Mengulik English for Banking dengan Percakapan Bahasa Inggris Perbankan

percakapan bahasa inggris perbankan

Dalam dunia kerja modern, percakapan bahasa Inggris perbankan menjadi keterampilan penting baik bagi karyawan bank dan juga bagi nasabah bank itu sendiri. Kamu nggak mau kan salah dalam menanyakan ataupun memberikan informasi krusial saat berkomunikasi di bank?

Agar komunikasi di bank bisa berjalan lancar, yuk belajar percakapan bahasa Inggris perbankan bersama English Café Bali di artikel kali ini!

  1. Apa saja kosakata penting dalam percakapan bahasa Inggris perbankan ?
  2. Ungkapan penting yang digunakan dalam percakapan bahasa Inggris untuk perbankan
  3. Bagaimana ilustrasi percakapan bahasa Inggris untuk perbankan yang sering terjadi di bank?
  4. Di mana tempat kursus terbaik belajar percakapan bahasa Inggris untuk perbankan?

Apa saja kosakata penting dalam percakapan bahasa Inggris perbankan?

Kamu sudah sering dengar kata balance yang berarti seimbang tapi nggak tau kalau balance di dunia perbankan juga bisa diartikan sebagai saldo? Kalau gitu, daftar kosakata percakapan bahasa Inggris untuk perbankan di bawah ini harus disimak!

percakapan bahasa inggris perbankan

account holder: pemilik rekening
account number: nomor rekening
account: rekening
Annual Percentage Rate (APR): Suku Bunga Persentase Tahunan
asset: aset
authentication: otentikasi
authorization: otorisasi
auto debit/ direct debit: pembayaran otomatis dari rekening bank
Automated Teller Machine (ATM): mesin ATM
balance: saldo
bank interest: bunga bank
bank statement: rekening koran
banker: bankir
bankrupt: bangkrut
biometric verification: verifikasi biometris
budget cycle: siklus anggaran
capital: modal
cash loan: pinjaman tunai
cash: uang tunai
check/cheque: cek
client: nasabah (korporat/bisnis)
collateral: agunan
common stock: saham biasa
contactless payment: pembayaran tanpa kontak
credit card: kartu kredit
credit limit: batas kredit
cross-border transaction: transaksi keuangan internasional
currency: mata uang
current account: rekening giro
customer onboarding: pendaftaran nasabah
customer: nasabah (umum)
cyber attack: serangan siber
data privacy: privasi data
debit: pengurangan saldo dari rekening
debt collector: penagih utang
debt exposure: jumlah utang
debt: utang
default: gagal membayar
deficit: defisit
deposit: penyetoran
digital banking: layanan perbankan digital
digital signature: tanda tangan digital
digital wallet: dompet digital
dividend: dividen
Electronic Fund Transfer (EFT): pemindahan/transfer uang elektronik
encryption: enkripsi
equity: ekuitas
exchange rate: nilai tukar mata uang
finance: keuangan
FinTech (Financial Technology): teknologi keuangan
fiscal policy: kebijakan keuangan negara
fiscal year: tahun pelaporan keuangan
fixed instalment: pembayaran (cicilan) tetap
foreign currency account: rekening mata uang asing
fraud alert: peringatan penipuan
fraud detection: deteksi penipuan
handling charge: biaya transaksi
home loan: pinjaman rumah
income: penghasilan
inflation: inflasi
instalment: cicilan
interest rate: suku bunga
International Bank Account Number (IBAN): Nomor Rekening Bank Internasional
international remittance: pengiriman uang antarnegara
investment: investasi
invoice: dokumen tagihan
Letters of Guarantee: Surat Jaminan Finansial
liability: kewajiban/utang
loan: pinjaman
loan agreement: perjanjian pinjaman
loss: kerugian
maturity date: tanggal jatuh tempo
mobile banking: layanan perbankan seluler
money: uang
mortgage: hipotek
non-cash loan: pinjaman non-tunai
non-collateral loan: pinjaman tanpa agunan
One-Time Password (OTP): Kata Sandi Sekali Pakai
online/internet banking: layanan perbankan daring
overdraft: penarikan melebihi saldo
payment: pembayaran
Personal Identification Number (PIN): Nomor Identifikasi Pribadi (PIN)
phishing: penipuan daring
profit: keuntungan
rate: suku bunga
real-time processing: pemrosesan pada waktu yang sebenarnya
receipt: tanda terima
remittance: pengiriman uang
saving: tabungan
saving account: rekening tabungan
security code: kode keamanan
service outage: gangguan layanan
signature: tanda tangan
small business loan: pinjaman usaha kecil
SWIFT code: kode identifikasi bank secara internasional
teller: pegawai loket
transaction: transaksi
transfer: pengiriman uang
two-factor authentication: otentikasi dua faktor
venture capital: modal ventura
withdraw: menarik (uang)
withdrawal: proses penarikan (uang)

Baca juga: Tingkatkan Pelayanan Kesehatan dengan Bahasa Inggris Keperawatan

Ungkapan penting yang digunakan dalam percakapan bahasa Inggris untuk perbankan

Ungkapan penting seperti “I need some help with my account?” seringkali digunakan dalam percakapan bahasa Inggris untuk perbankan karena penggunaannya pada berbagai konteks.

