Contoh Soal Recount Text Beserta Kunci Jawaban & Pembahasannya

ECT_Harris

Ditulis oleh Harris M.

Tes kemampuan berbahasa Inggrismu disini. GRATIS!

Tes Kemampuan Saya!

Dalam bahasa Inggris ada beberapa jenis text yang sering dijadikan soal – soal Ujian Nasional. Recount text menjadi salah satu favorit tim pembuat soal Ujian Nasional dikarenakan Recount text sangat menguji kemampuan reading comprehension peserta UN.

Untuk kamu yang masih belum lancar menjawab soal mengenai Recount text atau bahkan tidak tahu seperti apakah Recount text, artikel ini merupakan kabar baik untuk kalian.

Kita akan membahas beberapa contoh soal Ujian Nasional SMA/SMK yang menggunakan Recount text sebagai topik utamanya. Kita akan memahami seperti apa struktur penulisan dari Recount text itu sendiri dan unsur kebahasaan yang biasanya muncul kedalam soal UNBK SMA / SMK.

So let’s get started, shall we?

Contoh Recount Text Beserta Latihan Soal Dan Pembahasannya

  1. Definisi dan Struktur Procedure Text
  2. Contoh Soal Recount Text – Unforgettable Experience
  3. Contoh Soal Procedure Text – Reichstag
  4. Contoh Soal Procedure Text – Abdurrachman Saleh/li>

Introduction to Recount Text

Untuk memudahkan kalian menjawab soal UNBK SMA/SMK mengenai Recount text ada baiknya kalian memahami definisi, struktur dan unsur kebahasaan dari Recount text itu sendiri.

Definisi Recount Text

Recount text adalah suatu jenis teks yang kontennya menceritakan kembali suatu peristiwa nyata atau kegiatan yang menimpa seseorang di masa lampau. Adapun tujuan dari Recount text adalah untuk menceritakan kembali kisah nyata di masa lalu selain juga bertujuan untuk menghibur pembacanya.

Struktur Recount Text

Recount text pada umumnya memiliki struktur teks sebagai berikut:

  • Orientation : pengenalan informasi tentang tokoh, tempat, dan kapan peristiwa atau kegiatan itu terjadi di masa lampau.
  • Events : serangkaian peristiwa atau kegiatan yang terjadi. Biasanya diceritakan secara berurutan, misalnya “On the first day, … The second day, …” (Di hari pertama, … Di hari kedua, …).
  • Reorientation : akhir dari cerita dan bersifat opsional.

Unsur Kebahasaan Sebuah Recount Text

Recount text biasanya memiliki unsur kebahasaan tertentu, contohnya sebagai berikut:

  • Noun: kata benda tertentu sebagai kata ganti orang, seperti nama orang.
  • Past tense: menggunakan kata kerja bentuk lampau, misalnya went, visited, worked, dll.
  • Time connective: kata penghubung waktu untuk mengurutkan kejadian, misalnya after, before, then, after that, dll.
  • Action verbs: kata kerja yang menunjukkan peristiwa atau kegiatan, misalnya stayed, climbed, wrote, dll.
  • Adverbs: kata/frasa keterangan untuk menunjukkan waktu, tempat, dan cara, misalnya yesterday, last year, at home, slowly, carefully, dll.

Nah sudahkah kamu memahami definisi, struktur dan unsur kebahasaan dari sebuah Recount text? Jika masih kurang paham maka simak baik – baik contoh soal-soal Ujian Nasional Bahasa Inggris SMA atau SMK berikut dengan Recount Text sebagai topik utamanya.

LATIHAN SOAL UJIAN NASIONAL BAHASA INGGRIS 2019 – RECOUNT TEXT

UNFORGETTABLE EXPERIENCE

Here is my unforgettable experience. One day I joined a story telling contest. Two of my friends and I had been chosen to take a part in the final round at the district level. I was very happy and eager to win the competition.

For preparation, I had to memorize and understand the story well. My teacher guided and taught me pronunciation, facial expression and gestures. One day, before performing, my friends and I were busy to prepare the props and costumes for the competition. Thing that made me sad was my teacher rented the props and costumes for my friends but not for me.

My two friends had beautiful costumes and luxurious props. Although I just wore the simple ones, I performed my best to win the competition. The competition started. I got number 29 and my friends got number 5 and 10. I was nervous but I showed my best performance on stage. Lots of people took photos and videos of me.

