Kata a few dan a little memiliki pengertian yang sama jika diartikan kedalam bahasa Indonesia yang berarti sedikit atau beberapa. Kadang kita dibingungkan dengan penggunaan kedua kata tersebut. Walaupun memiliki arti yang sama, namun kedua kata tersebut memiliki penggunanaan yang berbeda. Ada yang tahu apa perbedaannya?

Okay, sebelum kita lanjut ke penjelasan inti mengenai perbedaan a few dan a little, kalian juga bisa membaca penjelasan mengenai perbedaan penggunaan a few dan few serta perbedaan a little dengan little di artikel-artikel sebelumnya. Kalian bisa mengisi waktu luang kalian di rumah sambil membaca artikel-artikel menarik di website English Café Bali. Yuk kita lanjut membahas perbedaan a few dan a little lengkap dengan contoh kalimatnya.

  1. A Few

Kata a few memiliki arti sedikit atau beberapa. Kita menggunakan kata a few untuk menyatakan jumlah yang sedikit/ beberapa pada kata-kata benda yang dapat dihitung atau disebut countable noun. Cotoh kata benda yang dapat dihitung seperti buku (books), mobil (car), biskuit (biscuit) dan banyak contoh lainnya yang bisa dicari diwebsite kami.

Contoh kalimat:

  • I would like to eat a few biscuits now (Saya ingin memakan beberapa biskuit sekarang).
  • There are a few mushrooms in my mushroom soup (Ada sedikit jamur di sup jamur saya).
  • A few friends are coming to my birthday party (Beberapa teman datang ke pesta ulang tahun saya).
  • I bought a few apples last night (Saya membeli sedikit apel tadi malam).
  • There are a few students in the classroom (Ada beberapa murid di kelas).
  1. A Little

Sama halnya dengan kata a few, a little memiliki arti sedikit atau beberapa. Kita menggunakan kata a little untuk menyatakan jumlah yang sedikit/ beberapa pada kata-kata benda yang tidak dapat di hitung atau disebut uncountable noun. Cotoh kata benda yang tidak dapat dihitung seperti uang (money), gula (sugar), air (water), dan lain sebagainya.

Contoh kalimat:

  • I can speak a little French (Saya bisa sedikit berbicara bahasa Perancis).
  • I have a little headache (Saya agak sakit kepala). 
  • Could I have a little milk in my coffee, please? (Bisakah saya meminta sedikit susu di kopi saya?).
  • The teacher gives us a little time to prepare before a test. (Guru memberi kami sedikit waktu untuk bersiap-siap sebelum test).
  • I have to spend my money wisely because I have a little money (Saya harus membelanjakan uang saya dengan bijak karena saya punya sedikit uang).

Alright guys, itu dia penjelasan mengenai perbedaan a few dan a little beserta contohnya. Semoga bermanfaat dan dapat membantu pemahamannya. Yuk coba buat contoh kalimat masing-masing dari kedua kata tersebut. Ingin mendapatkan bantuan dalam belajar bahasa inggris, bisa bergabung bersama kami dalam training bahasa inggris yang dapat dilaksanakan secara live/online atau belajar secara langsung di sekolah kami. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalu telfon di nomor (0361) 481910 atau WhatsApp di nomor 0821 4545 8411. We’ll get you addicted to English!