fbpx

Cara Belajar Bahasa inggris melalui menulis

Gede Murta

Belajar memang tidak ada habisnya karena belajar tidak mengenal waktu, tempat, maupun usia. Dalam belajar, banyak cara yang dapat ditempuh dan tidak hanya terpaku pada satu cara karena ini akan menimbulkan kebosanan. Belajar bahasa inggris tidak hanya bisa dari membaca dan mendengar, namun juga dari menulis. Belajar bahasa inggris melalui menulis adalah luar biasa karena untuk dapat menulis yang baik, banyak skill yang harus dimiliki dan di kuasai terlebih dahulu. Berikut beberapa hal yang akan kamu pelajari saat belajar bahasa inggris melalui menulis.

1. Kemapuan menggunakan kata – kata yang berbeda yang memiliki arti sama menjadi terasah

Dalam menulis, penggunaan kata-kata berbeda yang memiliki makna sama merupakan hal yang diperlukan. Mengingat ini adalah untuk variasi tulisan sehingga membuat para pembaca tertatrik untuk membaca tulisan tersebut. Misalnya dalam menulis.

2. Teknik paraphrasing yang perlu digunakan saat menulis

Paraphrasing adalah teknik merubah struktur kalimat dan kosa-kata yang umum dipakai. Biasanya teknik ini digunakan untuk menghindari plagiarisme. Dalam belajar bahasa inggris tentu ini akan sangat berguna karena kita akan menjadi terbiasa dalam merangkai sebuah kalimat ataupun menggunakan kata-kata yang berbeda. Inti dari penerapan teknik ini adalah pembiasaan dalam merangkai kalimat.

3. Menggunakan antonim dari beberapa kata akan lebih membuat tulisan menjadi lebih baik

Selain teknik yang sudah disebutkan diatas, teknik antonim merupakan teknik yang perlu digunakan. Selain mampu memanipulasi kata-kata, penerapannya juga akan sangat membantu dalam memperluas kosa-kata yang dimiliki. Semakin banyak kata yang dimiliki, semakin percaya diri seseorang dalam berbicara karena ketika bicara tidak akan ragu ketika kehabisan kata-kata.

4. Grammar yang tadinya menakutkan akan menjadi menantang untuk di pelajari saat menulis.

Tulisan yang baik adalah tulisan yang terstruktur dengan baik dengan pemakaian bentuk kata beserta grammarnya yang tepat. Penggunaan grammar yang tepat akan membuat pembaca mengerti dengan mudah apa yang sedang mereka baca. Tentu saja, dalam hal ini akan ada trial dan error, tetapi itulah letak menantangnya bagi penulis. Penulis akan membaca sebanyak mungkin dan berusaha memahami grammar yang dimiliki setiap tulisan.

5. Penyusunan kalimat berikutnya akan lebih teratur karena menulis akan melibatkan kemampuan penyusunan topik dan sub topik  yang benar.

Tidak hanya kalimat dan kosa-kata yang yang menjadi lebih baik, tetapi juga paragraph yang lebih terorganisir dengan baik. Tatat letak dalam setiap tulisan adalah krusial adanya. Jika sudah terbiasa untuk mengatur tulisan. Disaat anda menulis surat ataupun email, email anda akan terlihat lebih natural.

Tes Bahasa Inggris Online GratisIngin belajar bahasa inggris secara online, daftar sekarang di English Cafe Bali online course. Kamu akan diberikan materi yang pas, video listening yang mendukung, praktek berbicara bahasa inggris/konsultasi melalui video call. Kamu juga bisa tes kemampuan bahasa inggris supaya lebih paham dan ingat lebih lama. Atau bisa datang dan belajar langsung ke kantor English Cafe Bali. Silahkan hubungi English Cafe Bali melalui nomor kami di (0361) 481910.

Leave a Comment