fbpx

Contoh Soal Past Tense beserta Pembahasannya

Gede Murta

Bingung soal past tense? Butuh contoh soal past tense untuk membantumu lebih mudah memahami tentang past tense?

Bahasa Inggris memiliki beragam ungkapan yang dibedakan berdasarkan waktu dan strukturnya.

Sebelumnya English Cafe Bali sudah pernah membahas tentang contoh soal simple present tense,  present continuous tense dan present perfect tense beserta pembahasannya.

Nah, kali ini kami akan memberikan beberapa contoh soal simple past tense beserta pembahasannya.

Sebelum pada tahap pembahasan, kami ingin memberikan pengertian dari simple past tense.

Simple past tense adalah sebuah tense yang digunakan pada saat kegiatan yang terjadi di masa lampau dan sudah tidak ada lagi hubungannya dengan masa sekarang.

contoh soal simple past tense

Selain itu, tense ini juga bisa digunakan untuk menceritakan tentang rutinitas di masa lampau. Nah, berikut adalah beberapa contoh soal past tense beserta pembahasannya.  

  1. I told him I …….. something to show to his brother last week.        a. had    b. has   c. have   d. have had

Jawaban: a

Pembahasan: I told him I had something to show to his brother last week yang memiliki arti ‘Aku memberitahunya bahwa aku punya sesuatu untuk ditunjukkan pada saudaranya minggu lalu’.

Mengapa tidak (b)?

Karena ‘has’ digunakan untuk kalimat ‘simple present tense’ yang artinya memiliki dan ‘has’ hanya digunakan untuk subjek ‘She, He, dan It’.

Jawaban (c) belum tepat karena sama dengan penjelasan sebelumnya, ‘have’ digunakan untuk kalimat ‘simple present tense’ dengan menggunakan keterangan waktu, seperti: every day, every Saturday, dan lain-lain.

Sedangkan jawaban (d) belum tepat penggunaannya pada kalimat di atas, karena ‘have had’ digunakan pada kalimat ‘simple present perfect tense’ yang dimana tense ini digunakan pada saat kegiatan yang telah selesai dilakukan atau suatu kegiatan yang terjadi di masa lampau dan masih ada keterkaitan di masa sekarang.

Pada kalimat di atas menunjukkan waktu ‘last week’ yang berarti kegiatan tersebut terjadi di masa lampau dan tidak memiliki keterkaitan hingga sekarang. maka , jawaban yang paling tepat adalah (a).

2. I’m sure I ……. him two years ago.     a. am seeing     b. have seen        c. have been seeing       d. saw

Jawaban: d

Penjelasan: I am sure I saw him two years ago. Yang memiliki arti ‘Aku yakin aku melihatnya dua tahun yang lalu’.

Mengapa jawabannya bukan (a)?, jika menggunakan ‘am seeing’ pada kalimat di atas, maka keterangan waktu yang tepat adalah ‘now’ atau ‘today’, karena ‘am seeing’ memiliki makna sedang melihatnya sekarang dan bukan dua tahun yang lalu.

Jawaban (c) ‘have been seeing’ memiliki makna telah melihatnya dari dulu hingga sekarang, sedangkan pada kalimat di atas keterangan waktu menyatakan peristiwa yang terjadi dua tahun yang lalu.

Untuk membuat kalimat ‘simple past tense’ dibutuhkan kata kerja bentuk kedua.

Kata kerja yang digunakan dalam ‘simple past tense’ disebut dengan ‘irregular verb’ atau kata kerja tidak beraturan seperti, ‘went, saw, bought, dan lain-lain’ dan ‘regular verb’ atau kata kerja beraturan seperti ‘watched, wanted, cleaned, dan lain-lain’.

Maka jawaban yang paling tepat adalah (d)

  1. One day last year, John …….off his bike.     a. falls      b. fell     c. has been falling     d. is falling

Jawaban: b

Penjelasan: One day last year, John fell off his bike. Kalimat ini memiliki arti ‘Satu hari tahun lalu, John terjatuh dari sepedanya’.

