fbpx

Tips Selama Listening Berlangsung

Gede Murta

Apakah kamu sebentar lagi akan mengikuti ujian Bahasa Inggris? Merasa gugup dengan kemampuan listening kamu sehingga kamu mencari tips selama listening berlangsung untuk membantumu menjawab soal – soal listening?

Kebiasaan mendengarkan menjadi salah satu kunci sukses dalam pembelajaran listening. Kebiasaannya apa? Ya latihan mendengarkan. Namun jika kamu masih merasa bahwa listening adalah bagian tersulit, mungkin kamu perlu sedikit trik untuk mengatasinya.

Listening memerlukan 100% konsentrasi dan fokus dalam prakteknya, karena waktu tesnya pun cukup singkat dan untuk beberapa jenis tes (misalnya pada IELTS atau TOEFL) tidak ada pengulangan seperti pada ujian nasional.

Berikut adalah kelima tips selama listening berlangsung yang bisa kamu coba!

1. Bagaimana jika saya tidak memahami setiap kata yang diucapkan?

Oke, kendala banyak orang adalah takut tidak bisa mengerti kata apa yang diucapkan oleh speaker dan takut mendengar kata yang sama sekali asing di telinga. Memang benar pemahaman kata sangat penting, namun tidak setiap kata kalian perlu pahami untuk mendapatkan nilai tinggi. Hal terpenting adalah bagaimana kalian mengetahui bagian kata penting yang menjadi kunci dari soal tersebut.

WHAT TO DO:

#1. Jangan panik jika kamu tidak mengetahui arti dari setiap kata, yang penting kamu bisa menangkap ide skenario secara umum

#2. Setiap soal memiliki kata kunci atau gagasan. Nada pengucapannya akan penuh dengan penekanan dan diucapkan lebih keras dan pelan daripada kata yang lain. Boleh dibilang, kata lain yang tidak  diberi penekanan tidak terlalu penting, jadi dengarkan seadanya saja. Intinya, dengar ide pokoknya.

2. Saya tidak bisa menemukan kata penting, help!

Nah loh, bagaimana jika kamu nggak bisa menemukan kata penting? Kita cek tips berikut ini.

#1. Pahami skenario percakapan. Kalau ada kata sulit yang tidak bisa kamu pahami sementara kamu mengira itu adalah kata kuncinya, maka ketika kamu memahami skenario dalam percakapan yang kamu dengar, it will help you a lot. Kamu akan dapat menjawab soalnya dengan mudah!

#2. Ada kata sulit yang penting? Cuma satu atau dua kata yang terlewat tidak akan membuatmu gagal tes. Jangan panik! Tetap fokus dengan satu soal yang sedang kamu dengarkan karena hal ini akan menghindarkanmu dari kehilangan informasi yang penting. Terkadang kata kunci atau ide akan diulang kembali dalam audio, jangan sampai kelewatan!

#3. Ada kemungkinan Anda mendengar kata yang telah Anda ketahui sebelumnya akan tetapi Anda tidak mengetahui pelafalan dalam bahasa inggris. Pergunakan konteks skenario untuk membantu.

3. Pahami konteks skenario

Konteks adalah situasi atau kondisi saat skenario listening berlangsung sehingga hal ini akan membantumu mendapatkan informasi tambahan dalam tes. Skenario sangat penting kamu pahami sekalipun ada beberapa kata penting yang tanpa sengaja kamu lewatkan.

Caranya?

#1. Latihan sesering mungkin dengan soal sebanyak mungkin. Persiapan ini sangat membantu kamu untuk mengenal jenis-jenis konteks skenario yang biasa muncul dalam listening.

#2. Point ini penting untuk membantu mengetahui bagaimana skenario terjadi. Kira-kira dimana pembicaraan berlangsung? Bagaimana nada suara pembicara satu dan lainnya? Apakah ada latar suara yang bisa membantumu mendapatkan informasi tambahan tentang skenario ini?

#3. Masih tidak yakin dengan jawabanmu? Gunakan kemampuan memprediksimu dengan tetap mengacu pada konteks pembiacaraan.

4. Intonasi, emosi dan pendapat

Penting untuk kalian ketahui bahwa intonasi dan emosi sangat berpengaruh agar kalian bisa menangkap maksud pembicara.

#1. Gunakan intonasi (penekanan dalam suatu kata) untuk memahami emosi pembicara dan apa yang mereka rasakan, misalnya sedih, bahagia, khawatir, gugup, etc.

#2. Ketika pembicara mengeluarkan intonasi yang tinggi, mereka biasanya menunjukkan emosi yang kuat, misalnya ketika merasa antusias, terkejut, sangat bahagia atau marah. Suara rendah menunjukkan rasa bosan, takut, gugup atau ketidaktertarikan akan sesuatu.

#3. Kata kunci listening seringkali muncul ketika pembicara mengutarakan sebuah pendapat. Contoh ungkapan pendapat adalah in my view…, I believe…, I think…, I disagree that…, I can’t stand…, I’m keen on…

Gunakan rekasi dari pembicara untuk memahami pendapatnya, misalnya You’re absolutely right!, You’re wrong!, How awful!, That’s fantastic! Kesemuanya sering terucap dengan suara tinggi.

5. Dengarkan bagaimana ejaan, tanggal, angka atau singkatan diucapkan

Biasanya ini terjadi dalam percakapan telepon, atau dalam situasi pesan memesan sesuatu. Pembicara pasti akan meminta lawan bicara mengeja nama atau meminta nomor telepon mereka, tanggal berapa mereka akan datang (jika situasinya sedang memesan kamar hotel). Sudah tugasmu untuk:

#1. Mengenal ejaan alpabet dalam bahasa Inggris

#2. Mengucapkan jenis angka yang berbeda seperti mengucapkan nomor telepon, atau tingkatan angka dalam tanggal (first, second, 24th, 32nd, etc) frekuensi (once, twice, 5 times, etc).

#3. Mengetahui bagaimana mengucapkan waktu dalam bahasa inggris.

#4. Mendengarkan dengan teliti singkatan yang diucapkan pembicara misalnya akhiran ‘d, ‘s, ‘ll, ‘ve sesuai konteks percakapan.

Suka dengan Tips Selama Listening Dari Kami? Baca juga tips lainnya:

Leave a Comment