Kalau ada cara lebih mudah belajar simple past tense yaitu dengan film, mengapa harus menggunakan cara yang sulit? Nah, kebanyakan orang belajar simple past tense secara monoton. Kita biasanya cepat bosan ketika membaca buku grammar yang tebal tanpa ada gambarnya. Hasilnya, setelah membaca tanpa henti, materi grammar tersebut masih tidak bisa dimengerti. Kalau kamu memiliki pengalaman seperti itu, sudah saatnya untuk mencoba cara baru, salah satunya adalah belajar simple past tense dengan film. Persiapkan diri kalian untuk membaca rahasia belajar simple past tense dengan film dalam 10 langkah mudah berikut ini.

1. Pilih film berbahasa inggris

2. Fokus belajar 1 topik

3. Pahami struktur simple past tense

4. Tentukan target jumlah kalimatmu

5. Putar filmnya

6. Tulis kalimatnya

7. Cari artinya

8. Buat kalimat baru

9. Ulangi kembali

10. Contoh film dengan subtitle

 

Inilah penjelasan detailnya supaya kamu lebih paham

1. Pilih film bahasa inggris

pilih film favorit untuk belajar bahasa inggris

Tahukah kamu kalau film yang kamu suka atau sering tonton bisa menggambarkan kepribadianmu. Film komedi romantis bagi kamu yang tidak ingin cerita cinta yang monoton. Film fantasi bagi yang suka berimajinasi tinggi. Fiksi ilmiah untuk yang mengedepankan logika dan merasa tertantang untuk berpikir. Action movie/ film aksi biasanya disukai oleh yang percaya diri. Film seram atau horror bagi kamu yang memiliki kepribadian seru. Kalau kamu bertipe orang yang ceria, konyol, dan mungkin sedikit usil biasanya sering menonton film berjenis komedi. Film dokumenter bagi kamu yang selalu berpikir kalau semua hal butuh bukti nyata, tidak mudah untuk dibohongi, dan memiliki hati yang teguh. Nah, dari semua jenis film di atas, kamu hanya perlu memilih sesuai dengan kesukaan dan genre yang diinginkan.

2. Fokus belajar 1 topik

fokus belajar 1 topik bahasa inggris

Sangat sulit untuk memahami sesuatu jika kamu belajar banyak hal diwaktu yang bersamaan. Apalagi, umumnya 1 film berdurasi kurang lebih 90 menit dan akan ada banyak kalimat dengan grammarnya yang diucapkan oleh tokoh – tokoh dalam film tersebut. Maka dari itu, fokuslah pada 1 topik bahasa inggris contohnya adalah simple past tense. Salah satu cara untuk fokus adalah dengan menjauhkan diri dari gangguan seperti smartphone atau TV. Jika kamu sudah bisa fokus belajar 1 hal, kamu bisa lanjut ke langkah berikutnya.

3. Pahami struktur simple past tense

memahami apa itu simple past tense

Jika 2 langkah di atas sudah kamu pahami, sekarang kamu perlu mengerti apa itu simple past tense. Tidak perlu mengerti detailnya. Cukup pahami ciri-cirinya saja. Simple past tense menggunakan kata kerja bentuk kedua atau verb 2 untuk menggambarkan kegiatan masa lalu. Contohnya, go menjadi went, visit menjadi visited, make menjadi made, dan masih banyak lagi. Ingat juga bentuk negatif, dan pertanyaannya. Jika kamu sudah mengerti ciri – ciri dari simple past tense, maka bersiaplah untuk tahapan selanjutnya.

4. Targetkan jumlah kalimatmu

targetkan belajarmu

Tentukan target jumlah kalimat yang ingin kamu cari dalam film tersebut. Cobalah untuk menemukan 5 buah kalimat simple past tense baik itu berupa kalimat positif, negatif maupun kalimat tanya. Target itu perlu supaya kamu memiliki motivasi dan kemauan untuk melakukannya. Memang ini akan membutuhkan fokus yang besar tapi percayalah jika kamu suka filmnya, kamu juga akan suka tantangannya. 

