fbpx

5 Aturan Berbicara Bahasa Inggris yang Harus Kamu Terapkan

Gede Murta

Ada berbagai macam kendala yang menyebabkan beberapa orang enggan berbicara dengan bahasa inggris. Salah satunya yang paling sering adalah, ga pede karena takut salah. Padahal kalau mau fasih berbahasa inggris memang dimulai dari kesalahan terlebih dahulu, jika kita tahu letak kesalahan kita, maka kita akan mencari tahu jawaban yang benar bukan? Nah, berikut saya akan memberikan tips dan aturan berbicara bahasa inggris yang perlu kamu terapkan.

Tes Bahasa Inggris Online Gratis

 

1. Jangan Terlalu Memikirkan Grammar

Salah satu tips berbicara bahasa inggris adalah hindari grammar. Grammar memang sangat penting ketika kamu menuangkannya ke dalam tulisan, namun kalau kamu ingin fasih berbahasa inggris mari kita lupakan sejenak tentang grammar, karena terlalu memikirkan grammar akan membuat kamu bingung ketika berbicara dan alhasil kamu malah kebanyakan berpikir daripada berbicara. Saat kamu berbicara bahasa inggris dengan teman-teman bule, katakan apa saja yang ada di dalam kepalamu, ekspresikan kata-kata dan kalimat yang ingin kamu ungkapkan. Grammarnya salah? Santai saja, mereka ga akan ada waktu buat mengkoreksimu ketika mereka terlalu asik berbicara denganmu. So, let’s forget about the grammar while we’re talking.

Baca juga: 5 tips belajar grammar bahasa inggris

 

2. Kuasai Vocabulary

Kosakata Bahasa Inggris yang Berkaitan Dengan Bank

Mau mengungkapkan sesuatu, tapi lupa bahasa inggrisnya apa ya? Nah ini juga sering menjadi permasalahan umum. Mulailah belajar vocabulary dari benda-benda sekelilingmu. Saat mau tidur, perhatikan benda-benda yang ada di kamarmu satu persatu, artikan dalam bahasa inggris dan mulailah untuk mengingatnya sedikit demi sedikit. Teknologi saat ini sudah bukan mengandalkan kertas dan pulpen saja, jika ada ungkapan-ungkapan baru yang kamu dengar, segera tuliskan pada note di ponselmu. Karena kemampuan mengingat akan lebih tajam ketika kita menuliskannya. Jangan lupa, praktekkan kata-kata tersebut dalam obrolan sehari-harimu!

Baca juga: Tips dan trik menghafal dan mengingat kosakata (vocabulary)

 

3. Jangan Menerjemahkan

cari terjemahan kalimat bahasa inggrisnya
Learn English at English Cafe Bali

Tips berbicara bahasa inggris berikutnya adalah terkait translation. Mau menulis kalimat bahasa inggris, tapi kok jadi aneh ya ketika diterjemahkan dari bahasa Indonesia ke bahasa inggris? Ini juga merupakan hal umum yang sering terjadi, kita terlalu terpaku pada bahasa ibu “mother tongue” yang kita gunakan sehari-hari sehingga bahasa inggris kita pun jadinya Indonesia bangeeeet! Setiap bahasa memiliki tata bahasanya masing-masing dan sudah jelas susunan kata untuk menjadi sebuah kalimat akan berbeda-beda. Caranya adalah dengan menguasai frasa dan kalimat yang sering kamu dengarkan, jangan mencoba menggabungkan kata satu persatu karena itu akan menciptakan kebingungan baru. Ketika anda sudah menguasai kalimat dan frasa, maka kamu tidak perlu lagi untuk memikirkan tentang kata-kata yang ingin anda ucapkan, semuanya akan mengalir dengan natural.

