilan diri sendiri dengan rapi, menata meja dan juga area dine-in, menyiapkan dan melengkapi alat pendukung operasional seperti tisu dan juga tusuk gigi, stand by pada posisi yang tepat supaya bisa menjangkau sudut pandang semua meja.

Melayani Pelanggan

Nah kalau ini merupakan tugas utama seorang waitress, yaitu melayani pelanggan. Dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan, waitress wajib mengikuti peraturan pelayanan yang ada di restoran/cafe. Kamu yang bekerja sebagai waitress harus memahami benar peraturan pelayanan yang ada, agar kamu bisa meminimalisir melakukan kesalahan yang mungkin kamu lakukan.
Pelayanan di sini bukan hanya mengambil dan juga menyajikan makanan pesanan pelanggan, tetapi juga mengucapkan salam kepada pelanggan yang baru datang dan setelah itu menanyakan meja mana yang dipilih pelanggan, lalu mengantarkan pelanggan ke meja pilihan mereka tersebut.

Merekomendasikan Menu

Sebagai seorang waitress, tentunya kamu harus menghafal menu-menu yang tersedia di restoran/cafe di tempat kalian bekerja. Hal ini untuk memudahkan kamu jika ada pelanggan yang ingin direkomendasikan menu ataupun ingin mengetahui menu andalan yang ada. Jadi kamu sebagai waitress tidak kebingungan saat harus menjelaskan.

Menangani Pesanan

Ini juga adalah salah satu tugas utama seorang waitress. Waitress harus siap mencatat pesanan pelanggan dan wajib memastikan ketepatan pesanan pelanggan. Mulai dari memastikan permintaan – permintaan khusus pelanggan dan memastikan bahwa tidak ada kekeliruan dalam pesanan pelanggan.

Stand-by Dan Memperhatikan Pelanggan

Setelah pesanan pelanggan disajikan, bukan berarti tugas waitress sudah selesai ya. Waitress harus tetap stand-by dan memperhatikan pelanggan. Karena terkadang pelanggan masih membutuhkan hal lain, seperti alat makan tambahan, meminta isi ulang air minum, menambah pesanan lain, dan lain sebagainya.

Membersihkan Area

Membersihkan area; yang mencakup meja makan, kursi, area dine in, wastafel, dan lainnya; juga merupakan kewajiban seorang waitress. Karena kebersihan harus selalu dijaga dan ketika pelanggan meninggalkan restoran/cafe harus segera membersihkan area yang tadinya ditempati pelanggan dan kembali membuatnya bersih untuk pelanggan selanjutnya.

Menangani Komplain Pelanggan

Orang pertama yang menangani pelanggan ketika mereka komplain adalah waitress. Oleh karena itu, mengetahui dengan baik dan benar bagaimana menangani pelanggan yang komplain, sangat diperlukan oleh waitress. Kecerobohan dalam menangani komplain pelanggan bisa berakibat fatal, jadi diperlukan komunikasi dan koordinasi yang baik untuk menanganinya.

Baca juga: Contoh Dialog Bahasa Inggris Di Restoran

Cara Waitress Menyambut Pelanggan

Mengucapkan selamat datang adalah hal pertama yang dikatakan oleh waitress ketika ada pelanggan yang datang. Kemudian, beberapa restoran atau cafe, biasanya waitress akan menanyakan pada pelanggan yang datang apakah sudah memesan/reservasi tempat atau belum.

kursus bahasa inggris untuk waitress

Berikut beberapa contoh kalimat Bahasa Inggris yang sering digunakan oleh waitress saat menyambut pelanggan.

