fbpx

Belajar Bahasa Inggris : Adjective Word Order

Gede Murta

Postingan saya kali ini akan mengajak kalian belajar bahasa Inggris tentang adjective word order. Saya yakin nih, kalian baik ketika SMP, SMA maupun kuliah sudah mendapatkan materi ini meskipun dalam porsi dan juga komposisi yang berbeda. Bagi yang belum mengetahui word order atau tata urut kata, ini merupakan cara untuk menyusun kata – kata dalam urutan atau susunan yang tepat dan benar. Kalau dalam bahasa Indonesia mungkin gampang bagi kita untuk membuat kalimat dengan kata sifat lebih dari satu dan menyusunnya dengan benar. Tapi bagaimana dengan bahasa Inggris? Ambil saja contoh: setangkai bunga Lily putih Asia yang mahal.

Berdasarkan contoh sederhana di atas itu, kita bisa sebut dengan frasa kata benda (noun phrase). Dalam bahasa Indonesia kita boleh membolak balik posisi penempatan kata-kata sifat putih, mahal, atau dari Asia menjadi kalimat seperti ini: bunga Lily putih mahal dari Asia, bunga putih Lily Asia yang mahal, dan lain-lain. Orang pasti akan mengerti. Kita nggak perlu bingung untuk menyusun kalimat tersebut kan, selama tujuannya adalah menjelaskan si bunga Lily.

Nah, bagaimana kalian bisa mengubah kalimat tersebut ke dalam bahasa Inggris? Apakah sama prosesnya dengan Bahasa Indonesia? Bisakah dibolak balik penempatan kata-katanya? Apakah kalian akan membuat an expensive Asian white Lily flower atau an Asian Lily flower white expensive atau a white expensive Asian Lily flower? (Waduh, ribet! Hahaha)

Maka dari itulah, word order (khususnya untuk kata sifat) sangat diperlukan untuk menyusun kata-kata sifat dalam suatu kalimat. Untuk memahami word order kalian perlu memahami rumus atau pola baku dengan susunan sebagai berikut:

adjective word order

D=DETERMINERe.gThe, a, an, some, any, few, little, etc
O=OBSERVATIONe.gNice, good, beautiful, bad, smart, clever,etc
S=SIZEe.gSmall, big, large, wide, tiny, thin, thick,etc
A=AGEe.gOld, new, modern, etc
Te=TEMPERATUREe.gCold, hot, warm, cool, etc
Sha=SHAPEe.gRoud, square, etc
C=COLORe.gBlue, yellow, green, etc
O=ORIGINe.gJapanese, Indonesian, American
M=MATERIALe.gSilky, wooden, etc
Pa=PARTICIPLEe.gPainted, colored, etc
N=NOUNe.gDoor, window, car, book, etc

Karena sudah ada aturannya, jadi kita harus ikuti aturan itu! Susunannya di mulai dari determiner hingga ke Noun (pada tabel pertama bacanya dari kiri ke kanan, tabel kedua bacanya dari atas ke bawah). Maka dari itu contoh diatas bisa kita terjemahkan ke dalam bahasa Inggris dengan mudah. Contoh tadi yaitu: setangkai bunga Lily putih Asia yang mahalakan kita terjemahkan:

  • Setangkai adalah determiner (a, an)
  • bunga Lily adalah sebuah noun (Lily flower)
  • putih adalah color (white)
  • Asia adalah origin (Asian)
  • mahal adalah observation (expensive)

Berdasarkan pola tersebut diatas maka susunan untuk “sebuah bunga Lily putih yang mahal” adalah:

An expensive white Asian Lily flower. (setangkai bunga Lily putih Asia yang mahal).

Bagaimana, sudah paham dengan adjective word order? Well, don’t forget to follow the rule. IKUTI ATURANNYA! Susah untuk mengingat susunannya? Singkat saja menjadi DOSA TeSha COM PaN 😀

Baca juga:

Kinds of Adjectives

Adjective -ed Vs Adjective -ing

Leave a Comment