fbpx

Kapan Kita Menggunakan Sometime, Sometimes, dan Some Time

Gede Murta

Bahasa inggris memang penuh tantangan, apalagi kalau kita sudah dihadapkan pada kosakata yang cara pengucapannya sangat mirip. Kita harus benar-benar jeli dengan kalimat yang mengikutinya, karena salah pengucapan bisa berbeda artinya. Artikel kali ini akan membahas tentang perbedaan dari kata Sometime, Sometimes, dan Some Time. Kita juga harus tahu kapan sebaiknya kita menggunakan Sometime, Sometimes, dan Some Time. Tidak jarang kita mengalami kebingungan pada pengucapan kata-kata tersebut, ternyata salah ucap bisa beda arti, maka dari itu kita harus mengetahui artinya terlebih dahulu.

Sometime: kapan-kapan

Sometimes: kadang-kadang

Some Time: beberapa waktu.

Tes Bahasa Inggris Online Gratis

Masih bingung? Yuk kita praktekkan dengan kalimat-kalimat berikut.

Sometime:

I’ve been missing you so much! Let’s get together sometime when you have spare time. (Aku sudah sangat merindukanmu, ayo kita pergi bersama kapan-kapan saat kamu memiliki waktu luang.)

We will meet again sometime, honey. (Kita akan betermu lagi, kapan-kapan, sayang)

  • Kata “sometime” disini memiliki arti “kapan-kapan” yang digunakan oleh si pembicara untuk menyatakan ia ingin mengajak temannya untuk pergi bersama dalam waktu yang tidak tentu dan bisa kapan saja.

Sometimes:

Sometimes, I feel sleepy if they play sad song. (Terkadang aku merasa mengantuk jika mereka menyalakan lagu sedih.)

I don’t like being her friend, sometimes. (Saya terkadang tidak suka menjadi temannya)

  • Kata “sometimes” disini memiliki arti “kadang-kadang” yang digunakan untuk menyatakan si pembicara terkadang merasakan hal tersebut namun tidak selalu ia rasakan, baik saat ini ataupun nanti.

Some Time:

This assignment is really hard, please give me some time to finish it. (Tugas ini sangat berat, tolong berikan aku beberapa waktu untuk menyelesaikannya.)

I need some time to think about it. (Saya butuh beberapa waktu untuk memikirkannya)

  • Kata “some time” disini memiliki arti “beberapa waktu” dimana si pembicara membutuhkan beberapa waktu untuk menyelesaikan hal tersebut.

Bagaimana? Sekarang sudah tahu kan bagaimana cara membedakan Sometimes, Sometime, dan Some Time? Yang paling penting adalah, kamu harus hafal dulu arti dari masing-masing kalimat tersebut, untuk membedakannya dan kapan harus menggunakannya akan menjadi hal yang sangat mudah! Kalian bisa praktekkan langsung dalam sebuah percakapan atau bisa juga menuliskannya agar tidak mudah lupa. Good luck!

Baca juga:

Vacation vs. Holiday

Hanged atau Hung

Ngomong-ngomong, adakah yang masih sering mengalami kesulitan dalam bahasa Inggris?

Wajar saja karena banyak sebab. Yang pertama adalah karena kamu kurang terbiasa dengan bahasa inggris. Smartphone kamu saja masih berbahasa Indonesia. Sebab yang keduanya itu karena kamu adalah tipe gerak. Kamu tipe yang harus belajar dan dijelaskan langsung oleh guru secara fun dan sekaligus langsung praktik. Dan sebab yang terakhir adalah kamu takut mencoba ikut kursus bahasa inggris.

Kamu tidak salah. Banyak orang juga takut kursus bahasa inggris. Takut harganya mahal dan tidak sesuai hasil. Ataupun juga takut membuat kesalahan saat belajar di tempat kursus yang ramai dan guru yang galak. Takut jadwal dan waktu luangmu yang tidak sesuai dan tidak cukup. Yang terakhir adalah kamu takut bosan dengan pembelajarannya. 

Solusinya untuk bisa bahasa Inggris  adalah dibawah ini 

  1. Pertama kamu ganti bahasa smartphone kamu menjadi English. 
  2. Kedua, ikut kursus bahasa inggris yang jadwalnya fleksibel tanpa takut hangus. 
  3. Ketiga pilih sistem private atau kelas kecil biar lebih bebas. 
  4. Keempat pilih kursus bahasa inggris online zoom yang langsung face to face dengan gurunya. 
  5. Cari kursus bahasa Inggris yang BERANI Memberi JAMINAN UANG KEMBALI. Di English Cafe kami jamin 100% UANG KEMBALI. Jika kamu tidak sreg dengan kualitas tutor dan module kami.

Coba Sekarang (Ungu)

Di English Cafe, kami adalah professional di bidang Bahasa Inggris. Semua program Bahasa Inggris seperti IELTS/TOEFL, General English dan program special untuk karyawan, hospitality dan medical semua tersedia. Program kita juga bisa di custom sesuai permintaan kamu lho. Semua tutor kami qualified dan terakreditasi. Ambil program kami dan kami jamin 100% UANG KEMBALI jika kamu tidak puas dengan kualitas tutor, sistem pengajaran kami dan platform kami. Yuk datang ke English Cafe di Jalan Gunung Soputan I 16 A Denpasar atau kalian bisa menghubungi kami melalui WA di nomor 082145458411. We’ll get you addicted to English!

Leave a Comment