fbpx

Cara Lain Mengungkapkan ‘Goodbye’ dalam Bahasa Inggris

Gede Murta

Cara Lain Mengungkapkan ‘Goodbye’ dalam Bahasa Inggris

ungkapan goodbye

Sangatlah menyenangkan jika kita tahu banyak kosakata dalam bahasa Inggris yang (pada dasarnya) memiliki arti yang sama tapi bisa diganti dengan kata lain. Pasti kamu pernah merasa bosan bukan menanyakan kabar seseorang hanya dengan menanyakan “how are you?”? Kalimat “how are you” memang yang paling umum digunakan untuk menanyakan kabar  padahal masih ada kata atau kalimat lain yang bisa digunakan agar tidak terkesan boring. Sama seperti halnya dengan kata “goodbye”. Pada umumnya, orang-orang mengungkapkan selamat tinggal dalam bahasa Inggris dengan kata goodbye. Kata “goodbye” juga memiliki kata lain yang bermakna sama yaitu selamat tinggal. Berikut merupakan cara lain mengungkapkan goodbye dalam bahasa Inggris. Disimak ya!

Tes Bahasa Inggris Online Gratis

FORMAL

  • Goodbye – Ungkapan ini merupakan salah satu yang paling sering digunakan untuk berpisah dengan seseorang. Ungkapan ini juga dianggap formal karena kamu bisa menggunakan ini untuk orang yang lebih tua, sebaya, maupun kepada yang lebih muda.
  • Farewell – Ungkapan ini terbilang cukup formal dan terdengar lebih berperasaan. Biasanya diucapkan di film dimana sepasang kekasih berpisah dan tidak akan bertemu lagi. Ungkapan ini juga terdengar sedikit ‘lebay’ dalam percakapan sehari-hari.
  • Have a good day (atau have a nice day, have a good evening, have a good night) – Kamu bisa mengatakan ungkapan ini kepada seseorang yang tidak begitu kamu kenal seperti seorang yang kamu temui di jalan atau teman dari teman.
  • Take care – Ungkapan ini terdengar cukup formal tetapi tidak seformal ungkapan diatas. Kamu bisa menggunakan ini jika kamu akan berpisah dengan seseorang dalam waktu yang cukup lama.

Baca juga: 10 cara lain mengatakan you are welcome 

ungkapan goodbye (1)

INFORMAL

  • Bye! – Ini adalah ungkapan yang paling sering digunakan oleh banyak orang dan bisa ditujukan ke siapa saja. Umumnya, ‘bye’ diucapkan di akhir percakapan.
  • Bye bye! – Biasanya diungkapkan oleh anak kecil ketika berbicara dengan orang yang lebih tua. Ketika orang dewasa yang mengatakan ‘bye bye’, seringkali akan terdengar kekanak-kanakan, genit, atau menggoda.
  • Later! – Ungkapan ini terdengar lebih santai dan cool. Biasanya dikatakan oleh pria dan seringkali diakhiri dengan kata ‘man’, ‘bro’, ‘dude’, atau ‘dear’.
  • See you later! / Talk to you later! – Jika kamu bertemu seseorang secara langsung, kamu mengatakan see you later yang berarti sampai jumpa lagi. Jika kamu menelepon seseorang, maka kamu akan mengatakan talk to you later yang berarti bicara lagi di lain waktu.
  • Have a good one! – Ungkapan ini sama artinya dengan have a good day atau have a good night, namun terdengar lebih santai dan lebih ‘intim’.
  • So long – Kamu akan jarang sekali mendengar ungkapan ini diucapkan dalam obrolan sehari-hari. Ungkapan ini biasanya sering ditemukan dalam headline berita di media cetak atau lainnya.
  • All right then – Ungkapan ini lebih sering digunakan oleh orang-orang di negara bagian selatan Amerika daripada negara bagian lainnya. Ungkapan ini terdengar santai dan biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari.

ungkapan goodbye (2)

BAHASA GAUL

  • Catch you later – Ungkapan ini adalah variasi dari see you later yang bisa kamu gunakan jika ingin terdengar ramah dan tidak terlalu formal.
  • Peace! / Peace out – Ungkapan ini bermula dari aliran musik hip-hop dan sangat terkenal di era 90an. Masih ada beberapa orang yang menggunakannya walaupun ungkapan ini agak ketinggalan jaman.
  • I’m out! – Ungkapan ini juga berasal dari budaya musik hip-hop yang berarti kamu senang akhirnya bisa pergi.