Finally, anxiety was gone after I had finished performing. And then, the announcement came which made three of us very uneasy. Luckily I was chosen as the first winner. I went to the stage and all the judges congratulated me and gave a plague, trophy, and money. I was very happy.

Latihan Soal Ujian Nasional Recount Text – Soal Nomor 01

What is the writer’s intention to write the text?

A. To tell his achievement

B. To win the competition.

C. To describe his feeling to the teacher.

D. To show his disappointment to teacher.

E. To tell his expectation to be the winner.

Jawabannya adalah A. To tell his achievement.

Niat atau tujuan penulis untuk menulis teks tersebut adalah untuk menceritakan pencapaiannya ketika memenangkan kompetisi story telling. Jadi jawaban yang tepat adalah opsi A. To tell his achievement.

Latihan Soal Ujian Nasional Recount Text – Soal Nomor 02

Why did the writer feel sad before the competition?

A. She had no luxurious gown.

B. Her teacher really cares about her.

C. Her teacher was not fair to her.

D. Her friends did not support her.

E. She only had a very simple dress.

Jawabannya adalah C. Her teacher was not fair to her.

Bisa kalian lihat pada kalimat “thing that made me sad was my teacher rented the props and costumes for my friends but not for me”, hal yang membuat si penulis sedih karena gurunya hanya menyewakan alat peraga dan kostum untuk temannya saja.

Dapat kita simpulkan jika gurunya tidak memperlakukannya dengan adil. Jawaban yang tepat yaitu opsi A. Her teacher was not fair to her.

Latihan Soal Ujian Nasional Procedure Text – Soal Nomor 03

From the text it can be concluded that . . .

A. Practice makes performance go well.

B. Being nervous helps perform well on the stage.

C. Wearing simple clothes can help win the competition.

D. It is necessary to wear beautiful costumes for the competition.

E. Beautiful costumes and luxurious props are the requirements for the competition.

Jawabannya adalah A. Practice makes performance go well.

Dari bacaan diatas, dapat kita simpulkan jika untuk menampilkan sesuatu dengan baik serta memenangkan suatu kompetisi, yang menentukan bukanlah dari sebarapa bagus kostum yang kita gunakan, namun sberapa keras usaha atau latihan yang kita lakukan. Jawaban yang tepat adalah opsi A. Practice makes performance go well.

LATIHAN SOAL UJIAN NASIONAL BAHASA INGGRIS 2019 – RECOUNT TEXT

REICHSTAG

If you have an opportunity to trave to Europe, especially Germany, then take your time to visit Berlin. Many places are worth visiting, such as the Reichstag.

The Reichstag is an internationally recognizable symbol of democracy and the current home of the German parliament. Every year, thousands of guests visit the Reichstag-and with good reason: it is not often that you can enjoy such an amazing panorama while, just beneath your feet, the political decisions of tomorrow are being made. Both as an architectural wonder and a historical testimony, the Reichstag has an important role to play in Berlin.

The original building was designed by Paul Wallot and modelled after the Memorial Hall in Philadelphia. Decorative motifs, sculptures and mosaics were contributed by the artist Otto lessing. The Reichstag was completed in 1894 although it didn’t acquire its iconic dedication to “the German People” until 1916 when the words Dem Deutschen Volke were inscribed on its facade.

The Reichstag is easily accessible by public transport as it is situated just a short distance from Berlin’s main rail station, the Hauptbahnhof. The number 100 bus, which provides an unrivalled sightseeing opportunity along its route between the Zoo Station in the West and Alexanderplatz in the East, also stops at the Reichstag, as does the M41.

The nearest U-Bahn station to the Reichstag is the Bundestag. It is the middle station of only three stations on what is surely Berlin’s shortest U-Bahn line which runs between the Hauptbahnhof and Brandenburger Tor.

Latihan Soal Ujian Nasional Recount Text – Soal Nomor 04

What is the writer’s intention to write the text?

A. To promote Berlin as a must visit in Europe.

B. To see the symbol of democracy in Germany.

C. To tell readers about the Reichstag.

D. To describe furniture inside the Reichstag.

E. To let people know about how good Otto Lessing was as an artist..

Jawabannya adalah C. To tell readers about the Reichstag.

Bacaan diatas menjelaskan mengenai apa itu Reichstag, apa saja yang bisa pengunjung nikmati didalamnya dan bagaimana caranya kesana. Jawaban yang tepat adalah opsi C. To tell readers about the Reichstag.

Latihan Soal Ujian Nasional Recount Text – Soal Nomor 05

What is the Reichstag?

