fbpx

5 Tips Menulis Blog Berbahasa Inggris

Gede Murta

Setelah saya membahas tentang Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Inggris (Writing Skill) Melalui Blog, sekarang saatnya saya memberi tips bagaimana Anda bisa memulai membuat blog berbahasa Inggris agar bisa dijangkau oleh pembaca di seluruh dunia.

Hal ini tentu menuntut Anda untuk memiliki skill dasar, yaitu Bahasa Inggris, titik. Eh, satu lagi; dan bisa mengoperasikan bahan dasar untuk membuat blog, yang namanya Blog platform.

Siapa tahu, dengan blog yang Anda buat lengkap dengan tujuan Anda membuat blog tersebut, nantinya akan mendatangkan pundi-pundi rupiah untuk Anda. Caranya gimana? Let’s check it out!

Tips #1

Tentukan tema, set target.

Tema sangat penting dalam membuat blog. Seperti halnya menyusun sebuah event, hal pertama yang kita pikirkan adalah tema. Menentukan tema nantinya akan membuat Anda konsisten untuk menulis artikel yang relevan dan itu akan membuat pembaca nyaman untuk mencari topik yang berkaitan.

Pikirkan juga untuk tujuan apa Anda menulis di blog; apakah hanya ingin menulis kehidupan sehari-hari seperti diary online, bisnis, curhat, hanya untuk belajar bahasa Inggris, membagi ilmu, kepentingan komunitas, charity, dan lain-lain. Jika Anda ingin menulis tentang traveling, maka tambahkanlah setiap detail kegiatan Anda ketika bepergian ke suatu tempat dan hal-hal unik di lokasi tersebut.

Hal ini juga akan dapat menaikkan blog rank Anda sehingga semakin banyak dibaca orang. Tema juga bisa muncul tergantung dari pekerjaan yang Anda lakukan sehari-hari.

Meskipun Anda menganggap menulis blog adalah sebuah hobi semata, tapi tetap saja memerlukan ketekunan dan rencana yang matang untuk mencapai hasil yang maksimal.

Tanpa hal tersebut, Anda pada akhirnya akan bosan dan malah beralih ke topik lainnya. Melalui target yang Anda tentukan, Anda dapat menjadikannya bahan evaluasi untuk mengembangkan blog berbahasa Inggris Anda.

Tips #2

Memilih platform blog

Penentuan blog platform dilakukan berdasarkan kebutuhan dan kemampuan Anda dalam menulis. Kalau Anda pemula dan hanya ingin curhat dan belajar membuat tulisan bahasa Inggris, Anda bisa menggunakan blog gratis seperti blogspot dan wordpress. Namun jika untuk bisnis dan menyasar komunitas pembaca tertentu, Anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan blog berbayar atau menambahkan domain pada blog Anda.

Tips #3

Buat outline a.k.a badan artikel

Well, setelah teknis pilih memilih selesai, maka dilanjutkan kepada tulis menulis. Pertama-tama, buatlah outline atau garis besar terlebih dulu. Saya kasih contoh nih, misalnya saya mau buat artikel “5 Awesome Tricks to Help You Learn English Better“, jadi outline yang harus dibuat setelah judul adalah:

  • Paragraf pembuka; membahas tentang masalah terkait dengan judul dan manfaat yang diperoleh pembaca jika membaca artikel ini
  • Isi; pembahasan yang ingin disampaikan
  • Paragraf penutup; kesimpulan dari artikel tersebut
  • Kalimat penutup; kalimat persuasif/ajakan kepada pembaca (call to action)

Tips #4

Perlu copy paste dari Google Translator?

Jika Anda menemukan sebuah blog yang bahasa Inggrisnya ‘kaku’ banget, bisa jadi itu peran serta Google Translator. Usahakan jangan ya! Itu bisa membuat kredibilitas Anda sebagai seorang blogger turun, lho! Bukannya dimengerti oleh pembaca asing, tapi nanti malah dikritik.

Saran saya jika Anda sudah ‘terbiasa’ menggunakan mesin penterjemah, selesaikan dulu ide Anda ke dalam bahasa Indonesia yang baku. Lakukan pengecekan berulang-ulang dan cari kata-kata baru dengan arti yang sama agar tidak monoton.

Cara termudah untuk menambah vocabulary adalah dengan banyak membaca, yaitu membaca website-website yang sudah terkenal sesuai dengan topik menjadi minat Anda. Buatlah catatan pribadi atas vocabulary itu. Tambahkan beberapa idiom, atau phrase yang berbeda dari mesin translator.

Anda harus membiasakan ini sehingga kemampuan menulis blog berbahasa Inggris Anda pun semakin meningkat. Catat kata sulit dalam terjemahan tersebut. Evaluasi perkembangannya berdasarkan jumlah social media share, komentar, dan jumlah pengunjung setiap harinya. Dengan demikian Anda akan memahami perbaikan yang perlu dilakukan.

Tips #5

Check, Check, Check!

Membuat tulisan di blog, apalagi menggunakan bahasa Inggris, perlu dilatih setiap hari. Sebelum Anda mem-posting tulisan Anda, sudah seharusnya Anda melakukan pengecekan terlebih dahulu, khususnya untuk kesalahan pengetikan. Anda bisa menggunakan aplikasi checker online untuk mengetahui seberapa banyak kesalahan yang Anda buat. Dengan begitu, Anda bisa tahu seberapa jauh kemampuan Anda dalam menulis blog dan kemampuan berbahasa Inggris Anda.

Sudah? Anda siap?
Yak, mulailah step #1. Selamat latihan ya! 🙂

Baca juga:

Leave a Comment