10 Cara Belajar Bahasa Inggris, Kamu Tipe Yang Mana?

Banyak cara belajar bahasa inggris yang bisa dikategorikan sesuai dengan tipe belajar. Tipe belajarmu akan ditentukan dari cara, media, dan motivasi belajar bahasa inggris yang kamu gunakan. Kamu suka menonton banyak video di youtube yang bertema internasional dimana bahasa yang digunakan adalah bahasa inggris. Menonton video youtube yang berisi cuplikan beberapa film terkenal yang membahas 1 topik yang spesifik juga menjadi pilihanmu. Salah satu chanel youtube yang kamu suka untuk belajar bahasa inggris adalah Learn From Movies. Dari chanel ini kamu dapat belajar bahasa inggrisnya salam, cara memperkenalkan diri dan lain lain secara menyenangkan dan sekaligus menjadikannya sebagai referensi untuk daftar film yang ingin kamu tonton berikutnya.

Nah, kategori yang telah dijelaskan dalam beberapa kalimat di atas adalah salah satu tipe pembelajar bahasa inggris yang akan kita bahasa kali ini yaitu tipe Bioskop. Apa saja tipe lainnya, mari simak dengan cermat 10 cara belajar bahasa inggris yang sesuai tipenya berikut ini.

 

1. Tipe Song on

Lagu adalah sumber inspirasi dan pembelajaran dengan berbagai macam pesan di dalamnya. Mendengarkan lagu bahasa inggris adalah salah satu cara yang menyenangkan yang bisa dibarengi dengan mencari kata-kata yang disuka dan dibuatkan kalimat bahasa inggrisnya. Dengan cara tersebut, kamu bisa melatih menyusun kata dan membuat kalimatmu sendiri. Intinya jangan takut salah.

 

2. Tipe Bioskop

Menonton film mulai dari animation, adventure, action, sci-fi, comedy, horror dan yang lainnya sungguh mengasyikkan. Apalagi jika tergila-gila dengan aksen british atau americannya. Menonton sendiri film-film pilihan di rumah menggunakan laptop secara offline sambil menyalakan subtitel bahasa inggris merupakan cara yang menyenangkan untuk belajar bahasa inggris. Memahami film dengan subtitel atau tanpa subtitel, memilih kalimat yang kamu suka atau yang diingat, kemudian mengembangkannya menjadi 1 paragraf adalah caramu. Kamu juga suka menonton video-video di youtube yang berupa fim dokumenter berbahasa inggris atau kumpulan film-film tertentu yang membahas 1 topik yang kamu suka. Kamu juga bisa sambil mencari referensi film baru dan menambah koleksi film di hard disk 2TB mu.

 

3. Tipe Perpustakaan

Perpustakaan merupakan istanamu. Tempat ini menyediakan segala dunia bacaan yang pernah terlintas di pikiranmu. Membaca banyak cerita, artikel, essay, ilmiah yang menggunakan bahasa inggris baik di perpustakaan sekolah, universitas, umum, maupun online selalu kamu geluti. Ini sudah menjadi rutinitasmu karena memang kamu lebih suka belajar bahasa inggris dengan melakukan hal ini.

 

4. Tipe Rumus

Grammar adalah hal yang pertama kamu pelajari, kemudian lanjut belajar ke speaking karena menurutmu belajar grammar sangat penting untuk bisa berbicara dengan baik dan benar. Kamu sangat teliti akan grammar dan struktur kalimat sesorang ketika mereka sedang berbicara dan tidak segan untuk mengatakan bahwa grammar dalam kalimat mereka salah dan perlu diperbaiki. Hal ini karena kamu belajar bahasa inggris dengan cara memperhatikan grammar seseorang ketika berbicara dalam bahasa inggris.

 

5. Tipe Praktik

Kamu berpikir bahwa bahasa inggris itu akan lebih cepat dipahami dengan cara praktik berbicara secara langsung. Speaking adalah hal pertama yang kamu lakukan kemudian setelah selesai kamu akan belajar tentang struktur dan grammarnya karena kemampuan berbicara lebih penting daripada belajar grammar yang memusingkan.

