fbpx

Kelebihan dan kekurangan Kursus bahasa Inggris secara Online

Gede Murta

Kelebihan dan kekurangan Kursus bahasa Inggris secara Online. Belajar bahasa inggris secara online saat ini terus berkembang. Kepraktisan dan kebebasan dalam belajar tanpa harus datang ke sekolah secara berulang – ulang, tanpa takut ilmu yang dipelajari akan hilang. Online course menjadi idaman bagi orang yang ingin menghindari beberapa suasana kelas yang cukup tegang. Supaya kamu bisa memutuskan antara kursus online atau langsung datang, berikut beberapa keuntungan dan kekurangan kursus bahasa inggris secara online yang semoga dapat memberimu titik terang dalam membuat keputusan yang menguntungkan. Kamu juga bisa membaca artikel English Cafe Bali yang berjudul 6 Tips memilih kursus bahasa inggris online yang bisa kamu pertimbangkan sebagai acuan.

Tes Bahasa Inggris Online Gratis

Kelebihan kursus bahasa inggris secara online

Kelebihan kursus bahasa inggris

1. Waktu belajar yang fleksibel

Kamu bebas menentukan jam belajarmu dan tidak perlu harus belajar diwaktu yang sama. Waktu dan tempat belajar bisa disesuaikan dengan mood mu.

2. Lebih praktis daripada harus datang ke sekolah atau lembaga bahasa

Pulang kerja, mandi, dan makan, kamu bisa langsung buka laptop dan belajar bahasa inggris dengan menyenangkan seperti mendengarkan video dan menjawab soal tes kemampuan bahasa inggris yang sudah disediakan.

Baca juga: Belajar simple past tense dengan film

 

3. Tidak terlalu mahal dan biaya masih bisa disesuaikan

Kursus bahasa inggris online lebih murah daripada kursus di sekolah atau lembaga pelatihan bahasa inggris karena tidak langsung bertemu pendidik dan tidak belajar di kelas.

4. Lebih nyaman dan lebih santai

Seperti pada point nomor 2 sebelumnya, kamu bisa sesuaikan waktu belajar dengan waktu santaimu. Belajar di pantai ditemani es kelapa muda sambil mendengarkan atau menonton video bahasa inggris yang sudah diatur oleh kursus online mu akan menjadi sangat menyenangkan.

5. Menjadi lebih mandiri

Kamu akan belajar dalam mengalokasikan waktumu sendiri. Kamu akan menjadi mandiri dalam mengatur waktu belajar, waktu istirahat, waktu mengerjakan soal materi bahasa inggris dan menumbuhkan semngat motivasi belajarmu. Karena di menit kamu berhasil memotivasi dirimu melawan yang namanya kemalasan, kamu akan bisa berhasil.

Baca juga: 5 situs belajar bahasa inggris yang fun

 

6. Bisa menghindari diskriminasi diantara siswa

Pernah terpikir olehmu suasana kelas yang terdiri dari lebih dari 6 orang siswa apalagi yang sampai puluhan. Seorang tenaga pendidik juga mempunyai batasan dalam memberikan fokus pembelajaran terhadap siswanya. Terkadang akan ada saat dimana siswa A lebih banyak mendapat kesempatan sedangkan siswa yang lainnya yang takut berekspresi hanya akan diam dan terlewatkan. Dengan kursus bahasa inggris online, kamu akan terhindar dari hal tersebut. Karena sistem kursus online ini adalah 1 on 1 dan bisa dilakukan di rumahmu.

 

 

Kekurangan kursus bahasa inggris secara online

Kekurangan kursus bahasa inggris
1. Harus memiliki komitmen belajar

Karena kursus online adalah kursus yang menggunakan sistem student centered learning, makan dipastikan kamu harus memiliki motivasi dan kemauan kuat dalam belajar. Jika kamu suka malas dan sering menunda – nunda waktu belajar, maka hasil belajar tidak akan maksimal.

Baca juga: 10 tipe belajar bahasa inggris sesuai karaktermu, kamu yang mana?

 

2. Bimbingan pendidik yang tidak 100%

Nah, bagi kamu yang merasa butuh bimbingan penuh, kamu bisa mendapatkannya jika belajar di lembaga pelatihan bahasa inggris. Kursus bahasa inggris online hanya dapat memberikan layanan yang kurang maksimal dibandingkan saat berada di kelas.

3. Akan sedikit sulit bagi siswa yang extrovert.

Bagi kamu yang suka belajar bersama teman dan beramai – ramai, hal ini akan cukup sulit karena online course hanya untuk perorangan/privat.

Ingat Belajar itu bukan hanya tentang tempat dan mahalnya biaya, tetapi tentang bagaimana motivasi belajar dan rasa keingintahuan yang kita kembangkan.

Baca juga:

Quote/motivasi bahasa inggris penyemangat belajar

10 tips asik belajar bahasa inggris

 

Kenapa bahasa inggrismu segitu-segitu saja?

Wajar saja karena banyak sebab. Yang pertama adalah karena kamu kurang terbiasa dengan bahasa inggris. Smartphone kamu saja masih berbahasa Indonesia. Sebab yang keduanya itu karena kamu adalah tipe gerak. Kamu tipe yang harus belajar dan dijelaskan langsung oleh guru secara fun dan sekaligus langsung praktik. Dan sebab yang terakhir adalah kamu takut mencoba ikut kursus bahasa inggris.

Kamu tidak salah. Banyak orang juga takut kursus bahasa inggris. Takut harganya mahal dan tidak sesuai hasil. Tidak berani membuat kesalahan saat belajar di tempat kursus yang ramai dan guru yang galak. Ragu akan jadwal dan waktu luangmu yang tidak sesuai dan tidak cukup. Yang terakhir adalah kamu takut bosan dengan pembelajarannya.

Solusinya untuk bisa bahasa inggris adalah dibawah ini 

  1. Pertama kamu ganti bahasa smartphone kamu menjadi English. 
  2. Kedua, ikut kursus bahasa inggris yang jadwalnya fleksibel tanpa takut hangus. 
  3. Ketiga pilih sistem private atau kelas kecil biar lebih bebas. 
  4. Jika ingin kursus online, pilih kursus online dengan Zoom yang langsung face to face dengan gurunya. 
  5. Cari kursus bahasa Inggris yang BERANI Memberikan jaminan 100% uang kembali.

Kursus bahasa inggris di English Cafe Bali terjamin

English Cafe Bali adalah lembaga professional dalam memberikan program belajar Bahasa Inggris On-line. Semua program Bahasa Inggris seperti IELTS/TOEFL, Speaking atau kelas Conversation, General dan program spesial untuk karyawan, hospitality dan medical semua tersedia.

Program kami juga bisa di custom sesuai permintaan kamu. Semua pengajar kami qualified dan terakreditasi.

Ambil program kami dan kami jamin 100% UANG KEMBALI jika kamu tidak puas dengan kualitas pengajar, sistem pengajaran dan platform kami. NO HURT FEELING GUARANTEED

Leave a Comment