fbpx

Speaking is Easy! – Tips Berbicara Bahasa Inggris dengan Lancar

Gede Murta

Bahasa Inggris di atas kertas sudah mencapai level advance, tetapi kalian masih merasa aspek speakingnya masih kurang?
Malu memulai komunikasi dengan si bule-bule tapi susah?
Kalian sudah punya lebih dari cukup vocabulary di kepalamu tapi pas mau ngomong malah diam seribu bahasa alias tongue-tied?

Dalam hati selalu bertanya-tanya, “Bisakah saya berbicara dengan lancar?” Jawabannya: Absolutely! Caranya, dengan mencoba dan melatih diri kamu berdasarkan tips-tips berikut. Good luck!

Kuatkan niat dan berlatih dengan serius

Selalu ada jalan menuju Roma, begitu kata pepatah. Selalu ada jalan untuk meningkatkan kemampuan kalian dalam berbahasa Inggris. Cara untuk mengembangkan hal tersebut adalah terus berlatih dengan sebaik-baiknya. Buat jadwal untuk latihan speaking di kelas percakapan online.

Dengarkan bagaimana pelafalan native speaker di situs-situs yang menyediakan belajar bahasa Inggris online, kemudian ucapkan dengan suara lantang. Ketika kalian berbicara dengan keras, maka telinga kalian otomatis akan mendengar apa yang kalian katakan sehingga kalian akan ingat dua kali lebih lama.

Latih ingatan

Jika kalian sudah terbiasa mendengar, maka kalian akan selalu mengingat kata-kata dalam bahasa Inggris. Buat latihan dengan teman/ kelompok belajar dan buat percakapan dari yang sederhana hingga sedikit kompleks dengan berbagai topik. Dijamin kalian akan refleks menjawab kalimat pertanyaan yang kalian kenal.

Tingkatkan rasa percaya diri

Pertanyaan-pertanyaan di atas mencerminkan ketakutan yang kalian miliki dan pasti akan selalu terjadi. Entah kalian takut saat terdengar konyol atau tidak dapat dimengerti, atau pengucapan dan grammar yang tidak tepat. Oke, mulailah dengan kalimat sederhana. Berbicaralah kepada orang atau teman yang memang ingin belajar bahasa Inggris ketika mendiskusikan tentang suatu hal dan jangan lupa, perluas pergaulan.

Gunakan jeda

Kalau kalian memang merasa berbicaranya terbata-bata, lakukan apa yang dilakukan penutur asli, yaitu gunakan jeda seperti “um”, “er”, atau “ah”. Hal tersebut memberikan waktu untuk berpikir dan mengindikasikan bahwa kalian akan berbicara.

Kalian hanya memerlukan beberapa kata jeda untuk membuat bisa berbicara, tetapi jangan terlalu sering. Pengucapan jeda yang terlalu sering membuat kalian terlihat seperti memiliki kebiasaan buruk dalam berbicara. Hati-hati ya! 

Perlu bantuan?

Belajar bicara bahasa Inggris secara otodidak tidak membantu? Perlu bantuan agar bahasa Inggrismu berkembang dengan lebih cepat? Well, kenapa tidak coba hubungi English Café? Pengalaman lebih dari 5 tahun di bidangnya membuatmu menemukan cara cepat belajar bahasa Inggris dengan cara yang sangat menyenangkan.

Didukung dengan fasilitas yang lengkap, membuat belajarmu semakin nyaman. Program belajarnya pun tidak baku, tapi sesuai kebutuhanmu. Jadwalnya fleksibel, kapan aja kamu mau. Bukan hanya itu, kamu juga bisa mengetahui kemampuan bahasa Inggrismu secara GRATIS!

Baca juga:

Leave a Comment