Baca juga: Kesalahan umum saat menerjemahkan bahasa inggris

 

4. Reading dan Listening Saja Tidak Cukup

TIPS FOR IELTS (LISTENING SECTION)

Membaca buku bahasa inggris memang sangat membantu untuk menambah pengetahuan kamu tentang frasa dan kalimat-kalimat yang biasa digunakan dalam bahasa inggris. Mendengarkan lagu-lagu bahasa inggris juga benar-benar membantu kita untuk mengetahui bahsa sehari-hari yang digunakan dan juga cara pengucapannya. Namun hanya dengan melakukan kedua hal tersebut saja tidak akan cukup, tanpa mempraktekkan kemampuan berbicara kamu. Seperti bayi yang baru lahir, hingga kemudian mereka bertumbuh dan mulai bisa berbicara dengan bahasa yang biasa mereka dengarkan, walaupun mereka belum bisa membaca dan menuliskannya. Hal ini membuktikan, kita bisa berbicara dengan lancar tentang bahasa tertentu ketika kita terbiasa mendengarkan dan mempraktekkannya. So, let’s practice your English guys!

Baca juga: Kuasai keterampilan membaca dari sekarang dengan tips ini

 

5. Kelilingi Diri Kamu dengan Bahasa Inggris.

English Cafe - Beginner

Bisa berbicara bahasa Inggris tidak harus menunggu kamu untuk pintar terlebih dahulu, tapi tanamkan rasa percaya diri kamu terlebih dahulu. Kalo kamu ga PeDe, kalimat-kalimat bahasa inggris yang sudah kamu kuasai tidak akan keluar secara natural. Ada beberapa alasan yang membuat seseorang menjadi sangat fasih berbahasa Inggris, salah satunya adalah lingkungan. Mereka jago bahasa inggris karena tinggal di luar negeri dimana Negara tersebut menggunakan bahasa inggris, dan alasan komunikasi pun menuntut mereka untuk terus menggunakan bahasa inggris sehingga mereka terbiasa. Nah, kamu tidak perlu ke luar negeri kok untuk bisa jago bahasa inggris, yang paling penting adalah kelilingi diri kamu dengan “everything about English”, misalnya: ajak teman-teman kamu ikut berbahasa inggris dalam percakapan sehari-hari, atau perbanyak relasi yang mengharuskan kamu untuk memakai bahasa inggris untuk berkomunikasi. Suka eksis di social media? Kamu bisa ubah semua pengaturan di social media kamu dengan bahasa inggris, update status? Pake bahasa inggris dooong!

Baca juga: 10 tips asik belajar bahasa inggris

 

 

Masih belum paham juga?

Wajar saja karena banyak sebab. Yang pertama adalah karena kamu kurang terbiasa dengan bahasa inggris. Smartphone kamu saja masih berbahasa Indonesia. Sebab yang keduanya itu karena kamu adalah tipe gerak. Kamu tipe yang harus belajar dan dijelaskan langsung oleh guru secara fun dan sekaligus langsung praktik. Dan sebab yang terakhir adalah kamu takut mencoba ikut kursus bahasa inggris.

Kamu tidak salah. Banyak orang juga takut kursus bahasa inggris. Takut harganya mahal dan tidak sesuai hasil. Tidak berani membuat kesalahan saat belajar di tempat kursus yang ramai dan guru yang galak. Ragu akan jadwal dan waktu luangmu yang tidak sesuai dan tidak cukup. Yang terakhir adalah kamu takut bosan dengan pembelajarannya.

Solusinya untuk bisa bahasa inggris adalah dibawah ini 

  1. Pertama kamu ganti bahasa smartphone kamu menjadi English. 
  2. Kedua, ikut kursus bahasa inggris yang jadwalnya fleksibel tanpa takut hangus. 
  3. Ketiga pilih sistem private atau kelas kecil biar lebih bebas. 
  4. Jika ingin kursus online, pilih kursus online dengan Zoom yang langsung face to face dengan gurunya. 
  5. Cari kursus bahasa Inggris yang BERANI Memberikan jaminan 100% uang kembali.

Kursus bahasa inggris di English Cafe Bali terjamin

English Cafe Bali adalah lembaga professional dalam memberikan program belajar Bahasa Inggris On-line. Semua program Bahasa Inggris seperti IELTS/TOEFL, Speaking atau kelas Conversation, General dan program spesial untuk karyawan, hospitality dan medical semua tersedia.

Program kami juga bisa di custom sesuai permintaan kamu. Semua pengajar kami qualified dan terakreditasi.

Ambil program kami dan kami jamin 100% UANG KEMBALI jika kamu tidak puas dengan kualitas pengajar, sistem pengajaran dan platform kami. NO HURT FEELING GUARANTEED

Leave a Comment