Remind dan remember adalah 2 kata berbeda dalam bahasa Inggris yang memiliki arti dan makna yang hampir sama. Terkadang, kedua kata ini bisa membingungkan terutama bagi kita yang kurang paham penggunaannya. Jenis-jenis kata seperti ini kerap kali kita temukan ketika belajar bahasa Inggris. 

Contoh lainnya, seperti yang sudah yang sudah pernah dibahas dalam artikel sebelumnya berjudul perbedaan kata accept dan receive, merupakan salah satu contoh lain suatu kata yang memiliki arti yang hampir sama namun penggunaan yang berbeda. Nah, agar kalian tidak bingung membedakan kedua kata ini, yuk kita simak perbedaan kata remind dan remember berikut ini.

A. REMIND

Remind merupakan suatu bentuk kata kerja atau biasa disebut dengan verb. Kata remind memiliki arti ingatkan/ mengingatkan. Semisal nih kalian ada janjian dengan teman kalian untuk jalan-jalan bareng dan hendak mengingatkannya agar tidak kelupaan, kalian bisa menggunakan kata remind ini. Agar kalian lebih paham lagi, yuk simak contoh penggunaan kata remind dalam kalimat berikut ini.

Example:

  • My mother usually reminds me to tidy up my bed in the morning. (Ibu saya biasanya mengingatkan saya untuk merapikan tempat tidur di pagi hari)
  • Please remind me to bring your novels tomorrow. (Tolong ingatkan aku untuk membawa novel-novelmu besok). 
  • I will remind you about the English course schedule. (Aku akan mengingatkanmu tentang jadwal kursus bahasa Inggrisnya).
  • Watching football always reminds me of my grandfather. He likes it a lot. (Menonton sepak bola selalu mengingatkanku pada kakekku. Dia sangat menyukainya).
  • Dimas reminds me of my little brother. They have similar smile. (Dimas mengingatkanku pada adikku. Mereka memiliki senyuman yang mirip).

 

Itu dia guys penjelasan tentang kata remind dan contoh penggunaannta dalam kalimat. Sebelum kalian lanjut ke penjelasan berikutnya, ada info penting nih buat kalian. Di website English Cafe Bali, kalian  bisa mengikuti FREE ONLINE PLACEMENT TEST lho untuk mengetahui sudah sejauh mana sih kemampuan bahasa Inggris kalian. Atau mungkin ada yang tertarik mau tanya -tanya tentang kursus bahasa Inggris? Bisa klik pada bagian “Info Kursus” berikut ini ya!

 

INFO KURSUS

 

B. REMEMBER

Sama halnya dengan kata remind, remember juga merupakan suatu kata kerja atau verb. Berbeda dengan arti kata remind yakni ingatkan/ mengingatkan, kata ini memiliki arti ingat/ mengingat. Nah guys, disanalah letak perbedaan kedua kata ini. Agar kalian bisa membandingkannya dengan penggunaan kata remind, yuk simak contoh penggunaan kata remember dalam suatu kalimat berikut ini. 

Example:

  • Always remember to turn off the computer after you use it. (Ingatlah selalu untuk mematikan komputer setelah kamu menggunakannya).
  • remember when we first met. (Aku ingat saat pertama kali kita bertemu).
  • I will always remember your kindness. (Aku akan selalu mengingat kebaikanmu).
  • Toni didn’t remember to water his plants. (Toni tidak ingat untuk menyiram tanamannya).
  • Remember to finish the monthly report tomorrow. (Ingatlah untuk menyelesaikan laporan bulanannya besok)

Alright guys, itu dia perbedaan kata remind dan remember lengkap dengan contoh penggunaannya dalam suatu kalimat. Adakah yang masih bingung setelah membaca penjelasan tentang perbedaan kata remind dan remember diatas? Atau mungkin kalian masih mengalami kesulitan dalam belajar bahasa Inggris terutama belajar grammar? Jangan khawatir guys. English Café Bali punya solusinya.

Bagi kalian yang ingin belajar grammar, memperlancar speaking, ataupun meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kalian lainnya, English Café Bali memiliki banyak pilihan program kursus menarik yang pastinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kalian.

Dapatkan juga promo spesial berupa diskon kursus hingga Rp. 500.000 bagi kalian yang khusus mendaftar di bulan ini. Ingat, promo hanya berlaku di bulan Januari ini ya guys. So, tunggu apalagi? Yuk buruan daftar segera!

We’ll make you addicted to English!