Seperti yang kita ketahui bersama, dalam bahasa Inggris terdapat banyak kata yang memiliki arti/ makna kata yang sama namun penggunaannya berbeda. Jadi, kalian harus benar-benar memahami dan mengetahui perbedaan penggunaan kata-kata yang bermakna sama tersebut.

Salah satu contoh kata yang bermakna sama namun memiliki penggunaan yang berbeda yaitu kata “accept” dan “receive”. Ada yang tahu arti kata dan penggunaan kedua kata tersebut dengan tepat? Yuk kita baca pembahasan mengenai perbedaan kata accept dan receive di bawah ini guys!

1. ACCEPT

Accept merupakan suatu kata kerja (verb) yang memiliki arti menerima. Arti menerima di sini bisa diartikan sebagai menerima sesuatu yang berbentuk bukan fisik, seperti menerima pekerjaan, menerima tawaran, menerima masukan dan kritikan, dan lainnya. Untuk lebih jelasnya, yuk dibaca contoh penggunaan kata accept dalam suatu kalimat.

  1.   I accept the job from him. (Saya menerima pekerjaan darinya).
  2.   He accepted my advice before he bought a new smartphone. (Dia menerima saran saya sebelum dia membeli smartphone baru).
  3.   I accept your apology. (Saya menerima permintaan maafmu).
  4.   It was still hard to accept what they had done. (Masih sulit menerima apa yang telah mereka lakukan).
  5.   I will accept the consequences. (saya akan menerima konsekuensinya).

2. RECEIVE

Sama halnya dengan kata accept, kata receive juga merupakan suatu kata kerja (verb) yang memiliki arti menerima. Yang membedakannya dengan kata accept adalah arti menerima pada kata receive merupakan menerima sesuatu yang berbentuk fisik. Contohnya, menerima hadiah, menerima barang, menerima surat, dan lainnya. Yuk simak contoh kalimatnya di bawah ini. 

  1. I have just received a wedding invitation from my best friend. (Saya baru saja menerima undangan pernikahan dari sahabat saya).
  2. I often receive letters from my best friend. (Saya sering menerima surat dari sahabat saya).
  3. Sindy received a reward last week. (Sindy menerima sebuah penghargaan minggu lalu).
  4. She sometimes receives flowers from her boyfriend. (Dia terkadang menerima bunga dari pacarnya).
  5. We received a large package last morning. (Kami menerima sebuah paket besar tadi pagi). 

Alright guys, itu dia perbedaan kata accept dan receive. Semoga setelah membaca artikel ini kalian bisa menggunakan kedua kata tersebut dengan tepat ya. Jika kalian tertarik untuk lebih menambah wawasan bahasa Inggris kalian, yuk gabung segera dengan English Café Bali dan ikuti online test yang ada di website kami secara gratis. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui telepon di nomor (0361) 481910 atau WhatsApp di nomor 0821 4545 8411. We’ll get you addicted to English!