Mempelajari bahasa inggris tidak akan lepas dari struktur penyusunan kalimat yang biasa disebut Grammar. Bagi beberapa orang, mempelajari grammar adalah suatu hal yang cukup membingungkan, terutama jika berhubungan dengan tenses. Tidak hanya itu, keterangan grammar yang lain seperti kata hubung, kata keterangan, benda, kerja, sifat dan grammar lainnya juga cukup membuat para pelajar bahasa inggris kewalahan dan bahkan sampai menyerah. Untuk membantumu belajar grammar secara lebih baik, berikut kami bagikan tips belajar grammar dari English Cafe Bali. Semoga dapat membantu

1. Jangan cepat menyerah

Beratnya tekanan dari memahami grammar yang cukup complex dan rumit memang menggoda seseorang untuk menyerah. Namun, jika kamu mampu melaluinya, hasil yang didapat juga akan lebih bertahan lama karena didapat dari perjuangan dan jerih payah. Kuatkan motivasimu dan temukan alasan kuat untuk terus belajar dan janganlah cepat menyerah .

2. Belajar grammar melalui skill lainnya seperti membaca dan mendengar

Grammar tidak hanya bisa dipelajari dari buku grammar saja. Belajar yang lebih efektif tercipta ketika grammar yang telah dipelajari diperkuat dari skill membaca dan mendengar. Dari membaca, grammar yang telah dipelajari dapat ditemukan dalam pengaplikasian sehari hari. Grammar disini pun dapat dianalisis secara lebih mendalam. Begitu juga dengan skill mendengar. Dengan mendengarkan audio dari sumber native speaker, Kita tidak hanya belajar struktur, tetapi juga belajar pengucapan yang baik dan benar.

3. Terapkan grammar yang dipelajari dalam writing dan speaking

Untuk meningkatkan daya ingat tentang grammar yang telah dipelajari, cobalah untuk menerapkannya dalam aspek berbahasa inggris lainnya seperti menulis dan berbicara. Contoh, jika kalian telah selesai mempelajari simple past tense atau aktifitas/kegiatan yang sudah lewat, cobalah untuk menulis pengalaman atau kegiatan yang sudah berlalu dalam sebuah buku dan praktekkan penggunaan simple past tense tersebut. Mintalah bantuan dari teman yang lebih paham atau guru yang dapat memberikan masukan atau koreksi dari hasil praktekmu.

4. Mulailah dengan fokus pada satu topik grammar untuk menghindari kebingungan

Belajar banyak hal dalam satu waktu memang menguntungkan namun bagi yang baru belajar atau tidak terbiasa, hal ini hanya akan menjadi beban memecahkan fokus terhadap topik tertentu.

Fokuslah pada satu topik terlebih dahulu dan pahami dengan baik. Belajar grammar itu seperti sebuah rantai, mempelajari hal yang satu akan berpengaruh ke aspek grammar yang lainnya.

5. Belajar rutin selama 15 menit dalam satu hari sudah cukup

Durasi atau lamanya belajar memang akan tergantung dari kebiasaan dan kekuatan fokus seseorang. Namun tidak baik juga jika belajar dilakukan selama kurun waktu yang sangat lama dalam satu hari contohnya 3 jam sampai 4 secara terus menerus. Hal ini juga akan sia – sia jika besoknya, materi yang sudah dipelajari tidak diingat kembali. Belajar yang lebih efektif adalah belajar yang dilakukan secara rutin tanpa harus memaksa belajar berjam-jam lamanya.

Tes Bahasa Inggris Online GratisBelajar bahasa inggris itu bukan sebuah paksaan, tetapi sebuah kebutuhan. Mengutip sebuah kata – kata bijak dari Nelson Mandela yang mengatakan “If you talk to a man in a language he understands, that goes to his head. If you talk to him in his own language, that goes to his heart.”, yang artinya “Jika kamu berbicara dengan orang menggunakan bahasa yang dia mengerti, hal itu mengarah ke kepalanya. Jika kamu berbicara dengannya dalam bahasanya sendiri, itu masuk ke dalam hatinya”.

Ingin belajar bahasa inggris secara online, daftar sekarang di English Cafe Bali. Kamu akan diberikan materi yang pas, video listening yang mendukung, praktek berbicara bahasa inggris/konsultasi melalui video call, tes kemampuan bahasa inggris supaya lebih paham dan ingat lebih lama dan sertifikat kursus. Silahkan hubungi English Cafe Bali melalui nomor kami di (0361) 481910.

By | 2019-01-07T14:07:39+00:00 January 7th, 2019|Categories: Artikel Terbaru, English Information, Self Motivation, Tips and Trick|Tags: , |0 Comments

About the Author:

Leave A Comment