fbpx

Contoh Percakapan Bahasa Inggris Menggunakan WH Questions

Gede Murta

Untuk menghindari boringnya suatu percakapan, penggunaan kalimat tanya untuk memperpanjang suatu percakapan juga diperlukan. Contoh percakapan bahasa inggris menggunakan wh questions sudah banyak tersedia di internet. Namun, dalam pembahasan di artikel ini akan lebih difokuskan pada penggunaan yang mudah dipahami dan terkait kehidupan sehari-hari. Dalam Bahasa Inggris, kita mengenal istilah “wh questions”. Nah guys, apakah ada yang bisa menyebutkan salah satunya? Wh questions diantaranya terdiri dari what, when, where, how, dan lain sebagainya.

Contoh Percakapan Bahasa Inggris Menggunakan WH Questions

Ketika melakukan percakapan bahasa Inggris menggunakan wh questions, ada baiknya untuk memahami strukturnya terlebih dahulu. Pada umumnya, kita meletakkan kalimat tanya diawal suatu kalimat. Kalimat tanya yang digunakan haruslah disesuaikan dengan fungsinya apakah kita akan menanyakan suatu tempat, kondisi, atau menanyakan suatu informasi. Mengenai penggunaan kata tanya masing-masing pada suatu kalimat, kalian bisa membacanya pada artikel English Café terdahulu yang berjudul “9 Kata Tanya Bahasa Inggris”. Kali ini kami akan memberikan contoh penerapan kata-kata tanya tersebut pada sebuah percakapan. Nah, agar kalian tidak bertanya-tanya atau bingung, yuk simak contoh percakapan Bahasa Inggris menggunakan wh questions dibawah ini guys.

Sandy : Hi, how do you do? (Hai, salam kenal).

Ben : Hi, how do you do? (Hai, salam kenal).

Sandy : May I sit here with you? (Bolehkah saya duduk disini denganmu?).

Ben : Yes, sure. Please have a sit. (Ya, tentu. Silahkan duduk).

Sandy : We are in the same class but we have not known each other yet. So, what is your name? (Kita berada di kelas yang sama tetapi kita belum tahu satu sama lain. Jadi, siapa namamu?).

Ben : Yeah you are right. My name is Ben Johnson. What is your name? (Ya kamu benar. Namaku Ben Johnson. Siapa namamu?).

Sandy : My name is Sandy Ardian. What can I call you? (Nama saya Sandy Ardian. Siapa nama panggilanmu?).

Ben : You can call me Ben. What about you? (Kamu bisa memanggilku Ben. Bagaimana denganmu?).

Sandy : Just call me Sandy. Where are you from Ben? (Panggil saja Sandy. Darimana asalmu Ben?).

Ben : I am from Texas, America. I live in Canggu. And where are you from? (Saya dari Texas, Amerika. Saya tinggal di Canggu. Darimana asalmu?).

Sandy : I am from Jakarta and I live in Denpasar with my family. I think there are a lot of beautiful beaches around Canggu. (Saya dari Jakarta dan tinggal di Denpasar dengan keluarga saya. Saya rasa ada banyak pantai-pantai indah di sekitaran Canggu).

Ben : Yes, there are and I like going to beach. (Ya, memang dan saya suka pergi ke pantai).

[fusion_button link=”https://www.englishcafe.co.id/kursus-online-gratis-english-cafe/” text_transform=”” title=”” target=”_self” link_attributes=”” alignment=”center” modal=”” hide_on_mobile=”small-visibility,medium-visibility,large-visibility” class=”” id=”” color=”custom” button_gradient_top_color=”#ffeb3b” button_gradient_bottom_color=”#ffeb3b” button_gradient_top_color_hover=”” button_gradient_bottom_color_hover=”” accent_color=”#000000″ accent_hover_color=”” type=”” bevel_color=”” border_width=”” border_radius=”” border_color=”” border_hover_color=”” size=”” stretch=”no” icon=”” icon_position=”left” icon_divider=”no” animation_type=”” animation_direction=”left” animation_speed=”0.3″ animation_offset=””]COBA GRATIS[/fusion_button]

Sandy : Really? When do you usually go to beach? (Benarkah? Kapan biasanya kamu pergi ke pantai).

Ben : I usually go to beach every evening, Sandy. (Saya biasanya pergi ke pantai setiap sore Sandy).

Sandy : Whom do you like to go with? (Dengan siapa kamu suka pergi ke pantai?).

Ben : I like to go with my friends.  (Saya suka ke pantai dengan teman-teman)

Sandy : Oh, I see. Which beaches do you prefer to go to, Ben? (Oh, begitu. Pantai mana yang kamu lebih pilih untuk datangi, Ben?).

