fbpx

Contoh Percakapan Bahasa Inggris Tentang Handling Complain

Gede Murta

Ketika bekerja kita tidak bisa terlepas dari kesalahan. Tentunya, kita akan selalu berusaha untuk meminimalisir kesalahan dalam bekerja. Kita harus bisa menangani masalah yang terjadi baik karena kesalahan kita ataupun teman kerja kita dengan baik, seperti misalkan menangani komplain.

Cara menangani komplain dari konsumen dalam bahasa Inggris disebut dengan handling complain. Komplain adalah hal yang biasa terjadi ketika apa yang diberikan tidak sesuai dengan apa yang diinginkan.

Komplain yang dilontarkan pun bisa beragam, mulai dari yang sopan hingga komplain secara kasar dan tentunya kita harus selalu siap menanganinya.

Contohnya, misalkan ketika ada seorang tamu yang memesan suatu makanan di restoran namun apa yang disajikan tidak sesuai dengan apa yang dia pesan. Tentunya tamu tersebut akan mengungkapkan komplain mereka.

Sebagai orang yang dikomplain (dalam hal ini adalah pelayan), orang tersebut pun harus menangani komplain tersebut dengan baik agar tidak menyinggung perasaan tamu yang memesan makanan.

 

Tes Bahasa Inggris Online Gratis

 

Nah, untuk memberikan contoh mengenai cara menanganinya, berikut sebuah contoh percakapan bahasa Inggris tentang handling complain di suatu restoran antara pelayan dan tamu. Silahkan dibaca baik – baik ya guys.

*This dialog happened after the guest has ordered the food. (Dialog ini terjadi setelah tamu memesan makanan).

Waiter : These are your orders Sir, a chicken steak with mushroom sauce and a glass of avocado juice. (Ini pesanan – pesanan anda Pak, sebuah steak ayam dengan saus jamur dan segelas jus alpukat).

Guest  : Excuse me, waiter. (Maaf, pelayan).

Waiter : Yes, Sir. What can I do for you? (Ya, Pak. Ada yang bisa saya bantu?).

Guest  : I am sorry but this is not like what I have ordered. Would you mind telling me who’s the chef? (Maaf makanan ini tidak seperti yang saya pesan. Bisakah anda memberitahu siapa kokinya?).

Waiter : I am so sorry Sir. Is there any problem with your order? (Saya minta maaf Pak. Apakah ada masalah dengan pesanan anda?).

Guest  : Yeah. I think there is something wrong about the food. Do you still remember what I’ve ordered? (Ya. Saya rasa ada sesuatu yang salah dengan makanannya. Apakah anda masih ingat dengan apa yang telah saya pesan?).

Waiter : Okay Sir, let me repeat your order. You ordered a chicken steak with mushroom sauce and a glass of avocado juice. (Baik Pak, persilahkan saya untuk mengulangi pesanan anda. Anda memesan sebuah steak ayam dengan saus jamur dan segelas jus alpukat).

restaurant-complaints

Guest  : Yes, but as you can see, I ordered a chicken steak with mushroom sauce but that is a black pepper sauce and also the chicken is not well-cooked. (Ya, tapi seperti yang anda lihat, saya memesan sebuah steak ayam dengan saus jamur tetapi itu adalah saus lada hitam dan juga ayamnya tidak matang).

Waiter : I really apologize for this inconvenience Sir. Allow me to get you the new one. (Saya sungguh meminta maaf atas ketidaknyamanan ini Pak. Persilahkan saya untuk memberi anda yang baru).

Guest  : That’s alright. This restaurant has been running for so long, I just don’t expect that such things happen here. (Baiklah. Restoran ini sudah berjalan begitu lama, saya hanya tidak menyangka hal – hal seperti itu bisa terjadi disini).

Waiter : I’m sorry Sir. I apologize on behalf of my chef. (Saya minta maaf Pak. Saya meminta maaf atas nama koki saya).

Guest  : Okay, no problem. Just make sure that such things will not happen again. (Oke, tidak masalah. Hanya pastikan hal – hal seperti itu tidak terjadi lagi).

Waiter : Alright Sir. Thank you for your kindness. (Baik Pak. Terima kasih atas keramahan anda).

Guest  : I would appreciate if you can replace it with the new one. (Saya akan menghargai apabila anda dapat menggantinya dengan yang baru).

Waiter : Absolutely Sir, please wait a moment. (Tentu saja tuan, tolong tunggu sebentar).

Guest  : Ok, thanks. (Ok, terima kasih).

Waiter : You are welcome Sir. (Terima kasih kembali Pak).

Dari percakapan diatas, dapat kita simpulkan bahwa kita harus sabar dalam menangani setiap komplain dari tamu. Semakin banyak komplain yang pernah kita hadapi, semakin banyak juga solusi yang kita punya.

Nah guys, semoga contoh percakapan bahasa Inggris tentang handling complain diatas dapat menambah wawasan kalian ya mengenai cara menangani komplain. Jika kalian tertarik untuk mempelajari peercakapan – percakapan bahasa Inggris lainnya, kalian bisa belajar bersama kami di English Café Bali.

English Café Bali adalah tempat kursus bahasa Inggris di Bali yang beralamat di jalan Gunung Soputan 1 No. 16 A Denpasar dan jika kalian ingin menanyakan informasi mengenai kursusnya, kalian bisa menghubungi kami di nomor (0361) 481910.

Keep improving your speaking skill guys!

Baca Juga : Percakapan Bahasa Inggris Tentang Offering Help Beserta Artinya

Baca Juga : Memulai Obrolan Dengan Turis Asing

Baca Juga : Contoh Percakapan Bahasa Inggris Tentang Handling Guest Request

Baca Juga : Nama – Nama Pekerjaan Dan Deskripsinya Dalam Bahasa Inggris

Baca Juga : Contoh Percakapan Dengan Turis Asing di Tempat Wisata

Leave a Comment