fbpx

10 Tips Asyik Belajar Bahasa Inggris

Gede Murta

Proses belajar memang tidak akan ada habisnya salah satunya adalah belajar bahasa inggris. Jika kalian tidak bisa mengeksplorasi cara atau tips asyik belajar bahasa inggris, dijamin kalian akan merasa sangat bosan tujuh turunan. Nah, agar aktivitas belajar menjadi lebih bervariasi dan membuat pikiran kalian penuh semangat, coba 10 tips asyik belajar bahasa Inggris seperti di bawah ini!

1. Asah Vocabulary dengan Bermain Scrabble

Kalian tahu permainan scrabble? Umumnya, scrabble dimainkan dengan menyediakan sebuah papan klasik dan kalian mengisi papan tersebut dengan kata-kata yang hurufnya bisa dipisah-pisah, mirip seperti teka teki silang. Main scrabble bisa membuat kalian meningkatkan daya ingat khususnya dalam hal pembendaraan kosa kata.

Nggak perlu khawatir lagi jika kalian nggak bisa bermain pakai papan, aplikasi scrabble sudah tersedia secara online yang bisa dimainkan di gadget kalian.

2. Biasakan Mendengar Lagu Bahasa Inggris

Musik tidak bisa lepas dari keseharian kita, bukan? Mendengarkan musik pasti menjadi hobby yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Selain menghalau bosan, musik juga dapat membangkitkan daya konsentrasi dan energi, apalagi mendengarkan lagu kesukaan yang berirama cepat.

Nah, jika kalian ingin memperlancar kemampuan listening, mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris sangat dianjurkan sekali lho! Pilihlah lagu easy listening yang kata-katanya bisa kalian dengarkan secara jelas. Lagu tersebut tentu akan membuat kalian mendapatkan kosakata dan ilmu baru tentang bagaimana seorang native speaker menyampaikan bahasanya. Baca juga artikel kami tentang belajar bahasa inggris dengan lagu.

3. Suka Nonton Film? Coba Pakai Subtitle Bahasa Inggris

Kosakata baru akan banyak muncul ketika kalian mengganti subtitle menggunakan bahasa Inggris. Belajar bahasa inggris dari film bisa kamu coba lakoni di chanel youtube Learn From Movies yang dilengkapi dengan penjelasan dan subtitel bahasa Indonesia dan bahasa inggris.

Ucapan dalam film akan sinkron dengan tulisan yang muncul di layar. Dengan begitu, kalian akan mengetahui bagaimana sebuah kata diucapkan oleh native speakernya langsung. Siapa tahu kalian menemukan istilah-istilah, idiom atau bahasa slang baru untuk menyatakan suatu ekspresi.

4. Streaming Online Youtube atau Tonton Saluran TV Cable

Youtube dan TV Cable mempunyai peranan penting dalam belajar bahasa Inggris. Banyak channel di Youtube yang bisa kalian streaming untuk belajar bahasa Inggris, dari pemula hingga tingkat lanjut. Jika kalian berlangganan TV Cable di rumah, tonton berita berbahasa Inggris deh, sekali-sekali. Selain nambah ilmu, kalian juga bisa mengasah kemampuan mendengar, karena pasti tidak ada subtitle apapun yang muncul di layar.

5. Pilih Bacaan Berbahasa Inggris

Novel, buku anak-anak, majalah, iklan di internet, email yang masuk ke spam, selama menggunakan bahasa Inggris, baca semua! Bila perlu, print dan warnai kata-kata sulit untuk menambah kosakatamu. Semakin banyak membaca, semakin terbiasa kalian melihat kata-kata baru dan kalian akan terbiasa tidak menerjemahkan kata per kata untuk mendapatkan artinya.

Tak praktek maka tak paham. Mulai kursus bahasa inggrismu sekarang dengan latihan conversation langsung dengan pengajar kami yang fun

6. Temukan Partner di Tempat Baru

Duduk, membaca, menulis, dan melakukan aktivitas lainnya di tempat yang sama tentu saja membuat kita cepat bosan. Trust me, belajar sendirian itu nggak menyenangkan. Tapi jika kalian kesulitan untuk pergi ke tempat baru untuk belajar karena kesibukan, manfaatkan waktu luang untuk berselancar di dunia maya. Buka forum bahasa Inggris, dan temukan teman baru untuk berkomunikasi.

7. Perkaya Wawasan tentang Slang & English Jokes

Bosan melihat text book bahasa Inggris yang isinya grammar melulu? Agar kalian nggak merasa garing kalau berhadapan dengan teman-teman bule, kalian bisa mempelajari slang dan English joke ala mereka. Jadi ketika mereka mengeluarkan lelucon, kalian tidak akan dikatakan hebat dalam menahan tawa (padahal aslinya nggak ngerti ya, hihihi). Slang adalah bahasa yang asik dan menarik untuk dipelajari. Mengerti bahasa slang bisa membuat kalian lebih PD untuk berkomunikasi sesama teman bule seumuran.

8. Latih Pronunciation Melalui Karaoke

Siapa yang suka karaoke? Well, kesempatan yang baik untuk meningkatkan kualitas speaking kalian meskipun terkesan main-main. Mau nggak mau, kalian harus melihat lirik untuk menyanyikannya, kan?

9. Tulis Isi Blog Menggunakan Bahasa Inggris

Punya blog? Asah kemampuan menulis blog dengan bahasa Inggris mulai sekarang. Ambil tema yang sesuai dengan kalian. Minta orang terdekat yang jago bahasa Inggris untuk mengoreksi grammar dan spelling.

10. Be Creative!

Terakhir, be creative! Gunakan dan kerahkan semua kemampuanmu untuk melatih bahasa Inggris. Manfaatkan juga semua media yang ada agar kalian bisa fasih berbahasa Inggris dengan baik. Ingat, bahasa Inggris adalah bahasa Internasional. Menguasai bahasa ini membuat kalian siap bersaing dengan orang lain di era globalisasi. Selamat belajar!

Baca juga:

 

Leave a Comment