fbpx

Contoh Soal Simple Present Tense beserta Pembahasannya

Gede Murta

Hello peeps. Bicara soal tenses memang tidak ada habisnya. Tenses terkadang membuat kita bingung terutama pada penggunaaan dan struktur kalimatnya.

Tetapi jika kita melihat contoh soal simple present tense beserta pembahasannya, menggunakannya langsung dalam percakapan sehari-hari, dilatih terus menerus, kalian akan dengan mudah memahami dan menggunakan tenses tersebut.

Bagi siswa, mahasiswa, dan masyarakat umum, tenses cukup melekat terutama ketika tes bahasa Inggris dengan berbagai tujuannya.

Supaya lebih pasti dan meyakinkan, berikut kami akan membahas beberapa contoh soal simple present tense beserta pembahasannya yang diharapkan dapat membantu pemahamanmu.

Soal-soal dan pembahasannya

1. Children always …….. their parents.                                                                                                                                

a. are loving

b. is loving

c. love

d. loves

Jawaban: c

Penjelasan: Children always love their parents memiliki arti “Anak-anak selalu menyanyangi orangtua mereka”. Mengapa jawabannya ‘love’?

Karena untuk dapat menentukan kata kerja yang tepat, ditentukan oleh subjeknya. Pada kalimat tersebut subjeknya adalah Children.

Dimana dalam kalimat simple present tense, jika subjek dimulai oleh I, You, They, We,  maka akan diikuti oleh verb (kata kerja) dasar, dalam artian tidak diikuti oleh imbuhan apapun.

Children dimasukkan ke dalam kategori “They” karena Children merupakan kata benda berbentuk plural (lebih dari satu orang), maka dari itu diikuti oleh kata kerja “love”.

2. The man always……… the truth.

a. tells

b. is telling

c. telling

d. are telling

Jawaban: a

Penjelasan: The man always tells the truth. Memiliki arti “Pria itu selalu mengatakan yang sebenarnya”. Mengapa jawabannya ‘tells’?

Sama seperti penjelasan di atas. Namun pada kalimat ini. Subjek dari kalimat ini adalah ‘The man’. Jika subjek dimulai oleh She, He dan It maka kata kerja (verb) ditambahkan akhiran es/s. The man merupakan kata benda berbentuk singular yang berarti “he” dimana ‘he’ merupakan subjek ketiga tunggal yang mengharuskan kata kerja ditambahkan es/s. Maka kata kerja menjadi ‘tells’.

3. The students usually……… fifteen minutes before the class starts.

a. to come

b. come

c. come

d. are coming

Jawaban: c

Penjelasan: The students usually come fifteen minutes before the class starts. Memiliki arti “Siswa biasanya datang lima belas menit sebelum kelas mulai”.

The students merupakan kata benda jamak/plural yang memiliki peran sebagai subjek yang diikuti oleh kata kerja (verb) dasar.

The students dimasukkan ke dalam kategori “They” karena the students merupakan kata benda berbentuk plural (lebih dari satu orang), maka dari itu diikuti oleh kata kerja “come”.

Tes Bahasa Inggris Online Gratis

4. Everybody…….. work hard everyday.

a. doesn’t

b. isn’t

c. don’t

d. aren’t

Jawaban: a

Penjelasan: Everybody doesn’t work hard everyday. Memiliki arti “Setiap orang tidak bekerja keras setiap hari”. Everybody merupakan subjek dimana membutuhkan kata kerja yang ditambakan dengan akhiran s/es.

Every berarti ‘setiap’ dan termasuk ke kategori singular. Jika noun sebagai subjek bersifat singular maka kata kerja diikuti akhiran es/s.

Namun sekarang tergantung kembali pada jenis kalimatnya. Jika jenis kalimatnya merupakan kalimat negatif, maka pada kalimat ditambahkan kalimat does not (doesn’t) yang memiliki arti ‘tidak’.

Does disini berfungsi sebagai kata kerja bantu yang disebut dengan auxiliary verb, yang berarti tidak.

Kata kerja utamanya adalah “work” Jadi kalimat di atas memiliki arti “Setiap orang tidak bekerja keras setiap hari”.

5. ……… to Temple every time?

a. Does you go

b. Do you go

c. Are you go

d. Have you go

Jawaban: b

Penjelasan: Do you go to Temple every time? Kalimat ini memiliki arti “Apakah kamu pergi ke Pura setiap saat?”

Untuk bentuk pertanyaan yang memiliki subjek I, You, They, We menggunakan bentuk pertanyaan “Do” sedangan subjek She, He, It menggunakan bentuk pertanyaan “Does” maka dari itu kalimat di atas tidak menggunakan pertanyaan ‘Does you’ karena does untuk subjek She, He, It.