Ben : Batu Bolong beach is my favorite, Sandy. (Pantai Batu Bolong adalah favoritku, Sandy).

Sandy : Why do you like to go there? Is there anything special? (Mengapa kamu suka pergi kesana? Apakah ada sesuatu yang spesial disana?).

Ben : Yeah. Because it is not too far from my house and also I like the calm waves so I can swim safely. (Ya. Karena itu tidak terlalu jauh dari rumahku dan juga saya suka ombaknya yang tenang jadi saya bisa berenang dengan aman).

Sandy : Oh, that’s nice. How far is it? (Oh, itu bagus. Seberapa jauhkah pantai itu?).

Ben : Only 200 meters from my house. Anyway, do you have free time this Sunday? Let’s go to Batu Bolong beach togerher Sandy. (Hanya 200 meter dari rumahku. Ngomong-ngomong, apakah kamu memiliki waktu luang Minggu ini? Ayo kita ke pantai Batu Bolong bersama-sama Sandy).

Sandy : Yeah I’m free Ben. It will be fun. (Ya saya tidak sibuk Ben. Itu akan menyenangkan).

Ben : Alright Sandy. (Baik Sandy).

Baca juga:

Nah itu dia guys penggunaan wh questions pada suatu percakapan. Kalian bisa memperpanjang suatu percakapan atau ingin menanyakan suatu hal dengan menggunakan wh questions. Semoga contoh percakapan Bahasa Inggris menggunakan wh questions diatas bisa membantu menambah wawasan kalian ya. 

Ngomong-ngomong, adakah yang masih sering mengalami kesulitan dalam bahasa Inggris?

Wajar saja karena banyak sebab. Yang pertama adalah karena kamu kurang terbiasa dengan bahasa inggris. Smartphone kamu saja masih berbahasa Indonesia. Sebab yang keduanya itu karena kamu adalah tipe gerak. Kamu tipe yang harus belajar dan dijelaskan langsung oleh guru secara fun dan sekaligus langsung praktik. Dan sebab yang terakhir adalah kamu takut mencoba ikut kursus bahasa inggris.

Kamu tidak salah. Banyak orang juga takut kursus bahasa inggris. Takut harganya mahal dan tidak sesuai hasil. Ataupun juga takut membuat kesalahan saat belajar di tempat kursus yang ramai dan guru yang galak. Takut jadwal dan waktu luangmu yang tidak sesuai dan tidak cukup. Yang terakhir adalah kamu takut bosan dengan pembelajarannya. 

Solusinya untuk bisa bahasa Inggris  adalah dibawah ini 

  1. Pertama kamu ganti bahasa smartphone kamu menjadi English. 
  2. Kedua, ikut kursus bahasa inggris yang jadwalnya fleksibel tanpa takut hangus. 
  3. Ketiga pilih sistem private atau kelas kecil biar lebih bebas. 
  4. Keempat pilih kursus bahasa inggris online zoom yang langsung face to face dengan gurunya. 
  5. Cari kursus bahasa Inggris yang BERANI Memberi JAMINAN UANG KEMBALI. Di English Cafe kami jamin 100% UANG KEMBALI. Jika kamu tidak sreg dengan kualitas tutor dan module kami.

 

[fusion_button link=”https://www.englishcafe.co.id/kursus-online-gratis-english-cafe/” text_transform=”” title=”” target=”_self” link_attributes=”” alignment=”center” modal=”” hide_on_mobile=”small-visibility,medium-visibility,large-visibility” class=”” id=”” color=”custom” button_gradient_top_color=”#ffeb3b” button_gradient_bottom_color=”#ffeb3b” button_gradient_top_color_hover=”” button_gradient_bottom_color_hover=”” accent_color=”#000000″ accent_hover_color=”” type=”” bevel_color=”” border_width=”” border_radius=”” border_color=”” border_hover_color=”” size=”” stretch=”no” icon=”” icon_position=”left” icon_divider=”no” animation_type=”” animation_direction=”left” animation_speed=”0.3″ animation_offset=””]COBA SEKARANG[/fusion_button]

 

Di English Cafe, kami adalah professional di bidang Bahasa Inggris. Semua program Bahasa Inggris seperti IELTS/TOEFL, General English dan program special untuk karyawan, hospitality dan medical semua tersedia. Program kita juga bisa di custom sesuai permintaan kamu lho. Semua tutor kami qualified dan terakreditasi. Ambil program kami dan kami jamin 100% UANG KEMBALI jika kamu tidak puas dengan kualitas tutor, sistem pengajaran kami dan platform kami. Yuk datang ke English Cafe di Jalan Gunung Soputan I 16 A Denpasar atau kalian bisa menghubungi kami melalui WA di nomor 082145458411. We’ll get you addicted to English!

Leave a Comment