fbpx

Perbedaan Phrase (frasa), Clause (Klausa), dan Sentence (Kalimat)

Gede Murta

Perbedaan Phrase (frasa), Clause (Klausa), dan Sentence (Kalimat)

Phrase (frasa), clause (klausa)dan sentence (kalimat) adalah tata bahasa inggris dengan karakterisk berbeda yang cukup membuat belajar bahasa inggris membingungkan. Ketiga kata ini merupakan bagaian dari grammar Bahasa Inggris. Phrase adalah kelompok kata, anak kalimat disebut dengan clause, dan sentence merupakan sekelompok kata lengkap berupa subjek dan predikat.Itulah mengapa pada kesempatan kali ini kita akan melihat pembahasan tentang perbedaan phrase, clause, dan sentence. Nah, untuk lebih lengkapnya, berikut adalah pembahasan tentang Perbedaan Phrase (frasa), Clause (Klausa), dan Sentence (Kalimat).

Tes Bahasa Inggris Online Gratis

 

A. Phrase (Frasa)

Phrase (Frasa) Noun phrase, adverbial phrase, Appositive phrase

Phrase atau frasa adalah sekelompok kata yang berdiri bersama sebagai unit tata bahasa tunggal tanpa adanya subjek dan verb atau kata kerja. Arti dari sebuah frasa umumnya kurang lengkap. Umumnya kata yang sering ada dalam phrase atau frasa ini adalah preposition. Inilah salah satu perbedaan Phrase (frasa), Clause (Klausa), dan Sentence (Kalimat).

Contoh:

  • At home. (Di rumah)
  • An amazing view. (Pemandangan yang indah)
  • With Gede. (Dengan Gede)
  • Playing badminton. (Bermain bulu tangkis)

 Baca juga: Perbedaan either or dan neither nor

 

B. Clause (klausa)

Klausa (Clause)

Clause (klause) adalah sekelompok kata yang menjadi satu unit dan dibangun di sekitar kata kerja. Biasanya hanya ada kata kerja yang dijelaskan dan tanpa subjek. Klause merupakan bagian dari kalimat. Biasanya berdiri dengan conjunction atau kata hubung. Perbedaan yang cukup terlihat antara Phrase (frasa), Clause (Klausa), dan Sentence (Kalimat).

Contoh:

  • When the seller went to the traditional market
  • With her mom go to the drugstore
  • Although she dresses well
  • Until the sun set

Intinya: clause bisa disebut kalimat, bisa juga tidak bisa disebut kalimat. Klause merupakan bagian dari kalimat.

Baca juga: Perbedaan kata Accept dan Receive

 

C. Sentence (kalimat)

Kalimat (Sentence)

Sentence (Kalimat) adalah kelompok kata yang minimal berisi subjek dan kata kerja yang biasanya mengungkapkan isi pikiran dalam hal pernyataan, pertanyaan dan biasanya diawali dengan huruf kapital jika dalam bentuk tulisan.

Contoh:

  • I go to market
  • They make two articles
  • You send the products
  • He learns from mistakes

Itulah penjelasan atau sedikit pembahasan tentang perbedaan antara Phrase (frasa), Clause (Klausa), dan Sentence (Kalimat).

Baca juga: Perbedaan kata remember dan remind

 

 

Masih belum paham juga?

Wajar saja karena banyak sebab. Yang pertama adalah karena kamu kurang terbiasa dengan bahasa inggris. Smartphone kamu saja masih berbahasa Indonesia. Sebab yang keduanya itu karena kamu adalah tipe gerak. Kamu tipe yang harus belajar dan dijelaskan langsung oleh guru secara fun dan sekaligus langsung praktik. Dan sebab yang terakhir adalah kamu takut mencoba ikut kursus bahasa inggris.

Kamu tidak salah. Banyak orang juga takut kursus bahasa inggris. Takut harganya mahal dan tidak sesuai hasil. Tidak berani membuat kesalahan saat belajar di tempat kursus yang ramai dan guru yang galak. Takut jadwal dan waktu luangmu yang tidak sesuai dan tidak cukup. Yang terakhir adalah kamu takut bosan dengan pembelajarannya.

Solusinya untuk bisa bahasa inggris adalah dibawah ini

  1. Pertama, ganti bahasa smartphone kamu menjadi English. 
  2. Kedua, praktikkan percakapan Bahasa inggrismu secara rutin dengan teacher terbaik sebagai pemandu.
  3. Ketiga, ikut kursus bahasa inggris yang jadwalnya fleksibel tanpa takut hangus. Bisa memilih belajar secara virtual ZOOM langsung bersama teachernya dengan GARANSI 100% UANG KEMBALI untuk kepuasan belajar.

kursus belajar bahasa inggris coba gratis sekarang

English Cafe Bali adalah lembaga profesional dalam program belajar Bahasa Inggris On-line dan langsung. Semua program Bahasa Inggris seperti IELTS/TOEFL Preparation, Speaking dan kelas percakapan, dan program spesial untuk karyawan dari berbagai bidang pekerjaan juga tersedia. Program terbaik dengan jadwal yang bisa sesuai permintaan untuk belajar Bahasa inggris bersama teacher terbaik dan terakreditasi. Ada TES BAHASA INGGRIS GRATIS juga lho!

Hubungi kami segera di WhatsApp, telepon 0361481910, atau Email ke [email protected] untuk ambil kelas Bahasa inggrismu sekarang. Dapatkan garansi 100% UANG KEMBALI jika kamu tidak puas dengan kualitas teacher, sistem pembelajaran dan platform kami. NO HURT FEELING GUARANTEED!

 

 

Gede Murta

Gede Murta

Orang biasa yang berharap dapat membuat dan berbagi hal yang luar biasa. Berbagi ilmu terkait belajar bahasa inggris seperti program IELTS dan TOEFL Preparation, General English, ESP atau English for Specific Purposes di lembaga training bahasa inggris, English Cafe Bali. Belajar bisa lebih efektif jika kita mulai dengan hal yang kita suka dan tidak melupakan sisi Fun nya. Suka nonton dan belajar dari film dan video dokumenter youtube di waktu luang seperti tentang pendidikan, sosial, dan lingkungan.

Leave a Comment