fbpx

Cara Mudah Menulis Teks Bahasa Inggris

Gede Murta

Beberapa waktu yang lalu, sempat ada salah satu visitor yang bertanya melalui aplikasi chat kami tentang cara menulis teks bahasa Inggris yang baik. Menurut saya, menulis sebuah teks tentu nggak mudah dan rasanya susah sekali menemukan ide atau perihal darimana memulainya atau juga apa yang harus kita tulis setelah menemukan ide.

Ketika hal tersebut kalian alami, step-step berikut semoga dapat membantu. BTW, tips di bawah ini bagus untuk kalian yang kemampuan kosakata dan pemahaman terhadap grammarnya paling tidak sudah cukup memadai. Masih baru belajar juga bisa, kok, meskipun cukup sulit untuk menulis panjang-panjang. Jangan lupa siapkan kamus dan orang yang siap mengkoreksi tulisanmu ya!

Step #1: Menemukan IDE!

  • Ide bisa datang dari segala penjuru. Jika kalian mempunyai grup diskusi, ajaklah teman-teman berdiskusi untuk menciptakan sebuah tulisan agar bakat writing kalian terasah. Bisa juga menggunakan sistem game, tulisan menarik yang dinilai oleh guru/dosen bahasa Inggris kalian akan mendapatkan hadiah. Jangan lupakan koran, internet, buku atau artikel berbahasa Inggris yang menjadi acuan kalian dalam menulis.
  • Tulis ide sebanyak-banyaknya sebagai cadangan, meskipun idenya masih mentah dan belum terstruktur. Yang penting ketulis aja. Nantinya kalian bisa memilah mana yang cocok untuk dibuat tulisan dan sesuai dengan kemampuan bahasa Inggris kalian.
  • Buat outline yang berisi garis besar haluan tulisan Anda. Tulislah judul, ide pokok di setiap paragraf, dan apa yang akan dijabarkan dari masing-masing ide pokok tersebut.

Step #2: Mulai buat essay/ tulisannya.

  • Tulis esai berdasarkan outline atau bagan tulisan yang tadi telah disusun. Bagi pemula bisa diawali dengan menulis surat kepada orang tua, orang terdekat, menulis ucapan terima kasih/selamat ulang tahun yang cukup panjang, tidak hanya satu atau dua kalimat.
  • Kumpulkan deh kemampuan ilmu kalian mulai dari penggunaan tenses, article, modals, etc. Ini penting bagi kalian yang memang ingin melatih kemampuan writing secara maksimal.

Step #3: Lakukan revisi.

  • Revisi yang dilakukan dimulai dengan menelusuri keseluruhan esai yang kalian buat, kemudian menelusuri paragraf demi paragraf, lalu revisi dengan menelusuri kalimat demi kalimat, terakhir lihatlah kata demi kata.
  • Selain menggunakan cara tersebut, kalian juga bisa menggunakan sistem revisi berikut ini:
  1. Tahap pertama: Merevisi keselarasan ide dari satu paragraf ke paragraf lainnya.
  2. Tahap kedua: Merevisi kesalahan penulisan kata.
  3. Tahap ketiga: Merevisi tata bahasa dan kesalahan pemilihan diksi.

Selamat berjuang menulis teks bahasa Inggrisnya, semoga berhasil!

Leave a Comment