fbpx

Apa itu IELTS dan penjelasan lengkapnya tentang skor beserta jenisnya

Gede Murta

Apa itu IELTS dan penjelasan lengkapnya tentang skor beserta jenisnya

Apa itu IELTS? Banyak sebenarnya yang masih belum tahu tentang IELTS dan mencari penjelasan lengkapnya. IELTS itu diperlukan bukan dinginkan. Alasan inilah yang menjadikan IELTS sebagai salah satu jenis tes bahasa inggris yang penting. Ditambah lagi IELTS tidak hanya tentang tes bahasa inggris tetapi juga tentang tips dan trik dalam mengerjakannya. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang apa itu ielts, jenis ieltsm skor ielts, dan perbandingan singkatnya dengan tes yang lain.

Tes Bahasa Inggris Online Gratis

1. Apa itu IELTS?

pengertian IELTS

IELTS (International English Language Testing System) adalah tes bahasa inggris internasional dengan 4 skill yang dites yaitu tes listening (mendengarkan) , reading (membaca), writing (menulis), dan speaking (berbicara). Tes IELTS ini juga memiliki 2 jenis tes dan sistem skor yang sedikit berbeda dengan jenis tes bahasa inggris internasional yang lainnya. Tes IELTS ini umumnya gidunakan sebagai syarat pendidikan sekolah atau kuliah dan untuk mencari pekerjaan di luar negeri.

 

2. Jenis IELTS

jenis tes ielts

IELTS adalah program yang dirancang untuk mereka yang ingin melanjutkan kuliah atau bekerja ke luar negeri. Dari sini kita sudah tahu kalau jenis IELTS itu ada dua yaitu IELTS Academic dan IELTS GT. Perbedaan lain antara IELTS Academic dan GT adalah dalam konversi skor yang disesuaikan dengan jumlah tertentu. ILETS hanya ada 2 yaitu IELTS umum (Academic dan IELTS GT) dan IELTS UKVI (IELTS UKVI Academic, IELTS UKVI General Training, dan IELTS Life skills A1 dan B1)

a. IELTS Academic

Jika kamu ingin melanjutkan sekolah atau kuliah ambillah IELTS Academic. IELTS Academic adalah jenis IELTS yang memiliki tingkat kesulitan yang lebih jika dibandingkan dengan IELTS GT.

b. IELTS GT

IELTS GT (General Training) digunakan bagi kamu yang ingin bekerja di luar negeri. Tingkat kesulitan IELTS jenis ini juga lebih rendah dibandingkan dengan yang Academic.

 

3. Sistem skor IELTS itu bagaimana?

sistem skor IELTS

Skor IELTS cukup berbeda dengan tes internasional lainnya. Ketika tes TOEFL menggunakan skor dari puluhan hingga ratusan, IELTS hanya menggunakan kisaran 0 – 9. Nama skornya pun juga cukup simpel yaitu hanya menambahkan kata Band score sebelum nilai total yang didapatkan. Contohnya: Band score 7 atau Band score 7.5. Walaupun begitu, IELTS memiliki kriteria dan sistem penilaian yang detail dan ketat. Berikut adalah sedikit penjelasan dalam bentuk tabel mengenai level dan bank score IELTS.

IELTSscore

scores-official

 

4. Skill yang diteskan apa saja?

skill bahasa inggris yang diteskan

IELTS memiliki 4 skill yang diteskan yaitu mendengar, membaca, menulis, dan berbicara. Ada 2 skill dengan kriteria penilaian yang nantinya akan dikonversi menjadi band score dan 2 skill lainnya tidak ada kriteria tertentu. Berikut adalah penjelasan singkat kriteria skill yang diteskan dalam IELTS.

a. Listening test

Listening memiliki soal campuran berupa pilihan ganda, isian, dan mencocokan. Waktu yang tersedia adalah 30 menit untuk menjawab 40 soal dan 10 menit tambahan untuk memindahkan jawaban dari soal ke lembar jawaban. Listening tidak memiliki kriteria khusus dalam tesnya. Intinya adalah menarik konversi dari jumlah yang benarnya.

Baca juga: IELTS Listening Tips

 

b. Reading test

Reading memiliki jenis soal yang hampir mirip dengan listening test. Namun dalam tes IELTS reading, waktu yang diberikan adalah 60 menit tanpa ada waktu extra untuk menjawab 40 soal.

Baca juga: IELTS Reading Tips

 

c. Writing test

Nah, tes IELTS Writing adalah tes yang cukup membutuhkan ketekunan lebih. Dengan waktu 60 menit untuk menulis 2 task yaitu task 1 dan task 2 memang cukup menantang. Terutama bagi mereka yang benci dengan menulis. Ada 4 kriteria yang dinilai dalam tes writing ini yaitu;

  1. TA/TR (Task Achievement/Task Responsibility) adalah kriteria untuk mengukur seberapa baik kita menjawab pertanyaann writingnya.
  2. CC (Coherence cohesion) adalah kriteria untuk mengukur kebaikan struktur dan hubungannya dengan kalimat dan paragraf lainnya.
  3. LR (Lexical Resources) adalah kriteria pengukur kosakata yang digunakan low, mendium atau high.
  4. GRA (Grammatical Range and Accuracy) adalah kriteria yang menilai grammar atau struktur kalimat yang digunakan.

