fbpx

Tips and Trick; Menghafal (Plus Memahami) Vocabulary!

Gede Murta

Belajar bahasa Inggris sudah lama, dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi, tapi Anda merasa belum ada perubahan. Beberapa diantara kalian malah merasa bingung bagaimana harus memulai ketika Anda ingin belajar bahasa Inggris cepat. Banyak orang yang datang ke English Cafe dengan keluhan mereka tidak bisa menghafal dan memahami vocabulary. Tidak ada yang salah, itu keluhan yang umum kok. Saran yang sering saya utarakan pun tidak ada yang spesifik. Kurang lebih seperti ini:

Pertama, menghafal vocabulary. Kedua, membuatkan kalimat untuk vocabulary Anda. Ketiga, mempraktekkan kalimat yang telah Anda buat.

Hal yang terpenting untuk menghafal vocabulary adalah menghafal dengan praktek, maksudnya dikombinasikan cara menghafal dan praktek. Manfaat metode menghafal dengan praktek tesebut adalah Anda akan selalu ingat, sehingga tidak terasa sudah banyak menghafal dan menguasai vocabulary.

Nah, itu dia. Bagaimana caranya untuk menghafal sekaligus memahami vocabulary yang segudang itu? Ingat, tidak ada perang yang dijalani tanpa strategi yang mumpuni. Strategi-strategi tersebut diaplikasikan dengan tujuan untuk dapat menguasai vocabulary secara menyeluruh dan komprehensif mencakup aspek makna (meaning), ejaan (spelling), dan pengucapan (pronunciation). Berikut saya bagi beberapa strategi jitu untuk mempermudah Anda belajar vocabulary. Check this out!

#Strategi 1. Membaca – Rasa Ingin Tahu – Cari tahu!

Curiosity alias rasa ingin tahu sangat penting dalam menghafal vocabulary. Rasa ingin tahu yang besar membuat keinginan Anda untuk belajar dan mencari tahu apa yang ingin Anda ingin ketahui juga semakin gencar. Kalau strategi 1 langusng menghafal dari kamus, Anda dijamin akan bosan dan stuck hanya di beberapa kata saja.

Awali dengan membaca berbagai jenis bacaan  dalam bahasa Inggris, stabilo atau underline kata-kata yang asing di telinga Anda, kemudian cari tahu artinya. Misalnya yang lagi happening sekarang tentang pemilu di Indonesia, atau World Cup 2014. Cari situs-situs atau koran berbahasa Inggris yang memuat tentang itu, misalnya The Jakarta Post atau Bali Daily.

#Strategi 2. Manfaatkan Teknologi dan Fasilitas

a. Kalau Anda adalah tipe orang yang nggak suka ribet, boleh jadi smartphone atau tablet Anda digunakan sebagai media belajar. Simple kan, dibawa kemana-mana, ketemu kata baru tinggal catat, mau baca berita bahasa Inggris terbaru bisa browsing. Belum tahu artinya apa? Ada banyak aplikasi kamus yang bisa diunduh untuk smartphone Anda. Aplikasi untuk belajar bahasa Inggris juga ada. Buatlah kalimat baru setiap hari dengan kata-kata baru yang Anda jumpai, dan tulis progress Anda di sebuah aplikasi semacam diary.

b. Anda belum punya smartphone? Siapkan kertas post-it berwarna. Hiasi kamar atau buku catatan Anda dengan kata-kata baru yang Anda temukan. Sebelum tidur, pandangi sejenak, hafalkan dalam hati. Bagi Anda yang menderita insomnia hal ini sangat manjur untuk meminimalisir hal tersebut 😉

c. Anda lebih suka berkutat dengan komputer atau laptop? Spreadsheet -nya Microsoft Excel sangat membantu Anda untuk ini. Jangan lupa tulis kata baru di aplikasi sticky note dan tambahkan di desktop beserta tanggalnya. Tulis minimal 3 hingga 5 kata baru. Jika Anda merasa Anda sudah hafal, hapus kata tersebut dan ganti dengan yang baru. Life is that easy with technology, huh? 🙂

#Strategi 3. Ucapkan, Pahami. Ucapkan, Pahami Lagi

Tidak ada teman terbaik dalam membantu memahami vocabulary selain kamus! Kamus memberikan Anda cara yang benar untuk mengucapkan sebuah kata atau frasa dalam bahasa Inggris. Bisa dalam bentuk tulisan, atau juga diucapkan langsung oleh native speaker. Kamus yang memiliki fitur ini sangat mempermudah Anda dalam belajar. Ucapkan sebuah kata dengan benar dan pahami artinya. Lakukan terus berulang-ulang.

