fbpx

Kuasai Keterampilan Membaca (Reading) Mulai Sekarang!

Gede Murta

Bagi orang-orang yang rasa ingin tahunya tinggi, ia pasti akan suka sekali ngoprek yang namanya buku atau bacaan tertentu. Saya yakin diantara Anda ada yang mempunyai minat terhadap satu atau dua jenis buku favorit yang sering dibaca, misalnya komik, novel, majalah, koran, e-book, dan sejuta jenis buku cetak yang ada di bookstore. Atau malah ada yang suka baca jurnal ilmiah? Saya acungi jempol deh! Anda luar biasa 😀

Minat orang Indonesia terhadap buku masih terbilang rendah. Jangankan suka membaca tulisan dalam bahasa Inggris, yang bahasa Indonesia saja masih sepi peminat. Anyway, buku belum termasuk kebutuhan pokok di negara kita lho! Kalau Anda tidak memiliki minat terhadap buku bacaan, jangan harap kualitas diri Anda bisa berkembang dengan baik. Kata orang, membaca membuka jendela dunia, bukan begitu?

10338344_795119453840380_7570894416623261535_n

Oke, saya perlu beralih kepada Anda yang suka membaca. Kebanyakan dari Anda yang memiliki hobby tersebut akan memilih bacaan untuk sekedar mengisi waktu luang, dan pasti bacaan Anda menggunakan bahasa Ibu kita. That’s the problem! Kalau boleh saran, sesekali please get out of your comfortable zone, dan pilihlah bacaan berbahasa Inggris. Tantangannya pun akan semakin berasa karena Anda dituntut untuk menterjemahkan sekaligus memahami apa yang Anda baca. Bagaimana, tertarik untuk mencoba? Oke, saya selipkan beberapa tips seperti di bawah ini. Semoga membantu!

1. Reading merupakan bagian penting dari writing, karena untuk bisa menulis, Anda tentu juga harus bisa membaca. Sama halnya dengan listening yang menjadi input penting bagi speaking. Mempelajari reading sangat berguna untuk melatih pembendaharaan kata dan tata bahasa (vocabulary and grammar), sistem tulisan, hingga mengetahui ide atau gagasan dari tulisan tersebut.

2. Mulai dengan bacaan yang paling mudah, misalnya buku bacaan untuk anak-anak. Jangan gengsi! Belajar nggak akan bisa berhasil dengan kata gengsi atau malu.

3. Kenapa orang bisa malas membaca tulisan berbahasa Inggris? Mereka tentu membayangkan betapa sulitnya menterjemahkan berlembar-lembarditambah dengan kata-kata sulit yang tidak familiar dan mereka pikir itu sangat membosankan. Bukannya menyenangkan, membaca malah jadi menyebalkan.
Saran saya, pilih media atau sumber bacaan yang tentunya menjadi bagian dari keseharian Anda, misalnya buku, majalah, website, e-book, novel, etc.

4. Jangan memaksakan membaca topik yang bukan menjadi kesukaan Anda. Kalau Anda menyukai bacaan ringan seperti tips-tips berkebun atau traveling, pilihlah topik tersebut. Jangan memaksa baca topik tentang science yang bikin kepala pusing.

5. Buat catatan topik baru yang akan Anda baca setiap hari, minimal satu atau dua jenis yang berbeda. Tentu saja, bacaan itu harus dalam bahasa Inggris.

6. Anda tidak harus meluangkan waktu khusus untuk membaca (misalnya baca buku tebal, suasana tenang, dll) tapi Anda bisa membaca di sela-sela kegiatan ketika sedang browsing, menunggu, atau di tempat-tempat umum yang menyediakan bacaan berbahasa Inggris. Baca sesering mungkin, dimana pun, kapan pun, bacaan apa pun.

Saya harap tips tersebut bisa membantu Anda dalam latihan membaca. Selamat mempraktekkan, good luck!

Leave a Comment