fbpx

Compliment VS Complement

Gede Murta

Apakah kamu datang ke artikel ini karena kebingungan ketika ditanya perbedaan compliment vs complement? Tenang saja, banyak pembaca yang bertanya mengenai kedua kata yang serupa namun tidak sama tersebut. Nah untuk menghilangkan kebingungan, mari kita bahas apa perbedaan compliment dan complement.

Tidak jarang kita dibuat bingung oleh kedua kata ini, mungkin saat kita mengucapkan akan terdengar baik-baik saja karena pelafalannya yang sama, namun apa yang terjadi jika kita diharuskan untuk menuliskan?

Wah..wah.. jangan sampai tertukar ya guys! Karena maknanya berbeda loooh.  Kedua kata ini tak jarang menimbulkan kebingungan karena selain hanya berbeda satu huruf, mereka juga merupakan homophone (kata-kata yang terdengar sama namun artinya berbeda).

Lalu, apa saja sih perbedaan kedua kata tersebut? Yuk kita simak pembahasannya!

screen-shot-2012-08-14-at-12-10-30-pm

Compliment

Kata “compliment” ini bisa berarti kata benda (noun) ataupun kata kerja (verb).  Kalo sebagai kata benda, artinya adalah “pujian” maupun “salam”. Kalo dalam kata kerja, artinya adalah “memuji” atau “mengekspresikan kekaguman”, “to praise (someone) or to say something nice about someone” dengan artian memuji atau mengatakan sesuatu yang baik tentang seseorang.

Contoh:

  • Julia smiled at Joe’s complimentsabout her outfit at their friend’s wedding party.
  • I received a lot of compliments on how good I looked today.

Complement

Kata “complement” juga merupakan kata benda (noun) dan kata kerja (verb).  Jika sebagai kata benda, memiliki arti “pelengkap”, jika sebagai kata kerja dapat berarti “melengkapi” atau “to complete” dengan artian melengkapi satu sama lain atau melengkapi sehingga menjadi sempurna, lebih baik, atau menarik.

Contoh:

  • The recipe was delicious and the wine complemented the food beautifully.
  • This new service is intended to complement existing facilities

Jadi kesimpulannya adalah jika kamu menggunakan kata compliment, itu artinya kamu memberikan compliment (pujian) ke seseorang dan mengungkapkan rasa kagum kamu terhadap seseorang atau sesuatu hal. Namun jika kamu menggunakan kata complement, itu dikatakan untuk menyatakan sesuatu yang cocok bersama atau melengkapi atau membuat tampak lebih baik.

2012-07-13-compliment-complement.2013.08.23.10.11.56

Bagaimana? Masih bingung membedakan compliment vs complement? Sudah tidak lagi dong yaaaa….

Nah mungkin kalian masih mengalami kesulitan dalam belajar bahasa Inggris terutama belajar grammar? Jangan khawatir guys. English Café Bali punya solusinya.

Bagi kalian yang ingin belajar grammar, memperlancar speaking, ataupun meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kalian lainnya, English Café Bali memiliki banyak pilihan program kursus menarik yang pastinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kalian.

Dapatkan juga promo spesial berupa diskon kursus hingga Rp. 500.000 bagi kalian yang khusus mendaftar di bulan ini. Ingat, promo hanya berlaku di bulan Januari ini ya guys. So, tunggu apalagi? Yuk buruan daftar segera!

Baca juga:

Leave a Comment