fbpx

3 Tips Meningkatkan Kelancaran Berbicara

Gede Murta

Kelancaran berbicara atau fluency menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Mirip-mirip saya dulu nih, menguasai grammar tapi kelancaran berbicara saya sangat-sangat kurang karena nggak berani memulai berbicara dan nggak bisa merespon pembicaraan orang lain. Gimana dong biar fluency kita bisa meningkat?

Coba ikuti 3 hal di bawah ini. Tapi tetep ya, kunci utamanya adalah niat dan ketekunan 🙂 1. Jadilah pembicara aktif Penentuan dari sukses atau tidaknya kalian berbicara terletak pada mindset yang kamu miliki. Ubahlah status kalian dari yang mulanya “belajar bahasa Inggris” menjadi “berbicara bahasa Inggris”.

Mulanya seorang pembelajar/siswa menjadi pembicara aktif. Mindset ini akan secara otomatis menekan pikiran kalian untuk melakukan lebih banyak kegiatan bicara. Dulunya, ketika mindset saya adalah seorang siswa, saya selalu berpikir bahwa saya tidak bisa mentoleransi kesalahan karena takut ada orang yang tertawa karena grammar saya yang salah, lama-lama, saya jadi tidak percaya diri. Sementara untuk menjadi seorang

Kelancaran berbicara atau fluency menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Mirip-mirip saya dulu nih, menguasai grammar tapi kelancaran berbicara saya sangat-sangat kurang karena nggak berani memulai berbicara dan nggak bisa merespon pembicaraan orang lain. Gimana dong biar fluency kita bisa meningkat? Coba ikuti 3 hal di bawah ini. Tapi tetep ya, kunci utamanya adalah niat dan ketekunan 🙂

1. Jadilah pembicara aktif

Penentuan dari sukses atau tidaknya kalian berbicara terletak pada mindset yang kamu miliki. Ubahlah status kalian dari yang mulanya “belajar bahasa Inggris” menjadi “berbicara bahasa Inggris”. Mulanya seorang pembelajar/siswa menjadi pembicara aktif. Mindset ini akan secara otomatis menekan pikiran kalian untuk melakukan lebih banyak kegiatan bicara.

Dulunya, ketika mindset saya adalah seorang siswa, saya selalu berpikir bahwa saya tidak bisa mentoleransi kesalahan karena takut ada orang yang tertawa karena grammar saya yang salah, lama-lama, saya jadi tidak percaya diri. Sementara untuk menjadi seorang pembicara aktif, kalian pasti akan senang mengeksplorasi kemampuan berbicara yang kalian miliki lebih sering.

2. Grammar perlu dipelajari kok, asal…

Keseimbangan antara teori dan praktek adalah hal yang dapat membawa kalian kepada peningkatan dalam belajar. Jika terlalu banyak belajar namun tidak dibarengi dengan banyak praktik, maka pencapaianmu sama dengan nol.

Lagipula, orang yang terlalu banyak mempelajari grammar, bisa membuatnya takut untuk berbicara. Kecenderungan untuk khawatir apakah grammarnya salah atau nggak itu sangat sangat sangat sering muncul. Kalau kalian sering berpikir demikian, kapan prakteknya? Jadi, grammar itu sangat perlu dipelajari, memang, asal jangan sampai menghalangi kalian untuk berani ngomong, okay?

3. Keep going!

Practice makes perfect, begitu kata pepatah. Belajar bahasa itu nggak bisa hanya sekedar tahu, tapi juga harus praktek. Mana ada orang yang ngaku belajar bahasa tapi kalimat perkenalan aja lupa? Caranya ya dengan berbicara langsung dan jangan pernah takut untuk praktik. Kesalahan satu atau dua kali sih maklum, namanya juga proses belajar.

Bukankah kesalahan itu yang membuat kalian lebih mawas untuk berubah jadi lebih baik? Don’t be afraid to make mistakes and keep going, guys! Ingat selalu bahwa kemampuan berbahasa akan membawa kalian kepada peningkatan kualitas diri dan nantinya akan membawa kalian ke jalan kesuksesan. Semangat!

Baca juga:

Leave a Comment