fbpx

Belajar bahasa Inggris untuk student Keperawatan ( English for Nursing)

Gede Murta

Jika kita mencari batasan dalam belajar bahasa Inggris, maka itu tidak akan ada habisnya. Bahasa Inggris dapat kita aplikasikan ke semua bidang ilmu, termasuk dalam ilmu keperawatan. Bagi kamu yang berprofesi sebagai seorang perawat sangatlah penting itu memiliki kemampuan dasar dalam menggunakan Bahasa Inggris untuk keperawatan, mungkin saja kamu membutuhkan skill ini pada waktu yang tidak kamu prediksikan.

Nah dalam artikel ini, kamu akan mendapatkan beberapa tips agar cepat menguasai bahasa Inggris tentang keperawatan.

Cara yang paling jitu pertama ialah carilah beberapa buku bahasa Inggris yang berkaitan dengan keperawatan seperti English for Nursing. Dalam buku tersebut kamu akan disuguhkan beberapa percakapan dasar yang biasa terjadi dalam kegiatan di lapangan bagi seorang perawat. Ini dapat membantu kamu belajar English Conversation.

Ajaklah seorang temanmu yang ingin belajar bahasa Inggris juga agar menjadi partner kamu dalam belajar bahasa Inggris dengan cepat. Ini beberapa kuitpan percakapan yang bisa kamu gunakan dalam belajar bahasa Inggris dengan cepat.Bahasa Inggris Keperawatan di Bali

A GUEST NURSE

(Situation  : Miss Femmy, a senior nurse from Jakarta is visiting Maluku to observe the local condition of health program)

Nurse Widya    : “Welcome to Maluku, Ms Femmy Puteri.”

Ms. Femmy    : “Thank you so much, just call me Femmy. You must be Widya.”

Nurse Widya    : “Yes, That’s right. How do you do!”

Ms. Femmy    : “How do you do, Widya. I am so happy to meet you.”

Nurse Widya    : “I am so pleased to have you with us. Let me take you around the hospital.”

Ms. Femmy    : “Thank you, I am so excited.”

Nurse Widya    : “Okay. Here’s the reception centre. Next to it is the registration for new patients.”

Ms. Femmy    : “Where is the emergency room?”

Nurse Widya    : “On the right side by the main entrance. Along the corridor are clinics.”

Ms. Femmy    : “I see the dental clinic, the ENT clinic, then the internal medicine clinic, the  dermatologic clinic, the eye clinic.”

Nurse Widya     : “Yess…there is the pediatric clinic, the maternity clinic, the orthopedic clinic. Let’s have Lunch in the cafeteria, it’s getting late.”

 

Well, setelah becuap cuap dengan conversation atau beberapa contoh percakapan sekarang waktunya kamu mencari part of speech dari percakapan yang telah kamu praktekan. Contohnya carilah VERB (kata kerja), NOUN (kata benda), ADJECTIVE (kata sifat) dan ADVERB (keterangan).

To register – Registration – registered

Patient – patiently – Patience

To enter – Entry – Entrance

To visit – Visitor

Nah dengan begitu kamu akan mudah membedakan mana yang merupakan verb dan mana yang merupakan noun, dll. Ternyata belajar bahasa Inggris untuk keperawatan mudah kan? Modal yang paling utama untuk dapat belajar bahasa Inggris secara cepat yaitu keinginan yang kuat, dengan keinginan yang kuat maka pasti aka nada tindakan untuk memenuhi keinginan itu. So mulailah belajar bahasa Inggris dari sekarang.