fbpx

5 Tips Belajar Bahasa Inggris Mudah Bagi Pelajar

Gede Murta

Bahasa Inggris selalu menjadi momok bagi pelajar maupun mahasiswa, baik itu dari mata pelajarannya, sampai buku dan jurnal ilmiah pendukung skripsi. Belum dibaca saja sudah keder duluan kalau menemukan bacaan berbahasa Inggris. Seberapa hebatpun kamu menguasai satu bidang ilmu, bahkan hingga meraih prestasi internasional, tanpa penguasaan bahasa Inggris yang baik kamu akan tetap seperti kehilangan sebelah tangan. Keahlian ini seharusnya kamu pupuk semenjak kamu menjadi pelajar dan mahasiswa agar nantinya ketika kamu terjun ke tengah masyarakat sebagai pekerja, kamu tidak lagi bingung mesti ambil kursus sana-sini. Mungkin saja malah kamu yang bisa jadi pengajarnya 🙂

Nggak mau kan kesempatan berharga hilang begitu saja karena kamu nggak menguasai bahasa Inggris? Lima tips ini bisa jadi sangat bermanfaat bagi kamu yang masih mengenyam pendidikan sekolah menengah atau bangku kuliah. Check it out!

Prinsip, tekad, percaya diri.

Rasa-Percaya-Diri

Ketiga kata tersebut harus tertanam di benakmu jika ingin belajar bahasa Inggris. Pertama kamu harus punya prinsip bahwa bahasa Inggris bisa membantu kamu dalam bidang apapun, untuk kehidupanmu kelak, untuk bisa membawa kamu ke jalan kesuksesan. Setelah kamu memiliki prinsip tersebut, maka tekad kamu belajar harus bulat dan nggak setengah-setengah. Ketika prinsip sudah mantap dan tekad sudah bulat, tinggal bagaimana menumbuhkan rasa percaya dirimu untuk mempraktekkan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.

Salah? Biasa aja tuh!

Jangan takut salah untuk mempraktekkan bahasa Inggris. Salah itu adalah fase alami dalam belajar, karena dari kesalahan tersebut kamu bisa mengingat lebih lama hal benar yang seharusnya kamu lakukan/ucapkan. Ketika kamu melakukan kesalahan, jangan sampai kamu melakukan kesalahan yang sama kedua kalinya.

wq

Cuek bukan berarti pamer.

Ketika kamu mulai belajar untuk meningkatkan porsi membacamu dengan buku bahasa Inggris baik itu novel, makalah, jurnal, koran untuk membantu tugas kuliah/sekolah, saat itu juga cibiran mulai berdatangan. Teman-temanmu pasti ada yang akan mengatakan kamu pamer dan sok Inggris. Cuek aja! Kembali ke nomor 1, PRINSIP. Ingat, bahasa Inggris akan membuat hidupmu jadi lebih mudah dan sukses. Meski terlihat berat untuk memulai, namun lama-lama kamu pasti akan terbiasa.

English subtitle, please!

Subtitle_Edmund_video_game_documentary

Siapa yang suka nonton film box office dengan subtitle bahasa Indonesia? Jika kamu serius belajar, mungkin kebiasaanmu bisa diubah tuh dengan subtitle berbahasa Inggris, sebelum kamu benar-benar menonton film tanpa subtitle dan sepenuhnya mengandalkan kemampuan mendengarkanmu.

Gimana guys? Semoga tips di atas bisa membantu ya 🙂

Baca juga:

Leave a Comment