jail630x350

Di Indonesia, kata ‘penjara’ berarti bangunan tempat menghukum orang yang terbukti bersalah di pengadilan. Baik itu hukuman yang bertahun-tahun atau hanya beberapa minggu, dalam bahasa Indonesia disebut ‘dipenjara’ atau ‘memenjara’. Tapi, tahukah kamu kalau dalam bahasa Inggris kata penjara itu dibedakan sesuai dengan lamanya hukuman dan tipe penghuninya? Kalau mau tau, kita cek di bawah ini yuk!

Yang pertama adalah ‘jail’. Bangunan ini hanya menampung orang-orang yang telah ditangkap dan ditahan sambil menunggu kesepakatan pengadilan, orang-orang yang melakukan tindak pidana yang tergolong ringan, serta orang-orang yang telah dijatuhi hukuman oleh pengadilan dan menunggu untuk dipindahkan ke fasilitas lainnya. Dalam bahasa Indonesia kata jail sama artinya dengan rumah tahanan atau rutan.

Berbeda dengan yang sebelumnya, ‘prison’ merupakan tempat untuk menampung narapidana yang terlibat kejahatan besar dan dihukum dalam waktu yang lama (lebih dari satu tahun). Kebanyakan narapidana yang menempati tempat ini pernah berada di jail (rumah tahanan) karena sedang menunggu keputusan hakim atau karena hal-hal tertentu lainnya. Dalam bahasa Indonesia kata prison sama artinya dengan lembaga pemasyarakatan atau lapas atau LP.

Coba kita lihat contoh kalimat di bawah ini.

  • Joe Weller will be sent to jail because he has violated some driving rules in the past two weeks. – Joe Weller akan dipenjara karena dia melanggar beberapa peraturan mengemudi dalam dua minggu terakhir.
  • Denise Miller will be sent to prison because she is found guilty for her involvement in the murder of her parents. – Denise Miller akan dikirim ke penjara karena terbukti bersalah atas keterlibatan dalam pembunuhan orang tuanya.

Dari dua contoh diatas, kamu bisa lihat kedua kalimat memiliki kata jail dan prison. Namun jika dilihat dari artinya, keduanya memiliki arti yang sama yaitu di penjara. Sebagai pemula dalam berbahasa Inggris, tidak masalah jika kamu hanya mengingat kata jail atau prison untuk berbicara mengenai penjara. Secara umum artinya adalah penjara. Yang membedakan hanyalah lama hukuman dan jenis penghuninya.

So guys, apakah kalian ingin masuk ke jail atau prison? Hehe, just kidding! Jangan sampai ya!

 

Baca juga:

By | 2017-05-16T16:40:56+00:00 February 20th, 2016|Categories: Artikel Terbaru, Perbandingan|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment