fbpx

Tips Menghadapi IELTS Test

Gede Murta

Tips Menghadapi IELTS Test

Tips menghadapi IELTS test. Ada rencana kuliah atau bekerja ke luar negeri? Contohnya adalah benua tetangga, Australia. Salah satu syarat untuk bekerja atau kuliah di luar negeri adalah IELTS.

Tes Bahasa Inggris Online Gratis

Ini penting untuk membuktikan bahwa kemampuan komunikasi bahasa inggris baik mendengar, berbicara, menulis dan membaca sudah sesuai standar di negara tersebut. Nah, karena biaya yang mahal untuk sekali tes IELTS, perlu sekali dilakukan persiapan sebaik mungkin sehingga tesnya bisa berjalan lancar.  Ayo kita cek bagaimana tips menghadapi IELTS test agar bisa mengatur strategi dari segi waktu dan prediksi soal.

Baca Juga: Apa itu IELTS beserta pembahasan lengkapnya

 

A. Tips IELTS Test – Listening

Tips IELTS Test – Listening

Listening dianggap perkara yang cukup sulit dalam test ini. Tidak adanya pengulangan dalam mendengarkan membuat peserta cukup ketar-ketir. Waah..
Ini dia tips menghadapi listening test:

Tips 1. Baca soal

Sebelum tes dimulai, kalian akan diberikan waktu untuk membaca dan menganalisa soal terlebih dahulu. Bacalah dengan cermat, dan pastikan soal mana yang lebih sulit dan memerlukan waktu banyak untuk mengerti. Ini akan mempermudah prediksi kira-kira soal seperti apa yang akan diperdengarkan. Tenang dan fokus, jangan sampai saking fokusnya, pikiranmu melayang kemana-mana.

Tips 2. Prediksi soal

Ketika tes berlangsung, semestinya kita sudah bisa memprediksi apa yang dibicarakan ketika soal telah diperdengarkan, kapan, siapa dan dimana kira-kira pembicaraan berlangsung, sehingga dengan mudah kalian bisa menganalisa soal.

Tips 3. Kenali kata kunci

Pahami betul setiap intonasi dan kata yang diucapkan. Kata-kata kunci biasanya memiliki intonasi yang berbeda dan cenderung ditekankan oleh pembicara. Tidak perlu mengerti kata-per-kata, yang penting kamu paham situasi apa yang sedang terjadi secara umum. Ungkapan-ungkapan juga perlu saat mendengarkan soal, apakah si pembicara sedang marah, terkejut, etc. Itu akan sangat membantu untuk mengatasi kebingungan terhadap kata yang terlewat. Dengarkan juga dengan baik jika ada penyebutan nomor, tanggal, atau nama yang disebutkan. Kita juga harus mengetahui dengan benar bagaimana cara penulisan yang benar karena kalau format jawaban kita salah maka akan dianggap salah.

Baca juga: Tips lengkap IELTS Listening test

 

B. Tips IELTS Reading Test

Tips IELTS Reading Test

Membosankan sekali memang kalau udah ujian reading. Eh tapi, biar nggak membuang waktu, ada baiknya ikuti tips di bawah ini:

1. Baca pertanyaan

Bacalah pertanyaan terlebih dahulu sebelum membaca soal. Hal ini dapat memudahkan mencari topik yang dimaksud dalam teks, sehingga tidak perlu buang-buang waktu membaca dan mengartikan keseluruhan teks.

2. Gunakan teknik membaca skimming

Lakukan metode membaca skimming seperti yang sudah disebutkan di atas. Kamu tidak perlu membaca keseluruhan bacaan, hanya cukup memperhatikan topik utama yang terdapat di bagian awal paragraf. Setelah memahami dengan cepat isi bacaan, baca kembali pertanyaan dan perhatikan kata-kata kunci dari pertanyaan.

Baca juga: Tips lengkap IELTS Reading test

C. Tips IELTS Writing Test

Tips IELTS Writing Test

Writing ini memiliki 2 bagian, yaitu berupa essay yang menjelaskan tentang diagram, tabel, gambar, grafik, etc dan yang kedua menjelaskan suatu topik yang bersifat argumentatif. Karena terdiri dari 2 soal, maka harus disiasati waktunya. Jumlah kata pun tidak boleh kurang.

Tips 1. Identifikasi

Baca soal dengan seksama sebelum menjawab. Pahami pertanyaan dengan baik, dan jawablah SEMUA yang ditanyakan tanpa keluar dari topik bahasan. Identifkasi penggunaan grammar yang sesuai untuk kondisi pertanyaan. Gunakan tenses mana yang tepat untuk menyampaikan data.