Mengapa tidak (a)?

Karena ‘falls’ digunakan pada kalimat ‘simple present tense’ karena ditandai dengan penambahan ‘es/s’ pada kata ‘fall’ dan mengapa tidak (c) ‘has been falling’? ‘Has been falling’ memiliki arti ‘telah jatuh’ yang tentunya hanya bisa digunakan untuk keadaan yang baru saja terjadi bukan kejadian yang terjadi tahun lalu.

Sedangkan untuk jawaban (d), ‘is falling’ digunakan pada waktu sekarang atau saat ini yang memiliki arti ‘aku terjatuh’.

Maka jawaban yang paling tepat adalah (b).

Bentuk kedua dari ‘fall’ adalah ‘fell’.

  1.  Which sentence is correct for simple past tense?   a. Is she write a letter to him?   b. Does she writing a letter to him?    c. Did she writing a letter to him?    d. Did she write a letter to him?

Jawaban: d

Penjelasan: Did she write a letter to him?.

Jawaban (b) kurang tepat karena jenis kalimat tersebut merupakan kalimat ‘simple present tense’, namun struktur kalimat (b) kurang tepat, kalimat tanya yang tepat adalah ‘Does she write a letter to him?”.

Jawaban (a) juga kurang tepat penggunaannya karena “Is she write a letter to him?” merupakan kalimat ‘simple present continuous tense’ yang pada kalimat tersebut penggunaan kata kurang tepat pada ‘write’, kalimat yang benar adakah, ‘Is she writing a letter to him?’, artinya ‘Apakah dia sedang menulis surat untuknya?’

Sedangkan jawaban (c), dilihat dari struktur kalimat ‘simple past tense’, “Did” tidak bisa digabungkan dengan kata kerja bentung -ing atau V-ing karena bentuk V-ing hanya digunakan pada segala tense yang memiliki ‘continuous’ saja.

Maka dari itu jawaban yang paling tepat adalah (d).

  1. Yesterday, the students……… the map of Indonesia.     a. learn    b. are learning     c. learns       d. learned

Jawaban: d

Penjelasan: Yesterday, the students learned the map of Indonesia. Sama seperti penjelasan-penjelasan di atas sebelumnya.

Jawaban (a) belum tepat karena kata kerja ‘learn’ hanya digunakan pada tense ‘simple present tense’ yang memiliki subjek ‘I, You, They, We’, jawaban (b) ‘are learning’ digunakan pada tense ‘simple present continuous tense’.

Sedangkan jawaban (c) digunakan untuk jenis ‘simple present tense’ dengan subjek ‘She, He, dan It’, maka dari itu jawaban (d) adalah yang paling tepat karena untuk jenis kalimat ‘simple past tense’ kata kerja akan diubah ke dalam bentuk V2 atau dikenal dalam sebutan ‘Irrregular Verb’ dan ‘Irregular Verb’.  

  1. Tuti : Where did you go yesterday, Rani?

           Rani: I ……. to Bandung with my mother.

           Tuti : How did you go there?

           Rani: By bus.     

           a. go       b. went      c. have gone         d. am going

Jawaban: b

Penjelasan: I went to Bandung with my mother.

Mengapa jawaban (b) yang paling tepat?

Karena jika pertanyaan yang ditanyakan menggunakan ‘Where did you go yesterday?’, itu berarti jenis pertanyaan tersebut bermakna ‘Kemana kamu pergi kemarin?’, jadi untuk merespon pertanyaan tersebut dibutuhkan juga kalimat yang memberikan ekspresi yang terjadi kemarin atau lampau.

Sedangkan jawaban (a), (c) dan (d) tidak digunakan pada ‘simple past tense’.

Jawaban (a) digunakan dalam ‘simple present tense’, jawaban (c) ‘simple present perfect tense’ dan jawaban (d) digunakan untuk ‘simple present continuous tense’.

