fbpx

Perbedaan Kata Big, Great, dan Large

Gede Murta

Kata big, great, dan large merupakan kata-kata yang memiliki makna yang hampir sama walaupun memiliki ejaan yang berbeda. Terkadang, penggunaan ketiga kata tersebut menyebabkan kebingungan karena arti atau makna ketiga kata tersebut nyaris sama. Secara umum, big, great, dan large memiliki arti “besar” dalam Bahasa Indonesia. Namun, penggunaan kata big, great, dan larget jika ditelisik ternyata memiliki perbedaan. Sebelumnya apakah sudah ada yang tahu perbedaan penggunaan kata big, great, dan large tersebut guys? Jika belum, yuk simak penjelasan mengenai perbedaan kata big, great, dan large berikut ini ya.

Tes Bahasa Inggris Online Gratis

A. Big

Pada umumnya, kata big memiliki arti besar. Namun, arti besar disini yang dimaksud adalah tidak hanya besar mengenai ukuran, melainkan juga pada tingkatan/ degree. Terkadang kata big juga digunakan untuk suatu ukuran berat badan.

Contoh kalimat:

  • Surabaya is one of big cities in Indonesia. (Surabaya adalah salah satu kota besar yang ada di Indonesia).
  • We have a big plan to do this Saturday. (Kami memiliki sebuah rencana besar untuk dilakukan Sabtu ini).
  • My uncle’s house is very big. There is a big swimming pool. (Rumah paman saya sangat besar. Disana ada sebuah kolam renang besar).
  • We need a big car. That car is too small for us all. (Kita perlu sebuah mobil yang besar. Mobil itu terlalu kecil untuk kita semua).
  • My friend is a wrestler. He has a big body. (Teman saya adalah seorang pegulat. Dia memiliki tubuh yang besar).

Baca juga: perbedaan a few dan a little beserta contoh kalimatnya 

B. Great

Kata great jika diartikan dalam bahasa Inggris memiliki arti besar. Namun, ukuran besar yang dimaksudkan disini yakni ukuran besar yang melebihi rata-rata yang ada atau diluar dari umumnya. Terkadang great dinyatakan lebih besar daripada Big. Selain itu, suatu hal dinyatakan great jika sesuatu itu sangat besar dan mengesankan.

Contoh kalimat:

  • I hope you can achieve a great success. (Aku harap kamu mendapat kesuksesan besar).
  • We need great time to achieve our goals. (Kita membutuhkan waktu yang banyak untuk mencapai tujuan kita).
  • Amazon is a great river. (Amazon adalah sungai yang besar).
  • My mother has a great love to me. (Ibuku memiliki cinta yang besar untukku).
  • I think he has a great feeling to you. (Aku rasa dia memiliki rasa yang besar padamu).

Baca juga: perbedaan kata remind dan remember dalam bahasa Inggris 

C. Large

Kata berikutnya yang memiliki makna/ arti besar adalah large. Sama halnya dengan big dan great, large juga memiliki arti besar. Namun, arti besar disini tak hanya pada ukuran tetapi juga pada kuantitas atau jumlah yang banyak.

Contoh kalimat:

  • I see large of people around this park. (Aku melihat sejumlah orang berada di sekitar taman ini).
  • Toni’s yard is large. (Halaman Toni luas).
  • I like playing music at CM studio because it is a large studio. (Aku suka bermain musik di studio CM karena itu adalah studio yang besar/ luas).
  • This is a large city for us to live. (Ini adalah sebuah kota yang besar untuk kita tinggali)
  • Indonesia is a large country. (Indonesia merupakan negara yang luas)

Baca juga: inilah perbedaan kata accept dan receive

Nah itu dia guys perbedaan kata big, great, dan large. Sekarang sudah tidak bingung lagi kan dengan penggunaan ketiga kata tersebut? Selain membaca penjelasan diatas, ada baiknya kalian membuat contoh kalimat sendiri guys.

Ngomong-ngomong, adakah yang masih sering mengalami kesulitan dalam bahasa Inggris?

Wajar saja karena banyak sebab. Yang pertama adalah karena kamu kurang terbiasa dengan bahasa inggris. Smartphone kamu saja masih berbahasa Indonesia. Sebab yang keduanya itu karena kamu adalah tipe gerak. Kamu tipe yang harus belajar dan dijelaskan langsung oleh guru secara fun dan sekaligus langsung praktik. Dan sebab yang terakhir adalah kamu takut mencoba ikut kursus bahasa inggris.

Kamu tidak salah. Banyak orang juga takut kursus bahasa inggris. Takut harganya mahal dan tidak sesuai hasil. Ataupun juga takut membuat kesalahan saat belajar di tempat kursus yang ramai dan guru yang galak. Takut jadwal dan waktu luangmu yang tidak sesuai dan tidak cukup. Yang terakhir adalah kamu takut bosan dengan pembelajarannya. 

Solusinya untuk bisa bahasa Inggris  adalah dibawah ini 

  1. Pertama kamu ganti bahasa smartphone kamu menjadi English. 
  2. Kedua, ikut kursus bahasa inggris yang jadwalnya fleksibel tanpa takut hangus. 
  3. Ketiga pilih sistem private atau kelas kecil biar lebih bebas. 
  4. Keempat pilih kursus bahasa inggris online zoom yang langsung face to face dengan gurunya. 
  5. Cari kursus bahasa Inggris yang BERANI Memberi JAMINAN UANG KEMBALI. Di English Cafe kami jamin 100% UANG KEMBALI. Jika kamu tidak sreg dengan kualitas tutor dan module kami.

Coba Sekarang (Ungu)

Di English Cafe, kami adalah professional di bidang Bahasa Inggris. Semua program Bahasa Inggris seperti IELTS/TOEFL, General English dan program special untuk karyawan, hospitality dan medical semua tersedia. Program kita juga bisa di custom sesuai permintaan kamu lho. Semua tutor kami qualified dan terakreditasi. Ambil program kami dan kami jamin 100% UANG KEMBALI jika kamu tidak puas dengan kualitas tutor, sistem pengajaran kami dan platform kami. Yuk datang ke English Cafe di Jalan Gunung Soputan I 16 A Denpasar atau kalian bisa menghubungi kami melalui WA di nomor 082145458411. We’ll get you addicted to English!

Leave a Comment