fbpx

Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Inggris Writing Skill Melalui Blog

Gede Murta

Kurang pede dengan writing skills kamu? Menulis blog adalah solusinya!

Selain Facebook dan Twitter, banyak sekali social media yang digunakan remaja sekarang untuk menuliskan isi di dalam pikirannya, salah satunya Blog. Kemajuan internet membuat seseorang tidak lagi menghabiskan selusin buku harian untuk bercerita. Tinggal sediakan koneksi internet yang oke, mood untuk menulis yang baik, tulisan yang sopan dan berbobot, and voila! Blog pribadi siap dipublikasikan.

Blog berbahasa Indonesia dengan ide-ide tulisan yang menarik masih menjadi primadona untuk dikunjungi. Nah bagaimana halnya dengan blog berbahasa Inggris? Seperti yang kita tahu bahwa tidak semua orang Indonesia mengerti tentang isi blog dalam bahasa Inggris, sehingga tidak banyak orang juga yang membuatnya.

Selain alasan takut karena kesalahan menulis yang terlalu kentara, rasa percaya diri untuk memulai juga sulit untuk muncul. Tahukah Anda bahwa sebuah blog berbahasa Inggris memiliki keuntungan tersendiri bagi pemiliknya? Melalui blog berbahasa Inggris, selain terlihat lebih intelek, luasnya jangkauan pembaca blog juga seakan-akan diciptakan tanpa batas. Dengan demikian Anda sebagai pemilik blog leluasa untuk menjangkau pembaca dari seluruh dunia.

Selain itu, Anda juga lebih dikenal banyak orang dan memiliki teman dari seluruh dunia. Rasanya, berkat kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris yang baik, keberuntungan akan selalu antri 🙂

Writing Skills

Blog yang dibuat secara gratis masih digemari oleh masyarakat. Wadah berkomunikasi di dunia maya ataupun juga untuk sharing atau berbagi ilmu dan informasi tersebut memuat beragam isi sesuai keinginan pemiliknya dan tentu setiap orang berbondong-bondong mempromosikan blognya untuk lebih dikenal.

Lalu, bagaimana blog mampu meningkatkan writing skills alias kemampuan menulis dalam bahasa Inggris? Dengan blog berbahasa Inggris maka secara otomatis Anda akan mengundang orang-orang dari berbagai penjuru dunia untuk membaca dan mengerti isi tulisan Anda.

Fitur-fitur yang ada didalam blog akan membantu Anda dalam belajar menulis, mengedit, membuat draft, menanggapi, bahkan menyelipkan gambar atau video yang dapat membuat pembaca tertarik mengenai bahasa Inggris. Melalui fitur-fitur tersebut, Anda dapat termotivasi untuk lebih sering menulis, tentunya dengan bahasa Inggris.

Apakah Anda berfikir hal itu sulit? Sekarang coba temukan berapa banyak orang-orang yang menuliskan keuntungannya membuat blog bahasa Inggris. Jadikan testimonial mereka sebagai panduan Anda untuk meniru kesuksesan yang sama. Dengan kemauan yang kuat dan cara belajar Bahasa Inggris yang benar, kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris berangsur-angsur akan meningkat.

Dengan begitu, tentu akan semakin percaya diri menulis dalam Bahasa Inggris untuk blog ataupun cerpen, bahkan jurnal. Rajin-rajinlah berlatih menulis dan jangan takut salah. Kalau salah, anggaplah kritik yang diterima sebagai masukan dan bahan evaluasi dalam proses belajar Bahasa Inggris yang sedang Anda jalani sekarang. Belajarlah dari kesalahan yang Anda buat. Terakhir dan paling menentukan, mulailah menulis dalam Bahasa Inggris sekarang.

Satu hal yang Anda harus yakini adalah tulisan Anda, akan sedikit banyak dibaca oleh teman-teman, ataupun orang yang tidak dikenal di dunia maya. Jadi, paling tidak, Anda harus mempersembahkan tulisan terbaik untuk diposting atau ditampilkan di blog. Untuk itu, rasa waspada terhadap kesalahan-kesalahan kecil dalam memproduksi tulisan/artikel akan selalu muncul. Anda akan lebih berhati-hati dalam menulis.

Nah jika Anda masih ragu dengan kesalahan yang Anda lakukan, Anda membutuhkan bantuan seseorang yang mahir bahasa Inggris untuk membantu sejauh mana Anda telah belajar menulis.

Mintalah bantuan guru, ikut les privat kemudian minta pendapat tutor, atau bahkan teman-teman yang mahir bahasa Inggris untuk mengunjungi blog Anda dan memberikan tanggapan mengenai artikel berbahasa Inggris yang dibuat dalam bentuk komentar yang isinya dapat berupa pujian atau ktitik yang membangun.

Anda juga bisa menggunakan jasa English Café untuk belajar bahasa Inggris di Bali, dan kami akan membantu memperlancar kemampuan menulis atau writing skill Anda, baik untuk menulis blog, jurnal, atau bahkan skripsi.

Jadi bagaimana? Mudah kan untuk mulai menulis? Pertama-tama coba dulu dengan menulis status di Twitter, Facebook, Path atau social media lainnya menggunakan bahasa Inggris, tapi bukan kutipan orang lain atau lirik lagu. Tanya ke teman; sudah benar belum?

Leave a Comment