fbpx

Rise VS Raise

Gede Murta

Apakah kalian sudah mengetahui apa perbedaan dari kata Rise vs Raise? Kedua kata ini memiliki arti yang sama yaitu “naik”, namun fungsi kedua kata tersebut tentu saja berbeda. Terkadang masih banyak yang keliru dalam menempatkan kedua kata tersebut dalam satu kalimat. Dan itu menjadi salah satu kesalahan yang sering terjadi karena kurang pahamnya makna dan fungsi dari kedua kata tersebut. Biar ga bingung lagi, yuk kita simak pembahasan dari perbedaan Rise dan Raise.

rise vs raise

 

Rise (irregular verb)

Kata “rise” menjelaskan tentang sesuatu yang bergerak sendiri ke level yang lebih tinggi tanpa ada dorongan atau bantuan dari luar. Seperti misalnya: matahari terbit atau sumber air yang muncul ke permukaan. Rise merupakan kata kerja tidak beraturan (irregular verb) dan tidak membutuhkan objek, dengan perubahan kata sebagai berikut: rise, rose, risen.

Raise (regular verb)

Sedangkan kata “raise” adalah kata kerja yang berarti mengangkat atau menaikkan sesuatu dengan bantuan atau dorongan dari luar. Dalam kata kerja ini, tentu saja diperlukan sebuah objek. Raise merupakan kata kerja beraturan (regular verb), dengan perubahan kata sebagai berikut: raise, raised, raised.

For instance:

Rise (irregular verb)

  • The sun rises in the morning
  • He rises at 6:00 a.m. every morning.

Pada contoh kalimat di atas, setelah kata rises tidak diikuti oleh kata benda (noun), dan menjelaskan sesuatu yang naik dengan sendirinya tanpa bantuan ataupun dorongan dari luar.

Raise (regular verb)

  • My employer raised my salary.
  • Please raise your hand if you have any question.

Sedangkan pada kata raise selalu diikuti oleh kata benda (noun). Perhatikan contoh kalimat di atas, dijelaskan bahwa sesuatu yang naik terjadi akibat bantuan ataupun dorongan dari luar.

PS: Jika sesuatu naik dengan sendirinya, maka gunakanlah kata “rise”, namun jika sesuatu naik karena sesuatu yang lain, seperti disebabkan oleh bantuan ataupun dorongan dari luar, maka gunakanlah kata “raise”.

Alright guys, itu dia perbedaan kata rise vs raise lengkap dengan contoh penggunaannya dalam suatu kalimat. Adakah yang masih bingung setelah membaca penjelasan tentang perbedaan kata raise dan rise diatas? Atau mungkin kalian masih mengalami kesulitan dalam belajar bahasa Inggris terutama belajar grammar? Jangan khawatir guys. English Café Bali punya solusinya.

Bagi kalian yang ingin belajar grammar, memperlancar speaking, ataupun meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kalian lainnya, English Café Bali memiliki banyak pilihan program kursus menarik yang pastinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kalian.

Baca juga:

Leave a Comment