Jika dirubah akan menjadi ‘Does she go to Temple every time?’

6.   He doesn’t ………. that Mr. Buhima is our maths teacher.                                                                                                 

a. know

b. knows

c. knew

d. known

Jawaban: a

Penjelasan: Dia doesn’t know that Mr. Buhima is our maths teacher. Kalimat ini memiliki arti “Mereka tidak tahu bahwa Mr. Buhima adalah guru Matematika kita”. Mengapa jawabannya adalah ‘know’.

Jawaban c sudah tidak mungkin karena knew merupakan kata kerja untuk ‘past tense’ dan jawaban d. known untuk present perfect tense yang didahului oleh have/has dan bukan b. knows karena untuk kalimat negatif dan pertanyaan, setelah does/doesn’t, do/don’t kembali diikuti oleh kata kerja dasar. Akhiran es/s hanya untuk kalimat positif.

7. Rini and her sister always….. English conversation at home.   

a. are practicing

b. practiced

c. practice

d. practices

Jawaban: c

Penjelasan: Rini and her sister always practice English conversation at home. Kalimat ini memiliki arti “Rini dan adiknya selalu mempraktekkan percakapan bahasa Inggris di rumah”.

Jawaban c merupakan jawaban yang paling tepat karena merupakan kata benda yang bersifat subjek berbentuk jamak, yaitu “Rini and her friend” jadi harus diikuti oleh kata kerja dasar.

8. How often …… coffee?

a. mother drinks

b. mother does drink

c. did mother drink

d. does mother drink?

Jawaban: d

Penjelasan: How often does mother drink coffee? Kalimat ini memiliki arti “Seberapa sering Ibu minum kopi?” Pada jenis kalimat pertanyaan, selalu diawali “does” atau “do” dan diikuti oleh subjek.

Tidak bisa kita mengatakan, “How often mother does drink coffee?” Kalimat tanya ini kurang tepat. Sama seperti contoh kalimat tanya ini, yang tepat “What are you doing?” bukan “What you are doing?”.

9. It …… a lot of money to buy that car.

a. cost

b. costed 

c. costs

d. costes                                                                 

Jawaban: c

Penjelasan: It costs a lot of money to buy that car. Kalimat ini memiliki arti “Membutuhkan uang yang banyak untuk membeli mobil itu”.

Sama seperti penjelasan di atas. Subjek dari kalimat ini adalah ‘It’. Jika subjek dimulai oleh She, He dan It maka kata kerja (verb) ditambahkan akhiran es/s. Maka kata kerjanya menjadi ‘costs’.

10. My brother and my sister ………….. to work early in the morning.

a. drive

b. drives

c. driving

d. are driving

Jawaban: a

Penjelasan: My brother and my sister drive to work early in the morning. Kalimat ini memiliki arti “Saudara laki-laki dan perempuan saya pergi bekerja awal di pagi hari”.

Jawaban a merupakan jawaban yang paling tepat karena merupakan kata benda yang bersifat subjek berbentuk jamak, yaitu “My brother and my sister” jadi diikuti oleh kata kerja dasar.

Jadi dapat disimpulkan bahwa jenis kalimat present tense merupakan kalimat yang digunakan untuk membicarakan tentang kebiasaan kita sehari-hari yang terus berulang dan menjadi suatu kebiasaan.

Struktur kalimat present tense tidak pernah menggunakan ‘to be’ karena ‘to be’ digunakan untuk jenis kalimat present continuous tense yang berarti digunakan untuk kejadian/aktifitas yang sedang berlangsung.

Bagaimana guys, semoga Contoh soal simple present tense beserta pembahasannya diatas dapat membantumu menjadi lebih baik lagi dalam memahami bahasa inggris.

Jika ingin mengetahui kemampuan dasar bahasa Inggris dan mengetahui level bahasa Inggrismu, silahkan coba 2 minutes test di website ini.

Dengan mengikuti 2 minutes test tersebut, kalian akan mengetahui kebutuhan bahasa Inggris yang ingin diambil.

Gabung bersama kami dan rasakan pengalaman belajar bahasa Inggris dengan teknik dan metode yang seru dan djamin tidak membosankan.

Penasaran? Datang ke Jalan Gunung Soputan 1 16 A Denpasar atau kalian bisa menghubungi kami di 0361 481910 atau melalui WhatsApp kami di 0821 4545 8411.

8 thoughts on “Contoh Soal Simple Present Tense beserta Pembahasannya”

Leave a Comment