fbpx

Vacation vs. Holiday

Gede Murta

Hi guys! Ada yang masih dalam suasana liburan alias malas beraktivitas? Hehe, semoga tidak, ya! Did you guys go on vacation or holiday? Hmm, apa bedanya? Vacation dan holiday ‘kan artinya sama-sama liburan? Memang betul keduanya berarti liburan, namun maksud dibalik kata tersebut sedikit berbeda. Mau tau bedanya Vacation vs Holiday? Yuk, kita baca informasinya di bawah ini.

1335e3c8d6752d68f5776311ab8ab7b7

Kedua kata ini pada dasarnya berarti liburan atau hari dimana kamu tidak pergi kerja atau sekolah. Perbedaannya adalah kamu hanya menggunakan kata holiday untuk hari yang dirayakan oleh banyak orang seperti hari raya atau public holidays seperti Hari Buruh dan hari kemerdekaan suatu negara. Coba lihat kalimat di bawah ini.

  • July 4th is a national holiday in the US. (4 Juli adalah hari libur nasional di Amerika Serikat).
  • The stock market is closed tomorrow because it’s a holiday. (Besok pasar saham akan tutup karena hari libur)
  • On next year’s Christmas holiday, I will be in Norway for two weeks. (Di libur Natal tahun depan, saya akan berada di Norwegia selama dua minggu)

Berdasarkan kamus Merriam-Webster, vacation berarti sebuah periode waktu tertentu yang dihabiskan jauh dari rumah, sekolah, atau tempat kerja untuk melepas penat. Biasanya tempat yang dimaksud kata vacation adalah luar kota, luar negeri, atau tempat lainnya yang membutuhkan moda transportasi agar bisa sampai ke tempat tujuan. Untuk membedakan vacation dengan holiday, simak contoh kalimat di bawah ini.

  • I’m going on a two-week vacation to the Carribean soon. (Saya akan segera pergi berlibur selama dua minggu ke Pulau Karibia)
  • Where was your last vacation? (Dimana liburan terakhirmu?)
  • Cole: I took a vacation last week. (Aku pergi liburan, lho, minggu lalu.
  • Tim:  Really? Where did you go? (Oh ya? Kamu pergi kemana?)

Jangan bingung kalau ada orang yang mengatakan vacation sebagai holiday. Dalam bahasa Inggris British, holiday sama artinya dengan vacation. Coba lihat contoh di bawah ini sebagai perbandingan.

  • We’re planning on taking a holiday in the US.

Kami berencana untuk berlibur di Amerika Serikat.

  • We’re planning on taking a vacation in the US.

Intinya, kedua kata ini memiliki arti yang sama yaitu liburan. Jadi kamu tidak perlu bingung harus memilih Vacation vs Holdiay. So, where is your next vacation, guys?

Baca juga:

Hanged atau Hung

Kapan Kita Menggunakan Sometime, Sometimes, dan Some time

Leave a Comment