Pentingnya Bahasa Inggris bagi Staff IT

Gede Murta

Bahasa Inggris tidak hanya digunakan oleh mereka yang bekerja di bidang hospitality, namun saat ini bahasa inggris juga digunakan oleh berbagai macam profesi dikarenakan oleh tuntutan komunikasi, jadi tidak menutup kemungkinan jika bahasa inggris menjadi suatu kebutuhan yang mutlak untuk berbagai jenis pekerjaan dan profesi. Salah satu profesi yang juga membutuhkan bahasa inggris adalah profesi sebagai IT (Information Technology) Professionals. Tantangan terbesar yang dihadapi oleh para IT Professionals adalah ketika mereka harus berkomunikasi dengan klien yang menggunakan bahasa inggris.

Mengingat semakin banyaknya IT Professional yang dibutuhkan oleh berbagai perusahaan, baik itu perusahaan domestik ataupun perusahaan asing, maka semakin menggandrung pula profesi sebagai IT Professional ini diminati. Para IT Professionals sebaiknya menguasai bahasa inggris untuk membantu rekan-rekan kerja mereka dan juga para klien yang memakai jasa mereka. Nah, karena program di computer dan juga sistemnya memakai bahasa inggris, jadi para IT Professional ini harus menguasai bahasa inggris dong ya?

BahasaInggris Staff IT

Bahasa inggris untuk IT Professional, susah ngga sih? Yuk kita praktekkan conversationnya dulu:

“The Conversation between Client and Computer Technician”

Technician: Hello Good Morning, I’m Toddy, may I help you?

Client: Hi Morning, I need your help; something’s wrong with my computer.

Technician: What seems to be the problem?

Client: My computer is having some trouble with its internal drive. 

Technician: What were you doing when the problem occurred?

Client: I was trying to turn it on but it wasn’t work.

Technician: Did you initialize the drive?

Client: I didn’t, but could you check it please?

Technician: Oh Okay, let me see.

Client: Sure, please.

Technician: I guess it will take a couple of days to be fixed and different parts should be checked first.

Client: Okay. Approximately, how much would it cost to fix my computer?

Technician: Right now I can’t tell exactly because it will depend to the parts that are needed to be replaced.

Client: Oh, I see. Please phone me right away about the progress.

Technician: Sure. I will phone you as soon as the computer is fixed.

Client: Thanks. I appreciate it.

 

Setelah mempraktekkan conversation di atas, kamu tidak akan khawatir lagi tentang bagaimana caranya menangani klien yang datang meminta bantuan kamu. Pertama, kamu harus menguasai vocabulary yang akan sering kamu gunakan, lalu coba temukan perbedaan antara kata benda (noun) ,kata kerja (verb), kata sifat (adjective), dan kata keterangan (adverb) diantara conversation tersebut, dan yang terpenting adalah mempraktekkannya. Bangunlah rasa percaya diri kamu untuk menyapa dan berkomunikasi langsung dengan klien yang menggunakan bahasa inggris. Maka voilaaaaa! Dengan kebiasaan tersebut, rentetan kalimat bahasa inggris akan mengalir dengan natural ketika kamu berbicara.

 

Eits! Jangan lupa, be confident!

Gede Murta

Gede Murta

Menghabiskan waktu 10 tahun untuk mengajar bahasa inggris. Bagi saya mengajar adalah salah satu cara berbagi ilmu dan hidup "abadi". Berbagi ilmu tentang program IELTS dan TOEFL Preparation, General English, ESP atau English for Specific Purposes adalah sesuatu yang fun.

Leave a Comment

Jangan ragu! Mulai perjalananmu menuju kemahiran bahasa inggris yang lebih baik

Yuk daftar kursus bahasa inggris sekarang bersama English Cafe dan dapatkan VOUCHER CASHBACK MERDEKA BIG DEALS SEBESAR Rp. 500.000 di semua program kursus.