fbpx

Conversation Class; Komunikasi dan Rasa Percaya Diri

Gede Murta

Pernahkah kamu mendengar tentang conversation class?

Sebelum membahas tentang conversation class, kita mulai dengan pertanyaan, apa yang membuat orang susah untuk belajar bahasa Inggris?

Kendati banyak orang Indonesia yang mahir berbahasa Inggris, banyak orang yang menyerah karena kurangnya rasa percaya diri mereka ketika memulai untuk berbicara.

Alasannya simple saja; TAKUT. Takut jika orang lain lebih pintar, takut orang lain tidak mengerti apa yang kita bicarakan, takut akan ejekan dan cemoohan ketika kita tidak bisa mengimbangi mereka dengan grammar yang memadai, takut salah atau lupa kosakatanya, dan masih banyak rasa takut lainnya.

Dari semua rasa takut itu, sadarkah bahwa semua itu diawali dengan TAKUT MEMULAI?

Rasa percaya diri dimiliki oleh semua orang, dengan kadar yang berbeda. Seperti layaknya sebuah keseimbangan, ada banyak orang yang memiliki rasa percaya diri yang kurang, dan selebihnya mereka memiliki rasa percaya diri yang berlebihan. Masing-masing memiliki sisi positif dan negatif tersendiri.

Orang dengan rasa percaya diri kurang, akan takut memulai, bahkan berkomunikasi dengan orang lain menggunakan bahasa Inggrispun akan susaaaah sekali rasanya. Mereka tidak ingin mengambil resiko atau bahkan tidak mencoba melakukannya sama sekali! Namun sisi baiknya, mereka akan teliti dalam memikirkan kesalahan-kesalahan yang mereka lakukan saat berbicara sehingga mereka bisa memperbaikinya di kemudian hari.

Nah, berbeda dengan orang-orang dengan rasa percaya diri berlebihan, mereka mungkin akan berbicara dalam bahasa Inggris di mana saja, dengan siapa saja (bahkan mungkin dengan abang tukang bakso di depan rumah) dalam situasi apapun! That’s good, itu membuat kalian akan semakin fasih, bukan?

Tetapi ingat, apakah kalimat yang kalian ucapkan sudah benar? Hal ini sangat penting untuk diperhatikan sebab kalian sedang dalam tahap memulai. Jangan sampai orang lain merasa tidak nyaman karena mereka tidak mengerti dengan apa yang kalian ucapkan atau bahkan terjadi kesalahpahaman. Ingat, komunikasi itu terjadi secara dua arah, jadi gunakanlah bahasa Inggris di saat yang tepat sehingga hasilnya jadi lebih maksimal.

Meskipun demikian, ada juga orang yang memiliki takaran rasa percaya diri yang pas. Kalian mau jadi seperti mereka?

confidence-wordsIni saatnya untuk mencari tempat yang pas untuk menyeimbangkan rasa percaya diri kalian, dengan bergabung bersama kelas conversation kami, hanya di English Cafe!

Di kelas kami, kalian bisa berbicara apaaaa saja dalam bahasa Inggris, dengan bekal grammar yang memadai, dan guru-guru yang asyik diajak ngobrol. Disini, selain meningkatkan kepercayaan diri dalam berbicara, kalian juga bisa melatih pengucapan dan pelafalan kata yang benar, memperbanyak kosa kata, meningkatkan kemampuan presentasi atau berdebat, bagaimana menerima umpan balik dari kesalahan dalam berbahasa.

Jadi singkatnya, conversation class di English Cafe dibuat untuk menyeimbangkan antara kelancaran berbahasa dengan ketepatan tata bahasa alias grammar. Tentu dengan cara belajar mengajar yang fun!

Sudah siap untuk membangun rasa percaya dirimu? Join our FREE CLASS NOW! Telepon ke (0361) 481 910 sekarang juga!

Baca Juga: 

Leave a Comment