Tips 2. Siapkan vocabulary

Tulisan harus bersifat fokus dan tidak bertele-tele, usahakan tidak ada pengulangan atau kata-kata yang repetitif. Jadi kamu harus menyiapkan kosakata yang banyaaak dalam otakmu. Tulis kalimat utama yang lengkap dan menyeluruh yang mampu merangkum semua topik utama dalam tiap paragraf yang ada.

Baca juga: Tips lengkap IELTS writing test

D. Tips IELTS Test – Speaking

Tips IELTS Test – Speaking

Di bagian speaking ini, kamu akan berhadapan dengan native speaker. Jangan panik, tenang dan anggap dia teman kamu yang udah lama nggak jumpa! Hahaha. Speaking ini memiliki 3 bagian. Bagian pertama mengenai perkenalan, biasanya pertanyaan seputar tempat tinggal, pekerjaan, dan keluarga. Bagian kedua akan diberikan daftar pertanyaan yang berkaitan dengan topik tertentu, jadi kamu diminta untuk menjawab singkat. Di bagian ketiga, pewawancara akan menanyakan pertanyaan yang terkait dengan apa yang telah kamu jawab di bagian kedua, semacam follow up questions. Kamu diharapkan untuk dapat menjawabnya sedetail mungkin.

1. Perbanyak vocabulary

Perbanyak penguasaan vocabulary. Mulai dengan banyak membaca dan catat kata-kata yang kalian anggap sulit. Semakin banyak tahu, semakin bervariasi vocabulary yang kamu gunakan ketika berbicara.

2. Perbaiki pengucapan (pronunciation).

Latihan yang baik akan dapat memperbaiki cara pengucapan. Perhatikan bagaimana intonasi atau penekanan sebuah kata yang diucapkan oleh native speaker ketika latihan. Kurangi jeda saat berbicara, perbanyak penggunaan kata penghubung antar kata dan antar kalimat agar apa yang disampaikan selalu berada dalam konteks yang sama. Maksimalkan waktu yang kamu punya untuk latihan speaking terus ya!

3. Sopan

Jika kurang memahami pertanyaan dari pewawancara, kamu bisa meminta agar pertanyaannya diulangi lagi dengan mengucapkan “Pardon me?” atau “Could you repeat the question?”.

Baca juga: Tips lengkap IELTS speaking test

 

Masih belum paham juga?

Wajar saja karena banyak sebab. Yang pertama adalah karena kamu kurang terbiasa dengan bahasa inggris. Smartphone kamu saja masih berbahasa Indonesia. Sebab yang keduanya itu karena kamu adalah tipe gerak. Kamu tipe yang harus belajar dan dijelaskan langsung oleh guru secara fun dan sekaligus langsung praktik. Dan sebab yang terakhir adalah kamu takut mencoba ikut kursus bahasa inggris.

Kamu tidak salah. Banyak orang juga takut kursus bahasa inggris. Takut harganya mahal dan tidak sesuai hasil. Tidak berani membuat kesalahan saat belajar di tempat kursus yang ramai dan guru yang galak. Takut jadwal dan waktu luangmu yang tidak sesuai dan tidak cukup. Yang terakhir adalah kamu takut bosan dengan pembelajarannya.

Solusinya untuk bisa bahasa inggris adalah dibawah ini

  1. Pertama, ganti bahasa smartphone kamu menjadi English. 
  2. Kedua, praktikkan percakapan Bahasa inggrismu secara rutin dengan teacher terbaik sebagai pemandu.
  3. Ketiga, ikut kursus bahasa inggris yang jadwalnya fleksibel tanpa takut hangus. Bisa memilih belajar secara virtual ZOOM langsung bersama teachernya dengan GARANSI 100% UANG KEMBALI untuk kepuasan belajar.

kursus belajar bahasa inggris coba gratis sekarang

English Cafe Bali adalah lembaga profesional dalam program belajar Bahasa Inggris On-line dan langsung. Semua program Bahasa Inggris seperti IELTS/TOEFL Preparation, Speaking dan kelas percakapan, dan program spesial untuk karyawan dari berbagai bidang pekerjaan juga tersedia. Program terbaik dengan jadwal yang bisa sesuai permintaan untuk belajar Bahasa inggris bersama teacher terbaik dan terakreditasi. Ada TES BAHASA INGGRIS GRATIS juga lho!

Hubungi kami segera di WhatsApp 082145458411, telepon 0361481910, atau Email ke [email protected] untuk ambil kelas Bahasa inggrismu sekarang. Dapatkan garansi 100% UANG KEMBALI jika kamu tidak puas dengan kualitas teacher, sistem pembelajaran dan platform kami. NO HURT FEELING GUARANTEED!

Leave a Comment