A. The Berlin Museum.

B. The Berlin famous castle.

C. The Germany’s parliament building.

D. The Europe Civilization Museum.

E. A famous TV station from Germany.

Jawabannya adalah C. The Germany’s parliament building.

Pada bagian awal paragraf kedua bisa kita lihat pernyataan berupa “The Reichstag is an internationally recognizable symbol of democracy and the current home of the German parliament”. Jawaban yang tepat adalah opsi C. The Germany’s parliament building.

Latihan Soal Ujian Nasional Procedure Text – Soal Nomor 06

What amazing thing can visitor see in the Reichstag?

A. Germany’s future political decisions which are being made.

B. Decorative motifs and sculptures made by Paul Wallot.

C. The architectural wonder designed by the artist Otto Lessing.

D. The political debate about the past which has been made.

E. The last aristocracy that decided to rebuild the Reichstag.

Jawabannya adalah A. Germany’s future political decisions which are being made.

Untuk opsi B dan C tidak tepat karena orang yang bertanggung jawab tertukar posisinya. Bagian akhir dari paragraf kedua menguatkan argumen opsi A sebagai jawaban yang paling tepat dengan kalimat: “it is not often that you can enjoy such an amazing panorama while, just beneath your feet, the political decisions of tomorrow are being made”. Jawaban yang tepat adalah opsi A. Germany’s future political decisions which are being made.

LATIHAN SOAL UJIAN NASIONAL BAHASA INGGRIS 2019 – RECOUNT TEXT

ABDULRACHMAN SALEH

Born into a family of doctors in Kampung Ketapang, Kwitang Barat, Jakarta, Abdulrachman Saleh also became a doctor. After finishing MULO, he studied at STOVIA. While still a student, he was appointed assistant at the laboratory of physiology. Graduating from STOVIA, Abdulrachman Saleh continued his work at the lab while having his own medical practice.

Abdulrachman Saleh’s role in medicine was significant. He became a lecturer in Jakarta, Surabaya, Malang, and Klaten. For his meritorious service in medicine, specifically in physiology, in 1958, the University of Indonesia bestowed him the title of “Bapak Ilmu Faal” (Father of Physiology).

Abdulrachman Saleh was a man of many interests. He was involved in youth organizations like Boy Scouts and Indonesia Muda. He was also a member of Aero club, and co-founded the Verenigde Oosterse Radio Omroep (VORO), an organization of broadcasters. It was he who established the Voice of Free Indonesia, the radio station which spread the proclamation of Indonesia’s independence to the world.

Latihan Soal Ujian Nasional Recount Text – Soal Nomor 07

Abdulrachman Saleh was bestowed the title Father of Physiology because?

A. The was a lecturer in the Medical faculty of the University of Indonesia.

B. He had significant contribution in physiology.

C. He was a lecturer as well as a doctor.

D. He was a lecturer in many parts of Indonesia E. he was a professor in physiology.

E. He was a man of many interests.

Jawabannya adalah B. He had significant contribution in physiology.

Kalimat “for his meritorious service in medicine, specifically in physiology, in 1958, the University of Indonesia bestowed him the title of “Bapak Ilmu Faal” (Father of Physiology) pada paragraf 2 baris 2 menyatakan jika ia dianugerahkan gelar “Father of Physiology” karena manfaat/ kontribusi yang ia berikan di bidang Fisiologi. Jawaban yang tepat adalah opsi B. he had significant contribution in physiology.

Latihan Soal Ujian Nasional Recount Text – Soal Nomor 08

Besides medicine, Abdulrachman also had a special interest in?

A. Laboratorium assistance.

B. Aeroplane designing.

C. Broadcasting.

D. Politics.

E. Student organizations.

Jawabannya adalah E. student organizations.

Pada baris 1 paragraf 3, kalimat “he was involved in youth organizations like Boy Scouts and Indonesia Muda” menyatakan jika ia turut mengikuti suatu organisasi. Jawaban yang tepat adalah opsi E. student organizations.

Latihan Soal Ujian Nasional Procedure Text – Soal Nomor 09

The main idea of the first paragraph is that Abdulrachman Saleh …

A. Started his career as a doctor in STOVIA.

B. Had his own medical practice,

C. Studied at the medical school in STOVIA.

D. Became a doctor because of his family.

E. Was appointed assistant at the laboratory of physiology.

Jawabannya adalah A. Started his career as a doctor in STOVIA.