  1. X: Did Roni …… Tom and Jerry  show last night?

          Y: Yes, he did.   

          a. watched     b. watch      c. watches       d. watching

Jawaban: b

Penjelasan: Did Roni watch Tom and Jerry show last night?

Seperti kita ketahui jenis kalimat ‘simple past tense’ menggunakan kata kerja bentuk kedua ‘V2’, namun hati-hati pada penggunakan ‘V2’ karena tidak pada semua kalimat menggunakan ‘V2’, kalimat yang menggunakan ‘V2’ hanya pada kalimat positif saja, sedangkan pada kalimat negatif dan pertanyaan kembali menggunakan jenis kata kerja yang pertama ‘V1’ namun terdapat ‘did not’ pada kalimat negatif dan ‘did’ pada kalimat pertanyaan.

Seperti contoh pertanyaan di atas. “Did Roni watch Tom and Jerry show last night?, karena itu jawaban (a), (c) dan (d) kurang tepat penggunaannya pada kalimat tanya di atas.

  1. Lina : Did the boys study after class?

          Rudi : No.

          Lina : What did they do?

          Rudi : They…..football.

          a. play      b. plays      c. played       d. will play

Jawaban: c

Penjelasan: They played football. Kebalikan dari penjelasan di atas.

Karena pada soal ini merupakan jenis kalimat positif, jadi memerlukan kata kerja bentuk kedua ‘V2’. Untuk jawaban (a) kurang tepat karena kata kerja ‘play’ digunakan untuk jenis kalimat ‘simple present tense’ dengan subjek “I, You, They dan We”, sedangkan jawaban (b) sama digunakan untuk ‘simple present tense’ tetapi dengan dengan menggunakan subjek “She, He dan It”, sedangkan jawaban (d) kurang tepat penggunaannya karena ‘will play’ merupakan jenis kalimat ‘simple future tense’.

Maka jawaban yang tepat adalah (c).

  1. Budi : What did you buy last night on a big sale?

          Jojo : ……………….

          a. I buy a jacket.     b. I will buy a jacket.    c. I bought a jacket.      d. I am buying a jacket.

Jawaban: c

Penjelasan: I bought a jacket. Sama seperti penjelasan – penjelasan di atas.

Manakah diantara jawaban di atas yang memiliki tense ‘simple past tense’? Kalian pasti sudah tahu kan? Dari beberapa penjelasan di atas, tentu dengan mudah kalian bisa menjawabnya.

Satu-satunya kata kerja yang menggunakan ‘kata kerja bentuk kedua atau V2 adalah jawaban (c) jadi jawaban (c) lah yang paling tepat.  

  1. Pio : Where did you go last night?

          Jes : …………………………….

      a.  I do not go anywhere. I stay at home.

      b. I will not go anywhere. I’ll stay at home.

      c. I’m not going anywhere. I’m staying at home.

      d. I did not go anywhere. I stayed at home.

Jawaban: d

Penjelasan: I did not go anywhere. Untuk membuat kalimat negatif dalam simple past tense dibutuhkan kata kerja bantu did dan tambahan not (tidak) dan jangan lupa menambahkan kata kerja sesungguhnya, seperti ‘go, help, cook, jump, dan lain-lain’.

Jadi kalian sudah bisa memilih jawaban yang benar kan? Jawaban (a), (b), (c) belum tepat karena jawaban-jawaban tersebut digunakan untuk jenis tense yang lain.

Tes Bahasa Inggris Online Gratis

Nah, demikian penjelasan beberapa soal mengenai “simple past tense”, semoga contoh soal past tense diatas membantu kalian untuk dapat mengerti lebih dalam lagi terutama mengenai tenses.

Apabila kalian tertarik untuk menambah wawasan kalian tentang bahasa Inggris, yuk gabung segera dengan English Café Bali.

English Café Bali adalah tempat kursus bahasa Inggris di Bali yang beralamat di Jalan Gunung Soputan 1 No.16A Denpasar ataupun kalian bisa menghubungi kami di nomor (0361) 481 910 atau melalui WA kami di 0821 4545 8411.

 

Leave a Comment