fbpx

‘Hanged’ atau ‘Hung’?

Gede Murta

hanged vs hung

Pernah gak kamu bingung harus menggunakan kata hanged atau hung ketika kamu mau mengatakan ‘menggantung sesuatu’ dalam bahasa Inggris? Kedua kata ini memang memiliki arti ‘gantung’, hanya saja yang satu berakhiran –ed dan satunya adalah irregular verb. Jika kamu menebak American English atau British English, maka bisa disimpulkan kalau kosakatamu masih belum begitu banyak. Lol, just kidding! Mau tau bedanya hanged vs hung ? Sebelum kita bahas lebih lanjut, coba kamu jawab pertanyaan ini dulu.

Melissa __________ the pictures on the wall last night.

  1. hung b. hanged

Kalau kamu menjawab b. hanged, maka jawaban kamu salah. Masih banyak orang yang menggunakan hanged sebagai bentuk kedua (verb 2) dari kata hang. Pernyataan tersebut memang tidak salah. Namun bagi orang yang bahasa Inggrisnya sudah mahir, penggunaan hanged akan terdengar janggal. Kenapa? Karena hanged berarti to put to death by hanging atau menggantung yang menyebabkan seseorang mati. Satu contoh penggunaan hanged yang benar adalah ‘the prisoner has been found hanged in his cell’. Sekarang ketika diminta memilih diantara hanged vs hung, kira – kira sudah tau jawaban yang benar kan?

Yup, betul! Jawaban yang benar adalah a. hung. Kata kerja ini memiliki arti menggantung sesuatu. Hung adalah bentuk kedua dari hang yang biasa disebut irregular verb. Kamu hanya bisa menggunakan kata ini jika kamu bermaksud mengatakan menggantung sesuatu yang tidak menyebabkan kematian. Coba kita lihat beberapa contoh di bawah ini supaya makin jelas.

  • The prisoner has been found hanged in his cell.

Tahanan itu ditemukan mati tergantung di selnya. (Tahanan meninggal)

  • The prisoner is hung by the arms and gets beaten up.

Tahanan itu digantung di bagian lengannya dan dipukuli. (Tahanan tidak meninggal)

  • The prisoner hung a picture of his Mom on the wall.

Tahanan itu menggantung foto ibunya di tembok. (Yang digantung adalah foto ibunya)

Tapi kenapa harus ada dua bentuk lampau dari sebuah kata yang sama? Ternyata kedua kata ini memiliki sejarah yang unik. Menurut buku ‘Modern English Usage Guide’ karya Henry Watson Fowler (1926), ada dua kata yang berbeda untuk hang yaitu ‘hon’ dan ‘hangen’. Setelah melalui beberapa gubahan, akhirnya sekarang tercipta dua kata lampau untuk hang yaitu ‘hung’ dan ‘hanged’.

Sudah tau perbedaannya hanged vs hung, kan? Jadi sekarang kamu gak akan bingung lagi tentang perbedaan kata hung dan hanged. Jangan sampe tertukar, ya!

Bagi kalian yang ingin belajar grammar, memperlancar speaking, ataupun meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kalian lainnya, English Café Bali memiliki banyak pilihan program kursus menarik yang pastinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kalian.

Dapatkan juga promo spesial berupa diskon kursus hingga Rp. 500.000 bagi kalian yang khusus mendaftar di bulan ini. Ingat, promo hanya berlaku di bulan Januari ini ya guys. So, tunggu apalagi? Yuk buruan daftar segera!

Baca juga:

Vacation vs. Holiday

Kapan Kita Menggunakan Sometime, Sometimes dan Some time

Leave a Comment