Intisari paragraf pertama adalah Abdulrachman Saleh memulai karirnya sebagai dokter di STOVIA yang juga diperjelas dalam kalimat kedua paragraf pertama “…. Abdulrachman Saleh also became a doctor. After finishing MULO, he studied at STOVIA”. Jawaban yang tepat adalah opsi A. started his career as a doctor in STOVIA.

Make It Stick

Nah untuk membantu kalian mengingat apa yang kamu pelajari mengenai Recount text lebih baik, coba jawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan benar!

Dalam struktur kebahasaan dari Recount text apa yang dimaksud dengan Orientation?

A. Akhir dari cerita dan bersifat opsional.

B. Serangkaian peristiwa atau kegiatan yang terjadi. Biasanya diceritakan secara berurutan,

C. Pengenalan informasi tentang tokoh, tempat, dan kapan peristiwa atau kegiatan itu terjadi di masa lampau..

D. Penghubung waktu untuk mengurutkan kejadian.

E. Kata kerja yang menunjukkan peristiwa atau kegiatan.

Jawabannya adalah C. Pengenalan informasi tentang tokoh, tempat, dan kapan peristiwa atau kegiatan itu terjadi di masa lampau.

Dalam struktur kebahasaan dari Recount text apa yang dimaksud dengan Events?

A. Akhir dari cerita dan bersifat opsional.

B. Serangkaian peristiwa atau kegiatan yang terjadi. Biasanya diceritakan secara berurutan,

C. Pengenalan informasi tentang tokoh, tempat, dan kapan peristiwa atau kegiatan itu terjadi di masa lampau..

D. Penghubung waktu untuk mengurutkan kejadian.

E. Kata kerja yang menunjukkan peristiwa atau kegiatan.

Jawabannya adalah B. Serangkaian peristiwa atau kegiatan yang terjadi. Biasanya diceritakan secara berurutan.

Tense yang paling sering digunakan dalam sebuah Recount Text.

A. Present Simple.

B. Simple Present Tense,

C. Past Perfect Continuous.

D. Present Perfect Continuous.

E. Past Tense.

Jawabannya adalah E. Past Tense.

Kesimpulan

Nah jadi lebih memahami Recount Text kan? Semoga soal-soal latihan Ujian Nasional di artikel mampu membantumu menjawab soal – soal Ujian Nasional Bahasa Inggris dengan Recount Text sebagai topik utamanya.

Selama beberapa tahun terakhir, soal Ujian Nasional Bahasa Inggris didominasi oleh soal yang menguji kemampuan peserta ujian memahami isi dari sebuah teks, oleh karena itu mempelajari macam -macam text yang berkemungkinan besar muncul di Ujian Nasional sangatlah kami anjurkan.

Dengan rutin menjawab contoh – contoh soal Recount Text, kamu akan terbiasa menemukan gagasan penting yang ditanya. Hal ini dikarenakan kamu telah terbiasa dengan berbagai macam struktur dan unsur kebahasaan dari Recount Text yang sering digunakan.

Jadi agar kamu lebih mantap dalam menghadapi Ujian Nasional, tidak ada salahnya kamu mencoba menjawab soal – soal yang ada diblog atau website English Cafe atau yang kami post di media sosial seperti Facebook atau Instagram.

Better Preparations Lead to Better Result

Untuk membantu kamu mempersiapkan diri dengan baik menghadapi Ujian Nasional Bahasa Inggris. English Cafe tidak hanya mengeluarkan artikel – artikel berisi contoh soal atau latihan soal tapi juga memberikan kalian video pembahasan soal Ujian Nasional Bahasa Inggris di channel youtube kami.

So check our Youtube channel buat kamu yang suka belajar dengan menonton video!

Jika kamu masih kurang pede dengan kemampuan berbahasa Inggris kamu, jangan khawatir. English Cafe memiliki berbagai macam program yang bisa membantumu lebih mahir berbahasa Inggris. Program kursus TOEFL dan IELTS di English Cafe telah membantu banyak peserta kursus meraih nilai idaman mereka lho.

Hubungi English Cafe lewat e-mail di study@englishcafe.co.id atau lewat Whats App di 0821 454 58 411. Atau kamu bisa langsung datang kekantor English Cafe di Jalan Gunung Soputan 1 No. 16A, Denpasar Bali dan mengikuti English Cafe Experience buat nyobain serunya belajar bahasa Inggris bersama teacher – teacher disini.

Selamat belajar ya guys!