Ingin tahu apa itu ielts writing tes dan penjelasan lengkap kriterianya?

Baca juga: IELTS Writing Tips

 

d. Speaking test

Banyak yang suka atau malah tidak suka dengan tes berbicara. Tes yang membutuhkan spontanitas dan cara berpikir yang cepat karena kita tidak memiliki waktu untuk mengulang kembali hal yang sudah diucapkan. IELTS Speaking test menggunakan sistem face to face atau tatap muka langsung dengan interviewernya. Waktu tesnya berkisar dari 10 menit sampai dengan 15 menit. Apa itu IELTS speaking test dan apa saja kriterianya? Berikut adalah penjelasannya.

  1. Fluency and Coherence adalah kriteria pengukur kelancaran berbicara dan hubungannya.
  2. Lexical Resource adalah kriteria pengukur kosakata yang digunakan dalam berbicara.
  3. Grammatical Range and Accuracy merupakan penilaian dari segi grammar yang digunakan.
  4. Pronunciation lebih ke pengucapan kata – kata dalam berbicara.

Ada 3 bagian dalam IELTS Speaking test yaitu;

Part 1 adalah tes speaking tentang introduction dan lebih ke tentang diri si test taker. Waktu yang dibutuhkan adalah 4-5 menit.

Part 2 adalah adalah tentang monolog dimana kita diberikan topik dan diminta berbicara selama 2 menit. Waktu yang dihabiskan di sini adalah 3-4 menit.

Part 3 merupakan tes berbicara dengan topik diskusi dengan jawaban yang panjang. waktu yang diberikan di part 3 ini adalah 4-5 menit.

Baca juga: IELTS speaking tips

 

5. Perbandingan tes IELTS dengan tes lain

perbandingan ielts dengan toefl

Ada banyak tes internasional selain IELTS. Jenis tes lainnya seperti TOEFL dan TOEIC juga cukup terkenal di kalangan masyarakat yang ingin melanjutkan sekolah atau kuliah. Berikut adalah perbedaan singkat antara IELTS dan TOEFL.

a. Jenis tes IELTS dan Jenis tes  TOEFL

TOEFL ada 4 jenis yaitu TOEFL ITP,PBT, CBT, dan IBT yang memiliki skill dan waktu yang berbeda pula. Sedangkan ILETS hanya ada 2 yaitu IELTS umum (Academic dan IELTS GT) dan IELTS UKVI (IELTS UKVI Academic, IELTS UKVI General Training, dan IELTS Life skills A1 dan B1)

b. Tingkat kesulitan

Bagi sebagian orang, TOEFL lebih sulit karena tesnya lebih berbasis ke teori dan grammar sedangkan IELTS lebih mudah karena lebih berbasis ke praktik. Namun ada juga yang menganggap sebaliknya. Tergantung dari pribadi masing masing ya.

 

 

Masih belum paham juga?

Wajar saja karena banyak sebab. Yang pertama adalah karena kamu kurang terbiasa dengan bahasa inggris. Smartphone kamu saja masih berbahasa Indonesia. Sebab yang keduanya itu karena kamu adalah tipe gerak. Kamu tipe yang harus belajar dan dijelaskan langsung oleh guru secara fun dan sekaligus langsung praktik. Dan sebab yang terakhir adalah kamu takut mencoba ikut kursus bahasa inggris.

Kamu tidak salah. Banyak orang juga takut kursus bahasa inggris. Takut harganya mahal dan tidak sesuai hasil. Tidak berani membuat kesalahan saat belajar di tempat kursus yang ramai dan guru yang galak. Takut jadwal dan waktu luangmu yang tidak sesuai dan tidak cukup. Yang terakhir adalah kamu takut bosan dengan pembelajarannya.

Solusinya untuk bisa bahasa inggris adalah dibawah ini

  1. Pertama, ganti bahasa smartphone kamu menjadi English. 
  2. Kedua, praktikkan percakapan Bahasa inggrismu secara rutin dengan teacher terbaik sebagai pemandu.
  3. Ketiga, ikut kursus bahasa inggris yang jadwalnya fleksibel tanpa takut hangus. Bisa memilih belajar secara virtual ZOOM langsung bersama teachernya dengan GARANSI 100% UANG KEMBALI untuk kepuasan belajar.

kursus belajar bahasa inggris coba gratis sekarang

English Cafe Bali adalah lembaga profesional dalam program belajar Bahasa Inggris On-line dan langsung. Semua program Bahasa Inggris seperti IELTS/TOEFL Preparation, Speaking dan kelas percakapan, dan program spesial untuk karyawan dari berbagai bidang pekerjaan juga tersedia. Program terbaik dengan jadwal yang bisa sesuai permintaan untuk belajar Bahasa inggris bersama teacher terbaik dan terakreditasi. Ada TES BAHASA INGGRIS GRATIS juga lho!

Leave a Comment