fbpx

Meningkatkan Kemampuan Menulis dalam Bahasa Inggris yang Baik

Gede Murta

menulis di kursus bahasa inggris di baliDalam belajar bahasa Inggris terdapat empat skill dasar yang harus kita kuasai, yaitu speaking, listening, reading dan writing. Dari ke-empat skill yang harus dikuasai tersebut, setiap orang memiliki pemikirannya tersendiri. Ada yang bilang speaking merupakan skill yang paling gampang dan writing merupakan hal yang paling sulit untuk dipelajari dalam belajar bahasa Inggris. Ada juga yang sebaliknya lebih gampang belajar writing dari pada speaking. Kebanyakan dari kita takut belajar menulis bahasa Inggris karena lemah dalam grammar, kurang kosa kata dan tidak mengerti tata cara menulis dalam bahasa Inggris.

Tapi tenang, tidak ada hal yang tidak bisa dilakukan bila kita memiliki keinginan untuk belajar bahasa Inggris. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memiliki kemampuan menulis bahasa Inggris yang baik:

Langkah #1 Mambaca

Dalam belajar bahasa Inggris keempat skill dasar tadi tidak bisa dipisahkan satu sama lainnya, karena keempatnya saling membantu dan melengkapi. Untuk memiliki kemampuan berbicara bahasa Inggris yang baik kamu harus lebih sering mendengarkan hal-hal dalam bahasa Inggris. Begitu juga bila kamu ingin memiliki kemampuan menulis bahasa Inggris yang baik, kamu harus lebih rajin membaca hal dalam bahasa Inggris, contohnya: majalah bahasa Inggris, Koran berbahasa Inggris, berita online bahasa Inggris, website berbahasa Inggris. Dari rajin membaca hal dalam bahasa Inggris kamu bisa mengetahui tata cara menulis, menambah kosa kata bahasa Inggris, dan mempelajari grammar bahasa Inggris.

Langkah #2 Menulis

Langkah berikutnya setelah banyak membaca adalah mencoba menuangkan ide yang kamu miliki dalam selembar kertas. Ya dalam belajar menulis yang terpenting adalah tentu saja aksi menulis kalian. Jangan dulu berpikir untuk menulis kata-kata dalam bahasa Inggris yang ruwet. Mulai dari sebuah kalimat bahasa Inggris sederhana, menjadi paragraph bahasa Inggris sederhana, lalu menjadi karangan bahasa Inggris yang sederhana. Untuk memudahkan kamu dalam menulis bahasa Inggris, coba mulai dengan topik yang dekat dengan kamu  atau topik yang menarik untuk kamu. Dalam menulis, pembaca tidak memerlukan bahasa yang belibet, kadang tulisan yang baik itu adalah tulisan yang dibuat dengan cara sederhana dan mudah dipahami oleh pembaca. Intinya dalam menulis kamu menyampaikan ide kamu untuk bisa dipahami oleh pembaca.

Langkah #3 Kamus

Tips yang ini bisa dilakukan di luar ujian ya. Tentu saja ketika kamu baru saja belajar menulis dalam bahasa Inggris, kemampuan kamu belum begitu mahir. Tapi tenang saja, masih ada dewa penolong kamu, yaitu kamus. Kamu bisa melihat kamus ketika kamu tidak tahu bahasa Inggris dari sebuah kata. Jadi ide yang kamu punya tidak akan lenyap karena kamu hanya memikirkan kata yang tidak kamu ketahui.

Langkah #4 Review

Setelah kamu bisa menghasilkan sebuah tulisan bahasa Inggris, langkah selanjutnya adalah mencari orang atau teman untuk mereview atau membaca tulisan kamu. Dari situ kamu bisa mendapat masukan dari kekurangan kamu tulisan kamu dan kamu tahu sudah sampai mana kemampuan menulis mu. Untuk langkah satu ini kamu tidak boleh marah atau sedih ketika dikritik kekurangannya. Karena dari kekurangan itu kita akan bisa menghasilkan tulisan yang lebih baik.

Langkah #5 Menulis lagi

Ini adalah cara yang paling jitu untuk meningkatkan kemampuan menulis bahasa Inggris kamu. Ingat tidak semua penulis terkenal itu lahir dengan kemampuan menulis seperti sekarang. Menulis memerlukan latihan yang terus menerus. Sehingga semakin sering kamu menulis semakin bagus kemampuan menulis bahasa Inggris kamu.