Kalau dalam konteks lainnya, kira-kira apa saja ya ungkapan bahasa Inggris yang sering dipakai di dunia perbankan?

Menyapa nasabah

  • Hello, good morning/afternoon (Halo, selamat pagi/siang)
  • Welcome to [bank name]. My name is [teller’s name] (Selamat datang di [nama bank]. Nama saya [nama pegawai loket)
  • May I know your name? (Boleh saya tahu nama Anda?)
  • With whom am I speaking? (Boleh tahu dengan siapa saya bicara?)

Menanyakan keperluan nasabah dan menawarkan bantuan

  • Is there anything I can help you with? (Ada yang bisa saya bantu?)
  • Can I help you? (Bisa saya bantu?)
  • What would you like me to do? (Apa yang bisa saya bantu?)
  • May I help you? (Apa bisa dibantu?)
  • How can I help you today? (Ada yang bisa saya bantu hari ini?)
  • How may I assist you this morning? (Apa yang bisa saya bantu pagi ini?)

Meminta pengisian formulir

  • In that case, you will need to fill out this form first. (Kalau begitu, mohon mengisi formulir ini terlebih dahulu)
  • Here is the form. Please fill this one out. (Ini formulirnya. Mohon kiranya diisi dulu)
  • We require you to fill this form with your personal data. (Kami mengharuskan Anda untuk mengisi formulir ini dengan data pribadi Anda)
  • I believe we need you to fill this slip. (Saya perlu Anda mengisi formulir ini)
  • We will soon process your application once you’ve done filling out this form. (Kami akan segera memproses permohonan Anda setelah Anda selesai mengisi formulir ini)

Meminta nasabah menunggu

  • Please wait a moment (Mohon ditunggu sebentar)
  • Your request will be done in a few minutes. Please kindly wait. (Permohonan Anda akan selesai dalam beberapa menit. Mohon ditunggu)
  • I hope you don’t mind waiting. The process will take a few minutes. (Saya harap Anda tidak masalah menunggu sebentar. Prosesnya akan memakan waktu beberapa menit)
  • This will take a moment to finalize. Please hold on a moment. (Ini akan butuh waktu beberapa saat untuk difinalisasi. Mohon ditunggu sebentar)

Memberikan dokumen yang perlu nasabah lihat

  • Here is the document. Please have a read. (Ini dokumennya. Mohon dibaca)
  • Here you are (Ini, silahkan)
  • This is your new card (Ini kartu baru Anda)
  • Here it is (Ini dia dokumennya)
  • This is the copy of the document. (Ini salinan dari dokumennya)

Menginformasikan transaksi sudah berhasil

  • Your transaction has been completed. (Transaksi Anda sudah selesai)
  • Yes, now your transaction is done. (Ya, sekarang transaksi Anda sudah selesai)
  • We have successfully completed your request. (Kami sudah berhasil menyelesaikan proses permohonan Anda)
  • Your application has successfully been submitted. (Permohonan Anda sudah berhasil didata)
  • The information you requested has been sent to your email. (Informasi yang Anda minta sudah kami kirim ke email Anda)

Ungkapan dan salam penutup kepada nasabah

  • Is there anything else that I can help you with? (Apa ada lagi yang bisa saya bantu?)
  • Will there be anything else you need today? (Apa ada lagi yang Anda butuhkan hari ini?)
  • Would you need to do any more transactions? (Apa ada transaksi lain yang Anda perlukan?)
  • Has that been all you need today? (Apa yang Anda perlukan sudah selesai semua?)
  • We are glad to help you. Would you need anything else? (Kami senang bisa membantu. Apa ada lagi yang Anda perlukan?)
  • My pleasure (Dengan senang hati)
  • It’s such a pleasure to help you today. (Senang bisa membantu Anda hari ini)

Baca juga: English For Tourism untuk Pelaku Pariwisata

Bagaimana ilustrasi percakapan bahasa Inggris untuk perbankan yang sering terjadi di bank?