  • Good afternoon, sir and ma’am. Welcome to our restaurant/cafe. (Selamat siang ibu dan bapak. Selamat datang di restoran/cafe kami.)
  • What can I do for you? (Apa yang bisa saya bantu?)
  • Can I help you? (Ada yang bisa saya bantu?)
  • Can I take your coat? (Bisa saya bawa jaket/mantel anda?)
  • A table for two? Inside or outside? (Meja untuk dua orang? Ingin di dalam atau di luar?)
  • Do you have a reservation? (Apakah anda sudah memesan tempat?)
  • Have you booked a table? (Apakah anda sudah memesan meja?)
  • If you want to wait, there’ll be a free table for you in a minute. (Jika anda mau menunggu, akan ada meja kosong beberapa menit lagi.)
  • May I show you your table? (Bisa saya antarkan ke meja anda?)
  • Would you follow me to the table, please? (Bisa tolong ikut saya ke meja?)
  • May I show you to a table? (Bisa saya antar ke meja?)
  • Let me take you to the table, Sir/Ma’am? (Biar saya antar ke meja anda, Pak/Bu?)

Baca juga: Contoh Percakapan Di Bar Dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya

Bagaimana cara waitress menanyakan pesanan?

Setelah menyambut/mengucapkan selamat datang dan memastikan para pelanggan yang baru datang sudah duduk di meja, hal selanjutnya yang dilakukan waitress adalah memberikan buku menu dan menanyakan apa pesanan mereka. Berikut beberapa contoh kalimat bahasa Inggris yang digunakan waitress untuk menanyakan pesanan para pelanggan.

  • Hi, I am …. (your name). I’ll be your server tonight. (Hi, saya …. (nama kamu). Saya akan membantu untuk melayani yang anda butuhkan.)
  • Here is the menu, Sir/Ma’am. You can call me once you decide what you’d like to eat. (Ini menunya, Pak/Ibu. Anda bisa memanggil saya begitu sudah memutuskan apa yang anda akan pesan.)
  • Can I take your order? (Bisa saya catat pesanannya?)
  • Are you ready to order food, Sir/Ma’am? (Apa anda sudah siap memesan makanan, Pak/Bu?)
  • I would recommend the chicken steak for you. It’s our signature dish. (Saya merekomendasikan steak ayam untuk anda. Itu adalah menu andalan kami.)
  • How would you like your steak? Is it rare, medium, or well done? (Bagaimana anda ingin steak anda? Apakah setengah matang, medium, atau matang sempurna?)
  • What would you like to drink? (Apa yang ingin anda minum?)
  • Anything to drink? (Ingin minum apa?)
  • I am sorry, we are out of that food. You may order another one. (Mohon maaf, tetapi makanan tersebut sudah habis. Anda bisa memesan makanan lainnya.)
  • Is that all? Would you like to have anything else? (itu saja? Apakah ada pesanan lainnya?)
  • Alright Sir/Ma’am, please wait for a few minutes. (Baik Pak/Bu, silakan tunggu beberapa menit.)
  • I will be back soon, Sir/Ma’am. It’ll take about 20 minutes. (Saya akan segera kembali, Pak/Bu. Makanan anda akan siap dalam 20 menit.)

Baca juga: Belajar Kosakata Bahasa Inggris Di Bidang Restaurant Beserta Artinya

Bahasa Inggris yang digunakan waitress untuk menyajikan pesanan

Setelah memastikan pesanan pelanggan siap, hal selanjutnya yang perlu dilakukan oleh waitress adalah menyajikan pesanan tersebut. Selain itu terkadang pelanggan juga meminta tambahan lainnya kepada waitress, seperti sendok, piring, ataupun mangkok tambahan. Mari simak beberapa contoh kalimat bahasa Inggris untuk waitress berikut ini.

  • Here is the food that you ordered, Sir/Ma’am. (Ini makanan yang anda pesan, Pak/Bu.)
  • Here is your drink, Sir/Ma’am. (Ini minuman anda, Pak/Bu.)
  • Here are your orders. Do you need anything else, Sir/Ma’am? (Ini pesanan anda. Apakah anda memerlukan hal lain, Pak/Bu?)
  • I’ll get the new spoon for you. (Saya akan mengambilkan sendok baru untuk anda.)
  • I’ll get you an additional plate. (Saya akan membawakan piring tambahan untuk anda.)
  • Please enjoy the food, Sir/Ma’am. (Silakan nikmati makanannya, Pak/Bu.)
  • Here is the coffee that you ordered. I hope you enjoy it. (Ini kopi yang anda pesan. Saya harap anda menyukainya.)

