fbpx

Tips Menghadapi Ujian Nasional

Gede Murta

Setiap tahun, siswa kelas 3 SMP maupun SMA pasti disibukkan dengan persiapan Ujian Nasional. Mata pelajaran yang menjadi momok menakutkan oleh semua jurusan biasanya Matematika dan Bahasa Inggris. Sebelum kalian menghadapi UN, ada baiknya kalian menyimak beberapa tips di bawah ini untuk mempersiapkan dengan sebaik-baiknya.

1. Kurangi kegiatan & gadget pengganggu

Kegiatan fisik atau olahraga dan kegiatan sampingan lainnya di-pause dulu untuk sementara. Jangan sampai kegiatan itu mengganggu konsentrasi kalian. Hal ini menghindari kalian dari kehabisan energy atau kecelakaan karena aktivitas tersebut. Nggak mau kan kalau kalian gagal UN karena kecelakaan atau sakit?

Selain itu, kurangi penggunaan gadget dan atur waktu seefektif mungkin. Jangan tergoda oleh game online atau social media, ajakan jalan-jalan dari teman-teman yang hampir setiap minggu. Percaya deh, hal-hal itu akan mengganggu konsentrasi kalian dalam belajar. Dengan banyaknya alat-alat canggih tersebut, tentunya jam belajar yang efektif si anak akan berkurang, bahkan bisa berkurang lebih dari 50 persen. Bagi kalian yang terbiasa belajar menggunakan media, ada baiknya dengarkan alunan musik klasik untuk meningkatkan kualitas belajar apalagi menghafal. Kalau nggak terbiasa, pasang tanda ‘Don’t disturb!’ aja di depan kamar agar tidak ada yang mengganggu kalian belajar.

2. Jaga stamina kesehatan & makanan

Menjaga stamina adalah salah satu hal yang sangat penting dalam mempersiapkan UN. Pokoknya kalau kalian sakit, semua akan terasa lebih ribet. Jaga kondisi dengan asupan makanan yang baik agar gizi tetap seimbang, jadwal tidur juga didisiplinkan agar tidak terlalu malam. Jangan gunakan SKS (Sistem Kebut Semalam) yang membuat kalian harus bergadang sampai pagi untuk menghafal pelajaran.

3. Latihan sendiri

Coba untuk melakukan try out mandiri. Ukur kemampuan sendiri untuk menyelesaikan target soal yang kira-kira akan keluar dalam UN. Buat catatan perkembangan hasilnya. Untuk mata pelajaran bahasa Inggris perbanyak latihan soal, dalam sehari targetkan berapa jumlah soal yang akan kalian kerjakan dan tandai materi mana yang belum kalian mengerti.

4. Mengerjakan latihan soal dengan menggunakan bolpoint

Selama latihan, cobalah untuk menjawab soal dengan menggunakan bolpoin. Terlihat spele, memang. Tapi dengan cara ini kalian bisa melatih ketelitian dan membuat kalian teliti akan kesalahan dan banyak coretan. Disamping itu, terapkan juga latihan menggunakan pensil 2B untuk menghitamkan.

5. Ikut Bimbingan Belajar / Les Privat yang berkualitas dengan disiplin

Apabila belajar mandiri banyak kesulitan, jangan dibiarkan terus berkelanjutan. Perlu adanya solusi. Jika guru bahasa Inggris di sekolah kadang hanya memberikan tugas dan cara mengajar yang tidak menyenangkan dan tidak atraktif, kalian perlu mencari guru yang bisa membantu dalam belajar. Pemilihan tempat belajar juga penting, pilihlah les privat berkualitas, jangan sembarang les privat, atau cari les privat yang semurah-murahnya mungkin. Lihat profil pengajar, apakah pengajar berprestasi? Asal sekolah dan universitas pengajar darimana?

Siswa pun harus disiplin untuk hadir di les privat. Jangan pernah bolos oleh sebab apapun. Karena tidak disiplin tersebut, efeknya luar biasa kepada hasil UN, terutama bahasa Inggris. Nah intinya, kalau kalian udah nggak sanggup belajar sendiri dan perlu someone’s help untuk membantu kalian dalam belajar bahasa Inggris untuk UN, English Café akan dengan senang hati membantu. Pengalaman lebih dari 5 tahun di bidangnya membuat kalian menemukan cara cepat belajar bahasa Inggris dengan cara yang sangat menyenangkan. Didukung dengan fasilitas yang lengkap, membuat belajarmu semakin nyaman. Program belajarnya pun tidak baku, tapi sesuai kebutuhanmu. Jadwalnya fleksibel, kapan aja kalian mau. Bukan hanya itu, kalian juga bisa mengetahui kemampuan bahasa Inggrismu secara GRATIS!

Mau tahu info lengkap lainnya? Kunjungi englishcafe.co.id sekarang, atau telepon segera ke (0361) 481 910. We’ll get you addicted to English!

Selamat mempersiapkan Ujian Nasional!

Baca juga:

Leave a Comment