Contoh percakapan bahasa Inggris untuk perbankan yang biasa terjadi bisa meliputi topik opening bank account, saving and transferring money, reporting lost ATM card, dan lain-lain.

percakapan bahasa inggris untuk perbankan

Membuka rekening baru (Opening a bank account)

Teller: Good morning, Sir. How may I help you today? (Selamat pagi, Pak. Ada yang bisa saya bantu?)
Customer: Hello. Good morning. Can you help me open a bank account? (Halo. Selamat pagi. Bisa bantu saya membuka rekening?)
Teller: Certainly. A savings account? If yes then, may I see your ID card (KTP), please? (Tentu saja. Apa ingin membuka rekening tabungan? Kalau begitu, saya perlu tanda pengenal (KTP) Bapak)
Customer: Sure. Here you are. (Tentu. Ini KTP saya)
Teller: Thank you. Now I need you to fill out this application form first so we can process your bank account application. (Terima kasih. Sekarang mohon diisi formulir pendaftaran rekening tabungannya ya, Pak, agar kami bisa segera proses permohonan pendaftaran rekeningnya)
Customer: Sure. Thank you. (Baik. Terima kasih)
Teller: We require a minimum initial deposit. It’s Rp 500.000. (Kami mewajibkan setoran awal. Jumlahnya sebesar Rp 500.000)
Customer: Alright. I’ll deposit as much. Here it is. (Baiklah. Saya akan setor dalam jumlah itu. Ini uangnya)
Teller: Your ATM card will be ready in a moment. You may also track all your account’s activity using mobile banking. The activation will be through your e-mail. (Kartu ATM Bapak akan siap sebentar lagi. Bapak juga bisa memantau segala aktivitas rekening Bapak menggunakan layanan perbankan seluler. Proses aktivasinya akan melalui e-mail Bapak.
Customer: That sounds awesome. (Kedengarannya bagus)
Teller: Here you go, Sir. Here’s your ATM card. (Prosesnya sudah selesai. Ini kartu ATM Bapak)
Customer: Thank you very much. (Terima kasih banyak)
Teller: We are glad to help. Have a lovely day! (Senang bisa membantu. Semoga hari Bapak menyenangkan!)

Menabung/menyimpan uang (Saving money)

Teller: Hello, good morning, Ma’am. How may I help you? (Halo, selamat pagi, Bu. Ada yang bisa dibantu?)
Customer: Hi. I’d like to deposit Rp 5.000.000 into my savings account. Can I get your help with that? (Hai. Saya ingin menyetorkan Rp 5.000.000 ke dalam rekening tabungan saya. Apa bisa tolong dibantu?)
Teller: Definitely. Could you please fill out this deposit slip? Do you have your ID with you? (Tentu saja. Bisa tolong diisi formulir penyetorannya? Apa boleh saya terima tanda pengenalnya?)
Customer: Sure. Here you go. (Tentu. Ini tanda pengenal saya)
Teller: Alright, Ma’am. Please wait a moment. (Baik, Bu. Mohon ditunggu sebentar)
Customer: I don’t mind. (Ya, tidak masalah)
Teller: OK. Your cash deposit is successful and here is your receipt. Is there anything else that I can help you with? (Baik. Penyetoran tunai Anda sudah berhasil dan ini tanda terimanya. Apa ada lagi yang bisa saya bantu?)
Customer: I believe that’s all for now. You’re very helpful, thank you. (Saya rasa itu saja untuk saat ini. Anda sangat membantu, terima kasih)
Teller: You’re welcome. We’re glad to help. (Terima kasih kembali. Senang bisa membantu)

Mengirimkan uang (Transferring money)

Teller: Good morning, Sir. (Selamat pagi, Pak)
Customer: Good morning. I want to transfer some money to my uncle’s account. (Selamat pagi. Saya ingin mengirimkan uang ke rekening paman saya)
Teller: We will help you. We just need the name of the recipient and his account number. (Kami bantu, ya. Kami perlu nama penerima dan nomor rekeningnya)
Customer: I’ll write it down for you. Here you go. (Akan saya tuliskan. Ini dia)
Teller: Thank you. How much do you want to transfer to him? (Terima kasih. Berapa jumlah uang yang ingin Anda kirimkan?)
Customer: I want to send Rp 1.000.000 to him. (Saya ingin mengirimkan Rp 1.000.000 kepadanya)
Teller: Now please fill out the transfer form and we will process your transfer soon. (Sekarang mohon isi formulir pengirimannya dan setelahnya akan segera kami proses)
Customer: Sure, I’ll do that. (Tentu. Saya akan isi)
Teller: Alright. So, I noticed you will transfer to a different bank. There will be transfer
fee. It’s Rp 6.500. Are you okay with that? Would you like to continue? (Baiklah. Jadi, seperti yang saya lihat bahwa Anda akan mengirim uang ke bank lain. Maka nantinya akan ada biaya pengiriman. Biayanya sebesar Rp 6.500. Apakah tidak masalah? Apa Anda ingin melanjutkan prosesnya?
Customer: That’s just fine. (Tidak masalah)
Teller: Done. The transfer has been completed. This is your receipt. (Sudah selesai. Pengirimannya sudah selesai. Ini tanda terima Anda)
Customer: Thank you very much! (Terima kasih banyak!)
Teller: My pleasure. Have a good day! (Dengan senang hati. Semoga hari Anda menyenangkan!)