5. Putar filmnya

outar filmnya untuk belajar

Sekarang tonton filmnya di laptopmu, di smartphonemu, atau mungkin di rumah temanmu yang memiliki film tersebut. Putarlah beberapa kali jika kecepatan berbicara tokoh dalam film tersebut terlalu cepat atau kurang jelas. Kalau diperlukan, nyalakan subtitle bahasa inggrisnya yang tersedia. Yang paling penting adalah untuk menimati film yang ditonton. Film yang dinikmati akan jauh lebih mudah untuk nyangkut di kepala ya. 

 

Praktik conversation bahasa inggris secara langsung dengan guru kami melalui interaktif video call

Coba Gratis

 

6. Tulis kalimatnya

Tulislah dengan menarik

Sediakan buku catatan khusus yang menarik untuk menulis kalimat yang kamu dapatkan dalam film yang ditonton. Nah, ada hal yang perlu kamu ingat, catatan yang baik itu bukan datang dari seberapa bagus atau mahal buku tersebut, tetapi dari seberapa kreatif dan berharga isi tulisan tersebut. Jika berminat, kamu bisa menggunakan teknik menulis words web atau mind mapping yang akan membuat tampilan tulisan lebih sedap dipandang. 

7. Cari artinya

cari terjemahan kalimat bahasa inggrisnya

Kalimat yang sudah didapatkan perlu diterjemahkan ya. Arti kalimat itu penting supaya jika kamu membaca kalimatnya lagi di masa depan, kamu paham maksudnya. Kamu bisa menggunakan google translate atau translate.com. Hasil terjemahan dari mesin memang masih jauh dari sempurna karena hasilnya beberapa kali mengalami kekeliruan. Jika kamu punya teman baik atau guru favorit yang jauh lebih paham artinya, coba tanyakan pendapat mereka ya.

8. Buat kalimat baru

membuat kalimat baru

Kita tidak akan belajar apapun jika tidak mencoba untuk membuat kalimat versi kita sendiri atau versi terbarunya. Maksudnya, kamu perlu membuat kalimat lain yang berbeda dengan menggunakan kata kerja bentuk kedua yang didapatkan dari film. Dengan cara ini, kamu akan dapat mengingat kata dan kalimat yang didapat dari film seara lebih lama. Jangan terlalu khawatir dengan kesalahan yang mungkin akan kamu buat karena itu adalah proses dari belajar. Intinya jangan takut salah ya.

9. Lakukan kembali

lakukan kembali belajar

Setelah semua proses di atas sudah kamu lewati, cobalah untuk mengulangi kembali proses tersebut. Proses mengulangi dari awal ini yaitu menonton film dan menemukan kalimat simple past tense yang ada di dalamnya dan membuat kalimat baru. Film yang ditonton juga harus berbeda ya supaya kamu bisa mendapatkan kalimat baru sebagai perbandingan. 

10. Contoh film dengan subtitle

Jika kamu masih merasa bingung, cobalah melihat beberapa contoh potongan adegan film beserta subtitlenya berikut ini. Subtitle fim bisa sangat membantu ketika kita masih belum dapat mendengar jelas apa yang dibicarakan oleh tokoh dalam film. Usahakan untuk memilih subtitle bahasa inggris ya karena selain dapat dilihat penulisannya yang benar, struktur kalimatnya juga akan kelihatan.


belajar simple past tense dari film

simple past tense belajar dari film

contoh kalimat simple past dalam film

contoh simple past tense di film

 

Itulah penjelasan mengenai belajar simple past tense dengan film dan 10 langkah mudahnya. Ingin belajar materi/program bahasa inggris lainnya atau lebih ke praktek berbicara bahasa inggris untuk berbicara bahasa inggris yang lebih lancar guna mencari pekerjaan? atau kesulitan dalam menghadapi ujian seperti ujian sekolah, nasional atau tes bahasa inggris internasional seperti IELTS/TOEFL? Silahkan hubungi WhatsApp kami di 082145458411 atau e-mail di [email protected] untuk mendapatkan informasi lebih detail mengenai info kursus kami. Kalau kalian masih bingung ingin mengambil program kursus apa, kalian bisa mencoba mengikuti tes 2 menit atau Online Placement Test kami secara gratis!