Baca juga: Cara lain untuk mengatakan nice to meet you

BONUS!

Beberapa ucapan selamat tinggal di bawah ini berasal dari bahasa asing yang sering sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari baik jika kamu berbahasa Inggris atau bahasa lainnya. Ucapan ini sering dianggap sebagai bahasa gaul.

  • Adios! – Berasal dari bahasa Spanyol dan merupakan ungkapan selamat tinggal yang friendly. Biasanya diucapkan bersamaan dengan kata amigos yang berarti teman.
  • Ciao! (baca: cao) – Kata ini berasal dari bahasa Italia. Ketika kamu menggunakan kata ini untuk mengucapkan selamat tinggal, maka kamu akan terdengar keren. Hehe.
  • Au revoir (baca: oo révoa) – Pengguna bahasa Inggris yang menggunakan ungkapan ini akan terdengar romantis. Wajar saja karena ungkapan ini berasal dari bahasa Perancis. Namun biasanya orang-orang menggunakan ucapan ini hanya untuk bersenda-gurau.
  • Sayonara! – Ada yang tahu kata ini berasal dari bahasa apa? Yup, betul sekali! Kata ini berasal dari bahasa Jepang. Pengguna bahasa Inggris biasanya menggunakan kata sayonara untuk mengucapkan selamat tinggal kepada orang yang tidak akan kamu temui lagi.

Gimana? Kosakatamu tentang cara lain mengungkapkan ‘goodbye’ dalam bahasa Inggris sudah bertambah ‘kan sekarang? Selain dengan ‘goodbye’ kamu sekarang bisa mengucapkan selamat tinggal dengan ungkapan lainnya dalam bahasa Inggris, bahkan dengan bahasa lainnya juga! Kalian bisa jadikan cara lain mengungkapkan ‘goodbye’ dalam bahasa Inggris ini sebagai referensi kalian kedepannya. Keep on practicing and we’ll catch you later! Bye…

Tonton video berikut untuk lebih jelasnya

 

Ngomong-ngomong, adakah yang masih sering mengalami kesulitan dalam bahasa Inggris?

Wajar saja karena banyak sebab. Yang pertama adalah karena kamu kurang terbiasa dengan bahasa inggris. Smartphone kamu saja masih berbahasa Indonesia. Sebab yang keduanya itu karena kamu adalah tipe gerak. Kamu tipe yang harus belajar dan dijelaskan langsung oleh guru secara fun dan sekaligus langsung praktik. Dan sebab yang terakhir adalah kamu takut mencoba ikut kursus bahasa inggris.

Kamu tidak salah. Banyak orang juga takut kursus bahasa inggris. Takut harganya mahal dan tidak sesuai hasil. Ataupun juga takut membuat kesalahan saat belajar di tempat kursus yang ramai dan guru yang galak. Takut jadwal dan waktu luangmu yang tidak sesuai dan tidak cukup. Yang terakhir adalah kamu takut bosan dengan pembelajarannya. 

Solusinya untuk bisa bahasa Inggris  adalah dibawah ini 

  1. Pertama kamu ganti bahasa smartphone kamu menjadi English. 
  2. Kedua, ikut kursus bahasa inggris yang jadwalnya fleksibel tanpa takut hangus. 
  3. Ketiga pilih sistem private atau kelas kecil biar lebih bebas. 
  4. Keempat pilih kursus bahasa inggris online zoom yang langsung face to face dengan gurunya. 
  5. Cari kursus bahasa Inggris yang BERANI Memberi JAMINAN UANG KEMBALI. Di English Cafe kami jamin 100% UANG KEMBALI. Jika kamu tidak sreg dengan kualitas tutor dan module kami.

Coba Sekarang (Ungu)

Di English Cafe, kami adalah professional di bidang Bahasa Inggris. Semua program Bahasa Inggris seperti IELTS/TOEFL, General English dan program special untuk karyawan, hospitality dan medical semua tersedia. Program kita juga bisa di custom sesuai permintaan kamu lho. Semua tutor kami qualified dan terakreditasi. Ambil program kami dan kami jamin 100% UANG KEMBALI jika kamu tidak puas dengan kualitas tutor, sistem pengajaran kami dan platform kami. Yuk datang ke English Cafe di Jalan Gunung Soputan I 16 A Denpasar atau kalian bisa menghubungi kami melalui WA di nomor 082145458411. We’ll get you addicted to English!

Leave a Comment