Melaporkan kehilangan kartu ATM (Reporting a lost ATM card)

Teller: Good afternoon, Ms. How can I help you? (Selamat siang, Bu. Apa yang bisa saya bantu?)
Customer: Good afternoon. I want to report that I lost my ATM card. Could you help me with that? (Selamat siang. Saya ingin melapor bahwa saya kehilangan kartu ATM saya. Bisa tolong dibantu?)
Teller: Sure. Could you tell me your name and your account number? (Tentu saja. Boleh diinformasikan nama dan nomor rekeningnya, Bu?
Customer: My name is Donna Elena. My account number is 1122334455. I think I lost it the last time I withdrew some money from the ATM machine. I went back but it was already gone. Can I get a replacement card? (Nama saya Donna Elena. Nomor rekening saya 1122334455. Sepertinya saya kehilangan kartu itu saat terakhir kali saya menarik uang di mesin ATM. Saya sudah kembali lagi ke sana tapi kartunya sudah tidak ada. Apa bisa saya mendapatkan kartu baru penggantinya?)
Teller: Yes. First of all, for your security, we will block your card now. For the replacement card, we will need you to fill out this replacement form. (Bisa. Pertama-tama, untuk keamanan Ibu, kami akan memblokir kartu Ibu sekarang. Sedangkan untuk kartu pengganti, Ibu perlu mengisi formulir penggantian kartu berikut ini)
Customer: Oh, okay. (Oh, baik)
Teller: Could you please show me your ID? I need to verify your personal data. (Boleh saya lihat KTP Ibu? Saya perlu memverifikasi data pribadi Ibu)
Customer: Sure. Here it is. (Tentu. Ini KTP saya)
Teller: There will be a replacement fee. It is Rp 25.000. Would you like to pay in cash or should I take it from your account? (Akan ada biaya penggantian kartu sejumlah Rp 25.000. Apakah Ibu ingin membayar tunai atau haruskah saya tarik dari rekening Ibu?)
Customer: I have some cash. I think I’ll pay in cash. Let me check. Ah, here. (Aku punya uang tunai. Saya bayar dengan tunai saja. Saya periksa dulu. Ah, ini uangnya)
Teller: Alright, Ms. Your new card will be ready soon. (Baik, Bu. Kartu baru Ibu akan segera siap)
Customer: I’ll be waiting. Thank you. (Saya akan tunggu. Terima kasih)
Teller: Please don’t forget to change your PIN once you receive your new card. (Nanti setelah kartu barunya siap, mohon segera mengganti PIN, ya)
Customer: Yes, I will do that. Thank you very much. (Ya, akan saya ganti segera. Terima kasih banyak)

Baca juga: Kosakata Bahasa Inggris bagi Staff IT

Di mana tempat kursus terbaik belajar percakapan bahasa Inggris untuk perbankan?

percakapan bahasa inggris perbankan

Belajar percakapan bahasa Inggris untuk perbankan bisa dengan mudah kamu dapatkan di English Café Bali, khususnya pada Program English for Specific Purpose (ESP) for Banking loh! Apa sih keunggulan English Café Bali?

  • Tersedia kursus bahasa Inggris bidang perbankan bagi perseorangan maupun korporat
  • Memberikan materi English for Banking dengan menyesuaikan kebutuhan siswa
  • Fasilitas pembelajaran dengan tutor yang kompeten dalam mengukur progres belajar
  • Proses asesmen akurat membantu siswa untuk improve lebih cepat
  • Cocok untuk dewasa karena jadwal kursus yang fleksibel menyesuaikan pilihan siswa

Jangan ragu! Mulai perjalananmu menuju kemahiran bahasa inggris yang lebih baik

Yuk daftar kursus bahasa inggris sekarang bersama English Cafe dan dapatkan Promo Diskon Bersemi, Diskon hingga Rp. 1,5 JUTA di semua program