fbpx

Vocabulary : Perbedaan Everyday dan Every day

Gede Murta

Beberapa waktu yang lalu, salah seorang siswa bertanya beda mengenai perbedaan penulisan everyday dan every (spasi) day. Ini sedikit remeh mungkin bagi hampir sebagian besar orang, tapi tahu nggak sih kedua kata itu punya makna yang berbeda? Disini saya akan menjelaskan bedanya agar dua kata ini mengalami tidak dianggap “kesalahan pengetikan” atau masuk ke dalam persepsi “cuma beda spasi doang, artinya kan tetap sama”.

EVERYDAY

Well, kata everyday (tanpa spasi) merupakan adjective yang bermakna “daily” (harian, sehari-hari). Kata sifat ini diletakkan sebelum noun (posisi attributive), membentuk noun phrase. Dalam hal ini everyday artinya adalah sesuatu yang common / umum / biasa terjadi atau kita temukan sehari-hari.

Contoh:

This price is too expensive for an everyday bread.
Harga ini terlalu mahal untuk roti yang biasa-biasa saja.

I miss my everyday life.
Saya merindukan kehidupan saya yang biasa.

EVERY DAY

Berbeda dengan everyday, every day (dengan spasi) merupakan time expression (adverb) yang bermakna “each day” (setiap hari). Kata every day adalah salah satu dari adverb of frequency (kata keterangan) yang biasa digunakan dalam simple present tense. Every day biasanya ditempatkan di akhir. Kalian kan sering sekali menggunakan kata every day saat belajar present tense, nah itu berarti terdapat suatu kegiatan yang dilakukan secara kebiasaan atau sehari-hari. Contoh :

– I drink water every day.
– She comes early every day.
– They go to school every day.
– Do you brush your teeth every day?

everyday-or-every-day

Hayo ngaku, kesalahan ini pasti sering sekali kalian lakukan ya? Setelah kalian membaca ini saya harap kalian tidak ikut-ikutan membuat kesalahan karena kedua kata yang sama namun artinya berbeda tersebut. Good luck!

2 thoughts on “Vocabulary : Perbedaan Everyday dan Every day”

Leave a Comment