bahasa inggris waitress

Simak juga: (Video) Contoh Percakapan Bahasa Inggris Di Restoran

Cara waitress saat mengantar kepergian pelanggan

Saat para pelanggan sudah selesai memakan dan meminum pesanannya, hal selanjutnya yang dilakukan adalah melakukan pembayaran. Meski ada beberapa tempat yang juga mengharuskan untuk melakukan pembayaran sebelum pesanannya diantar. Dan hal terakhir yang dilakukan oleh waitress adalah mengantarkan kepergian para pelanggan. Kalimat bahasa Inggris untuk waitress berikut ini adalah beberapa contoh kalimat yang digunakan oleh waitress untuk mengantarkan kepergian pelanggan.

  • Here is the bill, Sir/Ma’am. You can pay it in the cashier. (Ini tagihannya, Pak/Bu. Anda bisa membayarnya di kasir.)
  • Yes, you can pay with the credit card. (Ya, anda bisa membayar menggunakan kartu kredit.)
  • Did you enjoy your meal? (Apakah anda menikmati makanan anda?)
  • Thank you for your visit, Sir/Ma’am. (Terima kasih untuk kunjungannya, Pak/Bu.)
  • I hope you enjoyed our meal. We’ll wait for your next visit. (Saya harap anda menikmati makanan kami. Kami menunggu kedatangan anda berikutnya.)

Baca juga: Kursus Bahasa Inggris Untuk Pelayan (ESP for Waiter/Waitress)

Meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu dan jadi waitress yang baik bersama English Cafe Bali

Bagi kamu yang akan bekerja dan sudah bekerja di bidang food and beverage services khususnya sebagai waitress, dan merasa kemampuan bahasa Inggrismu kurang, mengikuti kursus English for Specific Purposes (ESP) dapat sangat bermanfaat lho. Kelas English for Specific Purposes (ESP) biasanya akan dibimbing oleh pengajar berpengalaman yang dapat memberikan panduan, umpan balik secara langsung, dan strategi yang berguna.

English Café Bali adalah lembaga kursus bahasa Inggris professional bernuansa café yang nyaman dan mengedepankan proses belajar mengajar yang relax, fun, dan creative. Tersedia berbagai pilihan program kursus yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu seperti: General English (bahasa Inggris umum), English for Specific Purpose (bahasa Inggris bidang pekerjaan tertentu), serta IELTS dan TOEFL preparation.

Guru-guru yang profesional dan sudah tersertifikasi siap membantu membimbingmu. Jadwal kursus yang fleksibel dapat memudahkanmu dalam mengatur waktu kursus dan bisa disesuaikan dengan kesibukanmu. Kamu juga berkesempatan untuk mengikuti TES BAHASA INGGRIS GRATIS!

Promo English Cafe Bali

Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun dalam memberikan pelayanan terbaik kepada para peserta kursus, English Cafe Bali mampu mendapatkan kepercayaan masyarakat Bali yang dibuktikan dengan skor 4,8* untuk tingkat kepuasan klien.

Hubungi kami segera di WhatsApp, telepon 0361481910, atau email ke [email protected] untuk ambil kelas Bahasa Inggrismu dan dapatkan promo menarik tiap bulannya. GARANSI 100% UANG KEMBALI jika kamu tidak puas dengan kualitas pengajar, sistem pembelajaran dan pelayanan English Cafe Bali. NO HURT FEELING GUARANTEED.

WE WILL GET YOU ADDICTED TO ENGLISH!

Okta Pratiwi

Okta Pratiwi

Si introvert penyuka warna lilac di usia pertengahan antara 20 dan 30 tahun yang memiliki keinginan dan antusiasme yang besar. Selalu berusaha membagi ilmu yang dimiliki dengan sebaiknya. Menulis dan membaca menjadi hal yang paling disukai untuk dilakukan. Diam, perhatikan, pelajari, dan lakukan.

Leave a Comment

Jangan ragu! Mulai perjalananmu menuju kemahiran bahasa inggris yang lebih baik

Yuk daftar kursus bahasa inggris sekarang bersama English Cafe dan dapatkan DISKON PROMO SPECIAL VALENTINE SEBESAR Rp. 300.000 di semua program kursus.