#Strategi 4. Tulis, Praktikkan dan Lakukan Eksplorasi.

Kalau Anda sudah mengetahui arti sebuah kata yang Anda anggap sulit, sudah menulis di buku catatan juga, nah… gunakan kata tersebut untuk membuat sebuah kalimat. Kalimat paling simple saja, yang biasa digunakan untuk percakapan sehari-hari. Langkah selanjutnya kalimat tersebut bisa Anda praktikkan sambil ngomong, biasanya sih lebih lekat di kepala dan bisa hafal tanpa harus melatihnya.

Eits, ingat, jangan takut salah! Kesalahan tersebut justru membuat Anda mencoba untuk terus belajar memperbaikinya. Explore terus pembendaharaan kata Anda dengan mendengarkan lagu berbahasa Inggris, menonton film tanpa subtitle, atau menonton siaran luar negeri. Vocabulary tentu akan terus bertambah karena Anda pasti akan berusaha mencari arti dari lirik yang didapat.

Biasanya bahasa Inggris itu sangat fleksibel, terutama jika Anda suka menonton film. Satu arti bahasa Indonesia bisa diungkapkan dalam berbagai kata dalam bahasa Inggris, contohnya:

  • Believe, trust, count on, count in, put in charge. Kurang lebih artinya sama “percaya”.
  • Friend, buddy, companion, fellow, mate. Artinya kurang lebih sama “teman”.
  • Visit, call on, give a call, kurang lebih artinya sama “mengunjungi”.
Dan sebaliknya, satu kata dalam bahasa Inggris, bisa mempunyai banyak arti bila ditambah pernak-pernik berupa preposition atau sedikit diubah kata dasarnya. Contoh :
  • Take, Take on, take care, take care on, take care of, care about, take in, take off, take down, take up, semua artinya berbeda.
  • Act, active, action, actor, actress, acting, artinya juga berbeda-beda.
  • Cook, cook, cook, (bisa punya tiga arti berbeda, tergantung konteks kalimatnya).
  • Result, result in, result of, resultant.

Bagaimana cara Anda belajar kata-kata tersebut? Kata kunci yang saya garis bawahi adalah kenali kata dasar dari frasa yang Anda temukan. Catat sebanyak-banyaknya hal yang bisa Anda kaitkan dengan kata dasar tersebut. Contoh dalam bahasa Indonesia nih, kata lihat bisa dijabarkan menjadi pandang, tatap, terawang, melotot, etc.  Belajar vocabulary untuk bahasa Inggris kurang lebih sama.

#Strategi 5. Buat Komitmen

Strategi sudah disusun. Hal terakhir yang paling penting untuk bisa memahami vocabulary adalah bagaimana Anda bisa berkomitmen dengan apa yang Anda akan lakukan. Lakukan kebiasaan ini paling tidak dua kali setiap hari karena jika Anda memberi rentang waktu terlalu lama, Anda akan lupa hal- hal yang sebelumnya sudah pernah Anda catat. Jangan sampai usaha Anda gagal di awal ya! Selamat mencoba 😉

Speaking sangat berkaitan dengan penguasaan vocabulary, jadi sangat penting jika strategi- strategi di atas diterapkan, ingin tahu strategi – strategi lainnya? Yuk datang ke English Cafe di Jalan Gunung Soputan I 16 A Denpasar atau kalian bisa menghubungi kami di 0361 418910. Dan coba FREE TRIAL dari kami.

Baca juga:

Leave a Comment