 

6. Tipe PDKT

Belajar Bahasa inggris bersama memang adalah fokusmu. Kamu suka mempraktekkan percakapan dengan topik bahasa inggris yang berbeda tanpa terlalu terbelenggu grammar. Permainan dengan tema bahasa inggris yang seru juga kamu lakukan. Tetapi kamu juga menyisipkan 20% waktu untuk momen PDKT sambil menunjukkan ke dia bahwa kamu adalah laki-laki atau perempuan yang rajin belajar dan punya masa depan yang cerah. Karena kepintaran tidak hanya berguna ketika di sekolah tetapi di dunia dewasa dimana kita berkutat dalam pekerjaan.

 

7. Tipe Sayang ORTU

Belajar dengan orang tua selain nyangkut di kepala, tetapi juga selalu lekat di hati. Banyak remaja yang berpendapat bahwa belajar dengan orang tua sendiri itu tidak cool, terasa kikuk dan tidak bebas mengungkapkan pendapat tetapi tidak dirimu. Kamu berpendapat bahwa belajar dengan orang tua sendiri adalah hal yang mengasikkan karena orang tua yang paling mengerti dirimu, yang bisa jujur tentang kamu, dan orang tua adalah orang yang paling peduli padamu.

 

8. Tipe Kangen sekolah 

Bagimu,tidak ada tempat yang lebih baik dari sekolah karena di sini adalah tempatmu untuk menunjukkan bakat, tempatmu berkompetisi, tempatmu mencari teman baru dan memenuhi ambisimu untuk dianggap oleh orang lain. Bahasa inggrismu kamu dapatkan dari mading, kelompok belajar di sekolah, guru bahasa inggris favoritmu, dan praktek public speaking yang diminta oleh gurumu sebagai tugas sekolah. Kamu berpendapat bahwa guru di sekolah adalah pembimbing yang membimbing kita meraih prestasi dan masa depan.

 

9. Tipe Explorer

Kamu suka tempat yang terbuka. Duduk di taman ditemani buku pelajaran dan cerita bahasa inggris sambil mendengarkan lagu bahasa inggris favoritmu. Nikmatnya udara segar yang dihembuskan angin sepoi-sepoi menjadi obat penyemangat belajarmu di tempat terbuka. Tidak hanya lebih dekat dengan alam, tetapi juga bisa sambil membersihkan paru parumu dengan udara segar yang bersih.

 

10. Tipe Agen Rahasia

Kamu lebih suka belajar di tempat tertutup dan tidak ingin dilihat oleh orang lain. Hal ini karena kamu ingin lebih fokus ketika sedang melakukan aktifitas belajar. Kamu berpendapat bahwa belajar di luar ruangan itu tidak nyaman karena kebisingan dan banyaknya suara yang memecah fokus belajarmu. Kamu memilih tempat kursus bahasa inggris dengan nuansa cafe yang membuatmu merasa belajar bahasa inggris di ruangan tertutup namun dengan nuansa santai dan bebas. 

 

Itulah 10 cara belajar bahasa inggris yang efektif dan menyenangkan. Ingin belajar materi/program bahasa inggris lainnya atau lebih ke praktek berbicara bahasa inggris untuk berbicara bahasa inggris yang lebih lancar guna mencari pekerjaan? atau kesulitan dalam menghadapi ujian seperti ujian sekolah, nasional atau tes bahasa inggris internasional seperti IELTS/TOEFL? Silahkan hubungi WhatsApp kami di 082145458411 atau e-mail di [email protected] untuk mendapatkan informasi lebih detail mengenai info kursus kami. Kalau kalian masih bingung ingin mengambil program kursus apa, kalian bisa mencoba mengikuti tes 2 menit atau Online Placement Test kami secara gratis!