Sangatlah menyenangkan jika kita tahu banyak kata dalam bahasa Inggris yang (pada dasarnya) memiliki arti yang sama. Pasti kamu pernah merasa bosan menanyakan kabar seseorang hanya dengan menanyakan ‘how are you?’, ‘kan? Kamu bisa menanyakan kabar seseorang dengan mengatakan ‘how is it going?’ atau ‘how are you holding up?’ Selain bisa menambah pengetahuanmu tentang kosakata dan ungkapan bahasa Inggris, kamu juga akan menjadi lebih mahir dalam berbicara! Sekarang kita akan membahas tentang cara-cara lain untuk mengatakan selamat tinggal selain goodbye. Disimak ya!

FORMAL

  • Goodbye – Ungkapan ini merupakan salah satu yang paling sering digunakan untuk berpisah dengan seseorang. Ungkapan ini juga dianggap formal karena kamu bisa menggunakan ini untuk orang yang lebih tua, sebaya, maupun kepada yang lebih muda.
  • Farewell – Ungkapan ini terbilang cukup formal dan terdengar lebih berperasaan. Biasanya diucapkan di film dimana sepasang kekasih berpisah dan tidak akan bertemu lagi. Ungkapan ini juga terdengar sedikit ‘lebay’ dalam percakapan sehari-hari.
  • Have a good day (atau have a nice day, have a good evening, have a good night) – Kamu bisa mengatakan ungkapan ini kepada seseorang yang tidak begitu kamu kenal seperti seorang yang kamu temui di jalan atau teman dari teman.
  • Take care – Ungkapan ini terdengar cukup formal tetapi tidak seformal ungkapan diatas. Kamu bisa menggunakan ini jika kamu akan berpisah dengan seseorang dalam waktu yang cukup lama.

INFORMAL

  • Bye! – Ini adalah ungkapan yang paling sering digunakan oleh banyak orang dan bisa ditujukan ke siapa saja. Umumnya, ‘bye’ diucapkan di akhir percakapan.
  • Bye bye! – Biasanya diungkapkan oleh anak kecil ketika berbicara dengan orang yang lebih tua. Ketika orang dewasa yang mengatakan ‘bye bye’, seringkali akan terdengar kekanak-kanakan, genit, atau menggoda.
  • Later! – Ungkapan ini terdengar lebih santai dan cool. Biasanya dikatakan oleh pria dan seringkali diakhiri dengan kata ‘man’, ‘bro’, ‘dude’, atau ‘dear’.
  • See you later! / Talk to you later! – Jika kamu bertemu seseorang secara langsung, kamu mengatakan see you later yang berarti sampai jumpa lagi. Jika kamu menelepon seseorang, maka kamu akan mengatakan talk to you later yang berarti bicara lagi di lain waktu.
  • Have a good one! – Ungkapan ini sama artinya dengan have a good day atau have a good night, namun terdengar lebih santai dan lebih ‘intim’.
  • So long – Kamu akan jarang sekali mendengar ungkapan ini diucapkan dalam obrolan sehari-hari. Ungkapan ini biasanya sering ditemukan dalam headline berita di media cetak atau lainnya.
  • All right then – Ungkapan ini lebih sering digunakan oleh orang-orang di negara bagian selatan Amerika daripada negara bagian lainnya. Ungkapan ini terdengar santai dan biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari.

BAHASA GAUL

  • Catch you later – Ungkapan ini adalah variasi dari see you later yang bisa kamu gunakan jika ingin terdengar ramah dan tidak terlalu formal.
  • Peace! / Peace out – Ungkapan ini bermula dari aliran musik hip-hop dan sangat terkenal di era 90an. Masih ada beberapa orang yang menggunakannya walaupun ungkapan ini agak ketinggalan jaman.
  • I’m out! – Ungkapan ini juga berasal dari budaya musik hip-hop yang berarti kamu senang akhirnya bisa pergi.

BONUS!

Beberapa ucapan selamat tinggal di bawah ini berasal dari bahasa asing yang sering sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari baik jika kamu berbahasa Inggris atau bahasa lainnya. Ucapan ini sering dianggap sebagai bahasa gaul.

  • Adios! – Berasal dari bahasa Spanyol dan merupakan ungkapan selamat tinggal yang friendly. Biasanya diucapkan bersamaan dengan kata amigos yang berarti teman.
  • Ciao! (baca: cao) – Kata ini berasal dari bahasa Italia. Ketika kamu menggunakan kata ini untuk mengucapkan selamat tinggal, maka kamu akan terdengar keren. Hehe.
  • Au revoir (baca: oo révoa) – Pengguna bahasa Inggris yang menggunakan ungkapan ini akan terdengar romantis. Wajar saja karena ungkapan ini berasal dari bahasa Perancis. Namun biasanya orang-orang menggunakan ucapan ini hanya untuk bersenda-gurau.
  • Sayonara! – Ada yang tahu kata ini berasal dari bahasa apa? Yup, betul sekali! Kata ini berasal dari bahasa Jepang. Pengguna bahasa Inggris biasanya menggunakan kata sayonara untuk mengucapkan selamat tinggal kepada orang yang tidak akan kamu temui lagi.

Gimana? Kosakatamu sudah bertambah ‘kan sekarang? Selain dengan ‘goodbye’ kamu sekarang bisa mengucapkan selamat tinggal dengan ungkapan lainnya dalam bahasa Inggris, bahkan dengan bahasa lainnya juga! Keep on practicing and we’ll catch you later! Bye…

 

Baca juga: